tips-menyimpan-pisang

Haluannews.com – Berikut ini ada beberapa tips menyimpan pisang agar bisa tahan lama dan tidak mudah busuk, pisang sendiri merupakan salah satu buah yang paling banyak disukai. Mengingat pisang buah yang tidak mengenal musim, harga pisang juga jauh lebih murah dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya, karena pisang sering sekali digunakan oleh banyak orang sebagai pencuci mulut setelah sarapan atau makan malam. Sayangnya pisang termasuk buah yang mudah busuk, terlebih lagi jika kamu membelinya dalam keadaan matang, tapi tenang saja, karena berikut ini ada beberapa tips untuk menyimpanya.

Tips Menyimpan Pisang Biar Awet, Praktikan Ini!tips-menyimpan-pisang

  1. Simpan Pisang Dengan Cara Digantung
    Yang pertama kamu bisa menyimpan pisang dengan cara digantung dan jauhkan dengan buah-buahan yang lainnya. Pisang akan cepat membusuk jika tidak mendapatkan sirkulasi udara dan terlalu banyak terkena sinar matahari, tidak hanya itu saja akan lebih baik juga jika pisang disimpan dengan cara digantungkan dibanding kamu meletakkannya di atas meja. Menggantung pisang ini bisa memperlambat proses pematangan yang merupakan penyebab pisang menjadi cepat busuk, kamu juga bisa menjauhkan pisang dengan buah-buahan lainnya, hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran gas etilena yang membuat pisang menjadi cepat matang, terutama buah apel yang cukup cepat menyebarkan gas etilena.

  2. Bungkus Ujung Bonggol Pisang Dengan Aluminium Foil
    Tips menyimpan pisang yang selanjutnya kamu bisa membungkus ujung bonggol pisang dengan aluminium foil, hal ini sendiri berguna untuk mencegah dan penyebaran gas etilan yang diproduksi alami oleh pisang selama proses pematangan. Dengan seperti ini pisang juga akan lebih awet, cara penyimpanan pisang seperti menjadi salah satu cara yang paling baik dan benar. Tidak hanya bisa membungkusnya dengan aluminium foil, kamu juga dapat membungkus batang pisang dengan plastik, fungsinya sama dengan aluminium foil karena plastik mampu memperlambat pelepasan gas etilen, kamu juga dapat membungkus batang pisang sekaligus atau melakukannya dengan satu persatu.

  3. Masukan Pisang Yang Sudah Matang Ke Kulkas
    Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan memasukannya ke dalam kulkas. Kulkas bisa kamu gunakan untuk menyimpan pisang agar lebih tahan lama, tapi ada cara menyimpan pisang di kulkas agar lebih awet, jika kamu ingin menyimpan pisang yang sudah matang. Kulkas mungkin bisa jadi salah satu jalan untuk mengawetkan buah yang satu ini, walaupun begitu kulitnya mungkin memang akan berubah menjadi coklat, tapi dalamnya tetap enak dimakan. Jika ingin kulitnya tidak hitam ketika disimpan di dalam kulkas, kamu bisa membeli pisang yang masih setengah matang, jadi kamu tidak perlu membeli pisang yang sudah sudah siap makan. Di masukan ke dalam kulkas akan memperlambat proses pematangan namun tetap memberikan kualitas dan rasa yang enak ketika dikonsumsi.

  4. Masukan Pisang Di Wadah Kedap Udara
    Tips menyimpan pisang yang selanjutnya tidak hanya menggunakan kulkas, kamu juga bisa menggunakan freezer untuk membuat pisang lebih awet. Cara menyimpan pisang di freezer yang paling efektis yaitu dengan cara mengiriskan terlebih dahulu, kemudian potong pisang menjadi bagian-bagian kecil dan simpan ke dalam wadah atau plastik agar pisang tetap awet. Dengan mengiris pisang terlebih dahulu sebelum kamu masukan ke dalam freezer ini juga akan memudahkan kamu untuk memakannya jika ingin, kamu tidak perlu lagi mengupas kulit pisangnya dan pisang juga bisa langsung diolah.

  5. Gunakan Jus Lemon
    Yang selanjutnya kamu juga bisa menggunakan jus lemon untuk membuat pisang lebih awet, jus lemon sendiri memang sangat efektif untuk mencegah pisang berubah menjadi warna kecoklatan. Cara yang harus kamu lakukan cukup mudah, pertama tempatkan pisang irisĀ  ke dalam wadah kedap udara dan tempatkan di dalam freezer, tapi jangan terlalu lama merendam pisang karena akan membuatnya menjadi lembek. Tidak hanya jus lemon, kamu juga bisa menggunakan perasan atau jus nanas yang juga efektif untuk mengawetkan pisang yang sudah dikupas, kamu hanya perlu menyiapkan perasan buah nanas dalam mangkuk dan celupkan potongan pisang ke dalam mangkuknya. Asam yang ada di dalam lemon dan perasan air nanas ini berguna untuk memperlambat oksidasi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here