tips mencuci baju bekas

haluannews.com – Ada beberapa tips mencuci baju bekas dari Thrift shop yang bisa kamu terapkan, thrifting atau membeli baju bekas saat ini sedang digemari banyak orang. Meskipun judulnya membeli baju bekas namun baju-baju yang ditawarkan masih memiliki kualitas yang baik, biasanya baju bekas yang dijual ini baju dengan brand mahal atau limited edition yang hanya dipakai beberapa kali saja, tren ini memang cukup banyak digemari kalangan anak muda masa kini. Selain harganya yang murah, thrit shop ternyata bagus untuk lingkungan, membeli baju bekas berarti sama saja kamu mengurangi sampah pakaian industry fashion.

Namun perlu diingat karena judulnya baju bekas yang pernah terpakai, pastinya ada banyak kuman dan bakteri yang menempel. Terlebih lagi kalau kamu membeli baju baju tersebut di pasar, pastinya sudah terkena debu, jadi kamu perlu berhati-hati, bagi kamu yang senang berburu baju bekas kamu wajib mengetahui cara mencuci baju tersebut dan memastikan kuman dan bakteri sudah mati agar tidak tertular infeksi penyakit. Sebab baju menjadi salah satu tempat penularan infeksi, bakteri dan penyakit, berikut ini cara yang tepat untuk mencuci baju bekas.

Tips Mencuci Baju Bekas Dari Thrift Shop Yang Mudah Dan Pasti Bersih

Tips mencuci baju bekas

  1. Rendam Baju Di Air Panas
    Langkah pertama untuk membersihkan baju bekas dari Thrift shop yaitu merendamnya menggunakan air panas, pada proses membersihkan baju bekas sangat penting untuk langsung merendam baju tersebut dengan air panas. Hal ini penting dilakukan agar pakaian kamu terbebas dari bakteri dan kuman yang menempel di baju bekas tersebut, kamu cukup dengan merendam baju yang baru saja kamu beli dengan air panas selama 10 hingga 15 menit hingga air berubah warna tergantung dari kotoran yang ada pada baju bekas. Kemudian kamu bisa langsung melanjutkan proses mencuci baju seperti biasa.

  2. Tambahkan Cairan Antiseptik
    Tips mencuci baju bekas selanjutnya yaitu tambahkan cairan antiseptik, selain menghilangkan kuman menggunakan air panas kamu juga bisa merendam pakaian tersebut menggunakan cairan antiseptik. Dengan menggunakan cairan ini maka kuman kuman yang menempel akan lebih optimal terbunuh, sebaiknya tambahkan cairan setelah kamu merendamnya dengan air panas agar baju benar benar bersih dan terbebas dari kuman-kuman yang menempel.

  3. Cuci Baju Bekas Dengan Tangan
    Tips selanjutnya saat mencuci pakaian bekas sebaiknya menggunakan tangan, mencuci pakaian bekas akan lebih efektif untuk memastikan segala noda dan kotoran sudah tidak menempel di pakaian kamu. Selain itu, biasanya saat kamu membeli pakaian bekas, label petunjuk pencucian pada baju bekas sudah tidak ada, maka dari itu agar lebih aman sebaiknya kamu mencuci baju bekas secara manual atau menggunakan tangan, khawatir pakaianmu akan rusak jika dicuci menggunakan mesin cuci.

  4. Rendam Menggunakan Deterjen, Pelembut Pakaian, Dan Pewangi
    Tips mencuci baju bekas selanjutnya yaitu dengan merendamnya menggunakan detergen, pewangi dan pelembut pakaian. Saat menggunakan detergen pastikan menggunakan detergen lembut dan jangan lupa merendam baju bekas yang kamu beli dengan pewangi dan pelembut pakaian setelahnya. Hal ini dilakukan agar baju bekas dari thrift shop kembali wangi dan tidak bau apek.

  5. Jemur Langsung Di Bawah Sinar Matahari
    Setelah kamu melakukan semua proses di atas dengan tepat, sebaiknya kamu jemur baju bekas kamu langsung di bawah paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini karena sinar matahari mampu membantu pakaian kamu terbebas dari kuman dan bakteri yang tersisa setelah dicuci. Jemur hingga pakaian benar-benar kering agar tidak berbau apek.

  6. Setrika Baju Dengan Suhu Tinggi
    Tips mencuci baju bekas yang terakhir yaitu setelah pakaianmu kering, setrika baju menggunakan suhu yang tinggi, jika baju terkena suhu panas yang tinggi maka kuman dan bakteri yang tersisa ikut mati karena terkena panas dari setrika. Tapi perhatikan juga jenis bahan dan ketahanan panas dari pakaian bekas yang kamu beli, jangan sampai kamu tidak tahu bahan dan akhirnya malah merusak baju yang kamu beli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here