Tips-mencuci-spons-bedak

Haluannews.com – Alat makeup harus dibersihkan secara rutin untuk menghindari bakteri yang menempel pada alat makeup kamu. Berikut ini ada beberapa tips mencuci spons bedak yang bisa kamu lakukan dirumah, alat make up sendiri ada banyak, namun yang paling sering digunakan yaitu beauty blender. Bahkan saking seringnya digunakan, kedua benda ini justru menjadi jarang dicuci, padahal beauty blender merupakan salah satu alat makeup yang rentan terkena bakteri, oleh karena itu penting untuk membersihkannya secara rutin. Dicuci biasa saja tidak cukup untuk menghilangkan bakterinya, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba.

Tips Mencuci Spons Bedak, Bisa Dilakukan Dengan MudahTips-mencuci-spons-bedak

  1. Merendam Spons Bedak
    Yang pertama yaitu kamu bisa merendam spons bedak ke dalam air hangat, dengan cara ini kamu bisa mengeluarkan kotoran di dalamnya. Biarkan selama beberapa jam terlebih dahulu, dengan membiarkannya ini bertujuan agar seluruh kotoran dalam spons bedak terpisah, kalian juga bisa memadukan cara ini dengan menggunakan sabun batang. Cara merendamnya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mempersiapkan mangkuk yang berisi air hangat, lalu teteskan sabun pembersih. Setelah beberapa jam kemudian kamu bisa menggosokan spons dengan sabun batang, jika sudah bilas dengan air mengalir, pastikan tidak ada sisa busa dalam spons, kemudian barulah jemur hingga kering.

  2. Menggunakan Sabun Cair
    Tips mencuci spons bedak yang selanjutnya yaitu menggunakan sabun cair, kamu bisa bebas menggunakan sabun cari yang ingin digunakan, namun banyak yang memilih sabun bayi agar formulanya lebih lembut. Cara mencuci spons dan beauty blender dengan sabun cair ini sangat mudah, pertama basahi terlebih dahulu spons dengan air, kemudian tuangkan sabun cair secukupnya dan bersihkan sisa kotoran dengan meremas spons beberapa kali. Setelah itu bilas dengan air mengalir dan ulangi langkah tersebut beberapa kali hingga spons tersebut bersih dan air bilasan tidak memiliki warna keruh, jika sudah keringkan dengan handuk bersih dan jemur hingga kering.

  3. Menggunakan Minyak Zaitun
    Yang selanjutnya kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghindari bakteri yang ada di spons makeup kamu. Minyak zaitun sendiri dikenal bisa menjadi alternatif pembersih kosmetik yang mudah dan juga cepat, caranya menggunakannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok minyak zaitun dengan 2 sendok sabun cuci piring ke dalam sebuah wadah. Kemudian kamu bisa balurkan spons makeup ke dalamnya sambil dipijat hingga bersih, kemudian bilas dan keringkan spons make up kamu, cara ini juga bisa untuk menghilangkan minyak dan bakteri yang menempel.

  4. Menggunakan Sabun Batang
    Tips mencuci spons bedak yang selanjutnya yaitu menggunakan sabun batang, kebanyakan dari kamu mungkin menggunakan sabun batang untuk mandi. Tidak hanya untuk membersihkan tubuh, sabun batang juga ternyata memiliki fungsi untuk membersihkan spons makeup kamu, jika ingin menggunakna sabun batang ini pertama-tama kamu bisa membasahi spons dan sabun batangan. Kemudian kamu bisa lanjutkan dengan menggosolan spons pada sabun yang sudah dibasahi sambil memijitnya agar sisa makeup keluar, setelah bersih dari kotoran, kamu bisa langsung bilas spons hingga bersih kemudian keringkan.

  5. Menggunakan Microwave
    Kamu juga bisa menggunakan microwave untuk membersihkan spons, cara ini ternyata sudah banyak dikenal dan dapat membunu bakteri dalam spons make up yang biasa kamu gunakan. Suhu panas dari microwave dipercaya bisa membunuh bakteri yang menempel di dalamnya, caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengisi cangkir dengan campuran sabun dan air, kemudian memanaskannya ake dalam microwave selama kurang lebih 60 detik. Jangan lupa untuk pastikan cangkit yang kamu gunakan aman untuk dimasukan ke dalam microwave, setelah dikeluarkan, kamu bisa membersihkan spons dengan sabun dan air biasa dengan cara dipijat lembut hingga sisa kotorannya keluar.

  6. Double Cleansing
    Tidak hanya wajah saja yang harus melakukan double cleansing, spons juga wajib kamu bersihkan hingga 2 kali pembersihan. Metode ini membersihkan dengan dua tahap, yaitu menggunakan sabun berbahan dasar minyak untuk yang pertama, kemudian sabun yang berbahan dasar air untuk yang keduanya, kamu bisa mempraktekan metode ini pada alat makeup kamu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here