Tips-hilangkan-bau-ketiak

Haluannews.com – Memiliki bau badan tidak sedap memang membuat kepercayaan diri menurun, tapi tenang saja karena berikut ini ada beberapa tips hilangkan bau ketiak yang mengganggu. Bau ketiak sendiri pastinya pernah dialami oleh banyak orang, namun ada beberapa orang yang memiliki bau badan berlebih walaupun hanya berkeringat sedikit atau bahkan tidak berkeringat pun tetap menimbulkan bau. Penyebab bau badan sendiri karena adanya masalah kesehatan atau hormon, sehingga walaupun sudah menggunakan deodorant bau ketiak masih saja tercium. Jangan khawatir karena berikut ini beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk hilangkan bau ketiak.

Tips Hilangkan Bau Ketiak Mengganggu Dengan Cara AlamiTips-hilangkan-bau-ketiak

  1. Menjaga Kebersihan Tubuh Dan Pola Hidup Sehat
    Sebelum kamu menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan bau ketiak, kamu bisa lebih dahulu menjaga kebersihan tubuh, seperti mandi 2 kali sehari. Sebaiknya gunakan sabun antibakteri dan jangan lupa membersihkan bulu ketiak, bulu ketiak sendiri ternyata tidak bisa menahan penyerapan keringat, sehingga membuat ketiak lebih lembab dan mudah ditumbuhi oleh bakteri. Tidak hanya itu saja, kamu juga harus mengatur pola makan misalnya dengan memperhatikan makanan yang bisa menimbulkan keringat berlebih seperti kafein dan bawang-bawangan, sebagai salah satu hasil dari sistem ekskresi atau buangan zat pada tubuh, keringat cukup mempengaruhi pola makan kita, terlebih lagi makanan juga dapat mempengaruhi produksi hormon tubuh. Sehingga hal ini sangat penting sebagai upaya untuk menghilangkan bau ketiak.

  2. Membersihkan Dengan Air Rebusan Sirih
    Tips hilangkan bau ketiak yang selanjutnya yaitu membersihkan dengan air rebusan sirih, tidak hanya menjaga kebersihan dan menggunakan sabun antibakteri, kamu juga dapat menambah usaha menghilangkan bau ketiak dengan cara alami, yaitu menggunakan daun diri yang mana memang sudah sejak lama dipercaya baik untuk menghilangkan berbagai bau di tubuh. Kamu hanya perlu merebus 2 hingga 4 lembar daun sirih dengan 250 ml air, kemudian kamu bisa gunakan air rebusan sirih tersebut untuk membersihkan ketika, kamu juga dapat mengaplikasikannya menggunakan kapas, handuk halus atau langsung dengan tangan ketika sedang mandi. Sirih ini memiliki kandungan antibakteriĀ  alamiĀ  dan sangat efektif untuk menghilangkan bau ketiak, cara menghilangkan bau ketiak menggunakan rebusan sirih ini bisa kamu lakukan rutin 2-3 kali seminggu saja, jangan sampai terlalu sering digunakan karena rebusan sirih ini memiliki kandungan zat aktif yang bisa menyebabkan iritasi.

  3. Gunakan Lidah Buaya
    Kalau pada umumnya lidah buaya dipercaya baik untuk kesehatan kulit dan rambut, ternyata tidak hanya itu saja ternyata lidah buaya juga bisa menghilangkan bau badan. Lidah buaya memiliki kandungan antibakteri dan antiinflamasi yang mampu menenangkan kulit, kamu bisa menggunakan gel lidah buaya kemasan pabrik atau membuatnya sendiri secara alami. Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu kupas lidah buaya kemudian mengambil lendirnya, setelah itu kamu bisa oleskan di kulit ketiak, cara menghilangkan bau ketiak dengan lidah buaya ini cukup efektif dan aman. Kamu bisa lakukan perawatan seperti ini setiap malam sebelum tidur untuk mencegah bau keringat di esok harinya.

  4. Mengompres Ketiak Menggunakan Timun
    Tips hilangkan bau ketiak yang selanjutnya yaitu dengan mengompres ketiak menggunakan timun, setelah melakukan aktivitas di luar ruangan yang menimbulkan banyak keringat yang biasanya akan muncul bau ketiak. Walaupun keringat sudah berhenti, kadang bau ketiak masih tetap saja menyengat dan bisa saja tercium dengan orang sekitar. Untuk menghilangkan bau ketiak kamu bisa mengkompres ketiak menggunakan timun, caranya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengiris timun dengan tipis kemudian jepit selama 15 menit di ketiak. Kandungan air yang banyak pada timun ditambah dengan magnesiumnya yang tinggi di sini berfungsi sebagai deodoran alami, walaupun tidak menimbulkan wangi namun bisa menetralkan bau ketika.

  5. Gunakan Air Kapur Sirih
    Yang selanjutnya yaitu kamu bisa menghilangkan bau ketiak secara alami menggunakanĀ  air kapur sirih yang biasanya bisa kamu dapatkan di pasar tradisional. Biasanya kapur sirih ini berupa pasta putih atau bubuk, kapur sirih ini memiliki kandungan kalsium hidroksida dan sifat basa yang cukup tinggi sehingga dapat menetralkan bau ketiak akibat keringat berlebih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here