Pendonor-Darah-yang-Rutin

Haluannews.com – Tidak hanya demi menyelamatkan orang lain saja tetapi memang donor darah ini juga sangat terkenal dengan membawa akan manfaat bagi para pendonornya. Mulai dari untuk menjaga kesehatan Jantung, membakar kalori dan bisa meningkatkan produksi darah hingga menurunkan risiko kanker. Untuk kamu yang kini sudah menjadi pendonor darah yang rutin, tentu saja akan tahu betapa besar manfaatnya, betul?

Namun, memang dimana ada kondisi yang tertentu dalam menghalangi niatku untuk donor darah. Misalkan sedang sakit, memiliki riwayat anemia dan lainnya. Maka dari itu penting sekali dalam menjaga sebuah kesehatan dan menentukan yang sangat tepat dalam melakukannya. Mungkin bagi yang belum dan ingin sekaliu melakukannya dengan rutin perlu dengan tips untuk memperhatikan kesehatan tubuhnya sehingga darah yang kamu miliki ini bagus untuk di donorkan.

Ternyata tidak asal donor saja, pola makan, pola tidur hingga jenis makanan perlu kamu ketahui demi bisa melakukan pendonoran darah dengan baik.  Dimana hal diatas ini bisa menjaga kualitas darah yang tetap terjaga. Langsung saja kalau begitu mulai dari sekarang untuk kamu yang ingin melakukan donor darah wajib untuk cari tahu sederet tipsnya dibawah ini.

Tips Mudah untuk Jaga Kesehatan tubuh Pendonor Darah

Pendonor-Darah-yang-Rutin

  1. Harus Merasakan Tubuh yang Fit
    Kamu yang ingin menjadi pendonor darah yang rutin, tubuh kamu ini perlu benar-benar fit atau sehat, petugas Palang Merah Indonesia sendiri bakal menolak ketika kamu sedang mengalami mual, sakit kepala, demam tinggi sebagai penyakit yang sangat sepele sekalipun. Tujuannya ini supaya darah yang akan diambil nanti bisa terjaga kualitasnya dan tidak akan menularkan penyakit apapun kepada pasien yang membutuhkan darah.
  2. Makan dan Minum Dulu Sebelum Donor
    Sebelum kamu ingin melakukan donor darah emang penting banget untuk mengisi perutmu, jangan pernah melakukannya dengan keadaan perut yang kosong. Sebab, ketika melakukannya dalam keadaan perut kosong kamu akan merasakan pusing setelahnya. Tidak hanya itu saja kamu juga perlu perhatian pola makan beberapa hari sebelum hari kamu mendonorkan darah, Hal ini akan menunjukkan kamu dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil.
  3. Hindari Minum Obat Sebelum Donor
    Kamu juga bakal ditolak loh nantinya untuk mendonorkan darah kalau kamu ini sedang mengkonsumsi obat tertentu selama tiga hari terakhir. Hal ini karena kandungan obat itu ternyata masih tersimpan didalam darahmu sehingga tidak boleh untuk didonorkan kepada orang lain. 
  4. Perbanyak makan Sayur
    Sayuran yang hijau itu sendiri merupakan makanan yang sangat baik dalam meningkatkan kualitas darah. Konsumsi sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, untuk bersihkan darah dan hati Makin baik juga nantinya pada kualitas darah dimana kamu akan semakin lancar saja dalam melakukan pendonoran darah secara rutin yang akan kamu lakukan.
  5. Hindari Junk Food
    Makanan junk food ini memang terkenal dengan lemaknya yang sangat berlebihan dan makin tinggi kadar lemak maka semakin kental saja konsistensi darah Hal ini akan menyebabkan penggumpalan darah pada tubuh pendonor. Dimana resiko stroke, jantung koroner dan penyakit jantung lainnya akan bisa meningkat secara signifikan.
  6. Tidur yang Cukup
    Sebelum kamu melakukan donor darah, kamu bisa dapat tidur yang cukup mulai dari 7 sampai 8 jam pada malam hari. Tujuannya ini tentu saja mengurangi rasa lemas pada tubuh dan pusing setelah donor darah. Kualitas darah yang kamu donorkan juga menjadi bagus kualitasnya, karena kamu tidak akan merasakan sakit kepala dikarenakan begadang semalaman.
  7. Hindari rokok dan Minuman Beralkohol
    Perokok memang boleh untuk melakukan donor darah, bukan berarti kamu ini bisa melakukannya secara rutin, Pada dasarnya merokok ini akan memicu tekanan darah tinggi. Padahal salah satu syarat mutlak pendonor adalah memiliki tekanan darah normal. Hal yang sama juga berlaku untuk minuman beralkohol. Tindakan donor darah imi bisa saja kamu lakukan dan hal paling mulia memang. Maka dari itu, lakukan dengan benar oleh pendonor darah yang rutin pada tips di atas supaya kamu bisa mendonorkan darahmu dengan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here