Tips-bersepeda-saat-hamil

haluannews.com – Meskipun sedang hamil perempuan tetap direkomendasikan untuk tetap berolahraga secara rutin, selain untuk kesehatan dengan olahraga juga memperlancar proses melahirkan. Kalau ibu hamil yang melakukan senam hamil atau yoga mungkin sudah biasa dan sudah banyak ditemukan, tapi bagaimana dengan bersepda, apakah olahraga ini tergolong aman untuk ibu hamil? Ternyata dengan bersepeda merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan banyak ahli, asalkan dilakukan dengan tepat dan aman, buat kamu yang ingin bersepeda di saat sedang hamil. Berikut ini ada beberapa tips bersepeda saat hamil yang pasti aman dan nyaman.

Tips Bersepeda Saat Hamil, Kamu Wajib Lakukan Ini

Tips-bersepeda-saat-hamil

  1. Menurut Pendapat Ahli
    Berdasarkan pendapat ahli, olahraga memiliki manfaat dalam mengurangi resiko diabetes gestasional, preeklamsia, dan kelahiran sesar, tidak hanya itu saja, dengan bersepeda juga masuk dalam olahraga yang disarankan oleh para ahli. Sehingga ini menjadi salah satu bukti jika bersepeda merupakan salah satu aktivitas fisik yang dianjurkan untuk ibu hamil oleh para dokter, walaupun seperti itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa bersepeda dengan nyaman dan aman tentunya.

  2. Kenali Resiko Bersepeda Di Indoor Dan Outdoor
    Tips bersepeda saat hamil yang selanjutnya yaitu kamu juga harus mengenali resiko bersepeda di indoor dan outdoor, seperti yang sudah bisa dijelaskan sebelumnya ibu hamil tidak dilarang untuk bersepeda, malah dianjurkan jika kondisi sedang fit dan memungkinkan. Menurut seorang dokter mengatakan kalau dengan bersepeda indoor atau outdoor yang dilakukan di dalam ruangan sangat aman untuk ibu hamil, selama ada persetujuan dari dokter yang menanganinya. Sementara itu, dengan bersepeda di luar ruangan atau outdoor dikatakan memiliki resiko yang lebih serius, karena ada potensi ibu hamil jatuh saat sedang bersepeda, sehingga dapat menyebabkan trauma perut.

  3. Apa Saja Manfaat Bersepeda Bagi Ibu Hamil
    Bersepeda sendiri tentunya memiliki manfaat jika dilakukan oleh ibu hamil, jika melakukan olahraga bersepeda yaitu dengan membantu mengatasi kelelahan, insomnia, varises dan berbagai gangguan kesehayan yang lainnya. Selain itu bsia mengurangi resiko diabetes gestasional atau diabetes yang terjadi selama kehamilan, yang selanjutnya bisa membuang racun dari tubuh, mengurangi stress, dan meningkatkan sirkulasi darah serta asupan oksigen yang juga mendukung pertumbuhan janin. Jika ingin berolahraga saat hamil lakukan dengan hati-hati dan konsultasi dokter terlebih dahulu.

  4. Pastikan Memperhatikan Tips Ini
    Tips bersepeda saat hamil yang selanjutnya ibu hamil harus memperhatikan konsultasi dengan dokter yang merawat kamu, hal ini wajib dilakukan untuk mengetahui status kesehatan ibu hamil dan apakah memungkinan untuk melakukan olahraga seperti bersepeda. Selain itu pastikan juga tubuh terhidrasi dengan baik, caranya dengan mengenakan pakaian yang nyaman atau yang memang diperuntukkan untuk ibu hamil dan selalu membawa botol air agar dapat segera minum saat haus. Ubah pengaturan sepeda, karena perubahan fisik ibu hamil harus mengubah peraturan sepeda agar bisa bersepeda dengan nyaman. Yang selanjutnya yaitu menurunkan intensitas olahraga, selama hamil akan lebih baik jika perempua tetap membatasi waktu olahraga agar tidak terlalu menguras energi. Yang selanjutkan yaitu memperhatikan setiap gejala yang dirasakan, jika merasakan mual, pusing atau gejala lainnya, sebaiknya berhenti mengayuh sepeda dan beristirahatlah. Beberapa hal yang sudah disebutkan diatas wajib kamu perhatikan agar bisa tetap berolahraga dengan aman dan nyaman.

  5. Berhenti Jika Menghalami Hal Ini
    Dari beberapa penjelasan yang sudah dijelaskan sebelumnya, jangan sampai ada hal yang kamu lewatkan. Jika sedang dalam kondisi hamil dan melakukan olahraga sepeda, harus memperhatikan gejala yang terjadi setelah melakukan olahraga tersebut, karena beberapa gejala justru bisa berbahaya. Apa saja gejala yang harus kamu perhatikan? Yang pertama kontraksi yang menyanyikan atau teratur, pusing atau pingsan, sakit dada, sesak napas, sakit kepala, bengkak terutama di otot betis, nyeri yang tidak biasa atau baru, pendaran atau keluarganya cairan pada vagina, kelemahan otot yang mempengaruhi keseimbangan. Jadi olahraga memang dianjurkan untuk ibu hamil jika memang dalam kondisi fit dan mampu, untuk amannya sebaiknya lakukan sepeda di dalam ruangan dan jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menanganimu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here