Tips-mengatasi-trauma-percintaan

Haluannews.com – Lagi mengalami patah hati? Berikut ini ada beberapa tips mengatasi trauma percintaan. Bicara mengenai hubungan, memang benar kalau baik buruknya sebuah hubungan tergantung dari yang menjalani hubungan tersebut. Namun tidak jarang juga ketika sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menjalin hubungan dengan baik, tapi justru berakhir dengan pahit dan meninggalkan bekas luka di hati yang ujung nya akan menjadi trauma bagi kamu. Apapun penyebab trauma yang kamu alami, semua bisa disembuhkan secara perlahan, berikut ini beberapa cara agar kamu bisa mengatasi trauma percintaan.

Tips Mengatasi Trauma Percintaan, Yuk Lakuin Ini Biar Cepet Move OnTips-mengatasi-trauma-percintaan

  1. Berteman Dan Berkenalan Dengan Lawan Jenis Yang Baik
    Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu berteman dan berkenalan dengan lawan jenis yang baik, bagi kamu yang ingin menyembuhkan luka karena percintaan. Kamu bisa memulainya dari media sosial, lingkungan sekitarmu seperti kampus dan tempat kerja atau berkenalan dengan teman baru, karena dengan berkenalan dan dekat dengan lawan jenis yang baik perlahan-lahan kamu bisa menyembuhkan luka hati dan meluruskan pikiranmu. Selain itu kamu juga bisa lebih berpikir kalau tidak semua lawan jenis seburuk mantan kekasih di hubungan kamu yang lalu, sehingga perlahan rasa trauma yang kamu rasakan secara perlahan bisa memudah dan jika rasanya sudah nyaman mungkin kamu akan kepikiran untuk mencoba menjalin hubungan kembali.

  2. Pastikan Dirimu Dikelilingi Oleh Orang Yang Menjalin Hubungan Sehat
    Tips mengatasi trauma percintaan yang selanjutnya, kamu harus berada di sekeliling orang yang menjalini hubungan sehat dengan pasangannya. Kamu harus bergaul dengan orang-orang yang memiliki hubungan harmonis dnegan pasangannya, entah itu dalam status pacaran atau sudah menikah. Kamu yang memilikiĀ  ketakutan tersendiri dengan hubungan mungkin bisa sembuh dengan berbagai pemahaman baik dari orang sekitar tentang hubungannya. Mungkin cara ini memerlukan proses yang lama untuk dapat kembali percaya pada cinta dan tidak takut untuk menjalin hubungan kembali, tapi yang paling penting kamu wajib untuk memahami dan memandang hubungan dari sudut pandang lain yang lebih positif.

  3. Ikhlaskan Perlahan Apa Yang Sudah Terjadi Pada Hubungan Kamu
    Yang selanjutnya yaitu kamu harus ikhlaskan apa yang sudah terjadi pada hubungan kamu dengan pasanganmu. Ikhlas dan rela pada hal buruk yang kita alami sudah kita alami memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, tapi jika ingin terlepas dari beban masa lalu seperti trauma pada sebuah hubungan yang kamu rasakan, maka kamu harus mencoba untuk ikhlas pada apa yang sudah terjadi dalam hubungan kamu yang dahulu. Karena bisa jadi kamu masih dihantui dengan perasaan trauma karena ada luka hati dan dendam pada apa yang mantan kamu lakukan hingga sekarang, sehingga hidup kamu jadi dibayang-bayangkan dengan rasa trauma dan membuat kamu jadi takut menjalin hubungan kembali dengan orang lain.

  4. Jangan Memaksakan Diri Untuk Membuka Hati Atau PDKT Dengan Orang Baru
    Tips mengatasi trauma percintaan yang selanjutnya yaitu jangan memaksakan diri untuk membuka hati. Trauma adalah tingkatan yang lebih tinggi dari rasa takut dan untuk mengatasi trauma pada hubungan sangat penting untuk tidak memaksakan diri membuka hati atauĀ  pendekatan dengan orang baru. Memaksakan diri untuk keluar dari trauma mungkin berhasil di lakukan oleh sebagian orang, tapi resikonya justru makin parah, karena kalau orang yang kamu berikan kesempatan untuk masak ke hatimu bukan orang yang tepat, dampaknya justru membuat kamu jadi semakin trauma dengan suatu hubungan.

  5. Pelan-Pelan Berdamai Dengan Ketakutanmu Pada Hubungan
    Yang selanjutnya yaitu pelan-pelan berdamai dengan ketakukan kamu, berdamai dengan diri sendiri memang tidak mudah untuk dilakukan, tapi bukan berarti tidak bisa kamu lakukan. Kamu harus tahu dahulu tentang apa yang membuatmu jadi merasa trauma pada sebuah hubungan, apakah gara-gara pasangan yang toxic, konflik berat yang mengurang perasaanmu atua mungkin yang lainnya. Karena untuk membenahi sesuatu yang ada di dalam diri kita dibutuhkan pemahaman pada diri sendiri, agar kamu tahu apa yang dapat kamu lakukan untuk memudarkan rasa takut tersebut dan sebisa mungkin kamu harus menghindari untuk jatuh di lubang yang sama kedepannya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here