Tips-Atasi-Jerawat

Haluannews.com – Kebanyakan orang biasanya merasa tidak percaya diri dan risih jika jerawat mulai muncul, jerawat bisa muncul pada jenis kulit apapun, termasuk kulit kering sekalipun. Saat ini sendiri ada cukup banyak produk skincare yang mampu mengatasi jerawat, namun sebelum menggunakannya pastikan skincare tersebut cocok dengan jenis kulit wajahmu. Bagi kamu yang memiliki kulit kering dan berjerawat, ada beberapa tips atasi jerawat yang bisa kamu coba terapkan, jangan sampai salah perawatan agar kulit wajahmu tidak semakin rusak, berikut ini beberapa tips yang wajib kamu ingat.

Tips Atasi Jerawat Untuk Kulit Kering, Ingat Ini!

Tips-Atasi-Jerawat

  • Membersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Biasanya kamu mencuci wajah berapa kali sehari? Apakah malam saja atau di pagi dan malam saja? Bagi kamu yang memiliki kulit kering, membersihkan wajah dua kali sehari dapat membantu mencegah timbulnya jerawat, tapi ada baiknya gunakan sabun cuci muka yang tidak membuat kulitmu jadi kering. Kamu dapat mencuci muka dengan tekstur sabun pencuci muka yang milky.

  • Hindari Mengganti Skincare Terlalu Sering

Mengganti produk skincare memang jadi hal yang menyenangkan, tidak hanya dapat mencoba produk baru, rutinitas menggunakan skincare juga pasti akan terasa lebih menyenangkan. Tidak hanya dapat mencoba produk baru, rutinitas menggunakan skincare juga akan terasa lebih menyenangkan, tapi nyatanya kebiasaan ini justru akan memicu timbulnya jerawat.

Ada baiknya hindari mengganti skincare terlalu sering jika kamu memiliki kulit kering, kalau sudah merasa cocok dengan salah satu brand skincare, sebaiknya tetap menggunakannya. Kalau memang tidak ada perubahan, barulah kamu bisa mengganti produk lain.

  • Gunakan Produk yang Mengandung Retinol

Beberapa waktu belakangan ini skincare yang mengandung retinol jadi idola banyak orang, retinol sendiri merupakan kandungan yang dipercaya dapat mengatasi jerawat, membuat kulit jadi lebih cerah, menghaluskan kulit yang bertekstur dan membuat penampilan wajah jadi lebih awet muda.

Namun, jika kamu khawatir kandungan tersebut akan membuat kulitmu iritasi, sebaiknya cukup gunakan produk yang mengandung retinol dua kali seminggu saja. Jika percobaan pertama sudah terdapat reaksi dari wajahmu, sebaiknya hentikan penggunaan.

  • Gunakan Kandungan Aktif Perlahan-Lahan

Ketika kamu memilih untuk mengatasi jerawat dengan kandungan seperti AHA, BHA, dan retinol, ada baiknya kamu gunakan produk tersebut satu persatu. Misalnya seperti ketika kamu sedang menggunakan retinol, ada baiknya gunakan retinol saja saat itu, jangan tambahkan kandungan aktif yang lainnya ke dalam rutinitas penggunaan skincare mu.

Mungkin masih banyak yang berpikir menggunakan bahan aktif terlalu banyak pada wajah akan membuat jerawat pada wajah jadi lebih manjur. Padahal penggunaan bahan aktif yang terlalu banyak akan beresiko, selain membuat wajah jadi iritasi, tidak menutup kemungkinan wajahmu akan semakin berjerawat.

  • Hindari Eksfoliasi Kulit Secara Berlebihan

Eksfoliasi baik untuk mengangkat sel kulit yang sudah mati, tapi ketika kamu terlalu sering melakukan eksfoliasi, maka kulitmu akan kering. Di samping itu, kamu juga harus cermat dalam memilih kandungan untuk eksfoliasi kulit.

Hindari menggunakan tools untuk eksfoliasi ketika proses ini dilakukan, karena akan berpotensi membuat kulit jadi kering dan iritasi. Anjurannya melakukan eksfoliasi seminggu 1 atau 2 kali sesuai kebutuhanmu, jangan terlalu sering dan saat melakukan eksfoliasi, lakukan dengan lembut.

  • Jaga Kulit Agar Tetap Lembab

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, hal paling penting yang harus kamu lakukan yaitu menjaga kulit agar tetap lembab. Oleh karena itu kamu dapat menggunakan pelembab dengan rutin dan jangan takut dengan kandungan yang kaya akan minyak, karena nyatanya minyak ini dapat membuat kulit terhidrasi dengan baik.

Menurut salah satu dokter dermatologist, “Mereka yang berjerawat cenderung takut pada minyak, padahal sebenarnya minyak adalah cara yang bagus untuk menambahkan kelembapan kembali ke kulit”. Selain itu ia juga menjelaskan bahwa untuk kulit berjerawat, minyak mampu membantu mengurangi peradangan, efek ini membantu mengurangi jerawat dan meminimalkan hiperpigmentasi pasca inflamasi yang bisa terjadi setelah munculnya jerawat.

Oleh karena itu bagi kamu yang memiliki kulit kering jangan sampai wajah kering, karena dengan begitu wajah akan memproduksi minyak berlebih yang memunculkan jerawat. Itulah beberapa tips atasi jerawat bagi kamu yang memiliki kulit kering.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here