Tips-Awet-Muda

Haluannews.com – Tahukah kamu, warga Jepang sangat terkenal sekali dengan masyarakatnya yang panjang umur dan juga awet muda? Rupanya, tingkat obesitas dan risiko terkena penyakit jantung pada penduduk disana sangat tergolong rendah. Apalagi tips awet muda yang sering diterapkan wanita Jepang sangat mudah diterapkan dan tidak heran kalau wanita Jepang sering dipuji memiliki tubuh dan paras yang awet muda.

Banyak sekali wanita cantik di sana yang usianya sudah 30 tahun lebih tetapi wajahnya masih terlihat 10 tahun lebih muda. Sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi tradisi warga Jepang itu sangat bangga akan warisan kecantikan tradisional budaya mereka. Beberapa yang sudah dikenal luas adalah air fermentasi beras, teh hijau dan masih ada juga komenuka. Supaya kamu bisa jadikan mereka panutan untuk membuat kulit awet muda, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

Ragam Tips Awet Muda yang Sering Diterapkan Wanita Cantik di Jepang

Tips-Awet-Muda

     1. Konsumsi Makanan Sehat

Tips awet muda yang sering diterapkan wanita cantik di Jepang pertama, yaitu konsumsi makanan sehat. Menurut buku Japanese Women Don’t Get Old or Fat, ada resep rahasia kecantikan untuk wanita Jepang yaitu dari gaya hidupnya untuk sehat dan harus mereka jalani sejak dini. Wanita di Jepang terbiasa untuk mengkonsumsi bahan alami yang memiliki nutrisi tinggi di dalam menu makanan sehari-hari mereka.

Ikan, sayur-sayuran, rumput laut, kedelai, nasi, buah sampai teh hijau yang mengandung nutrisi dan antioksidan tinggi adalah bahan paling utama yang sangat sering mereka pakai di dalam menu seharian mereka. Rupanya bahan itu tidak hanya mencegah kanker, antioksidan di dalam bahan-bahan tersebut juga sangat efektif untuk menjaga keremajaan sel kulit.

     2. Konsumsi Matcha (Teh Hijau)

Selanjutnya Yaitu konsumsi teh hijau alias Matcha, Matcha merupakan teh hijau yang bentuknya bubuk dan sering digunakan dalam upacara minum teh tradisional di Jepang. Sudah sangat umum diketahui kalau ternyata bahan tersebut memiliki kandungan kaya akan manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit.

Teh hijau mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi ketimbang sebagian besar buah-buahan lainnya. Kalau rutin mau minumnya, para wanita di Jepang akan merasakan awet muda dan jauh dari penyakit. Teh hijau juga bisa mencerahkan kulit dan mengatasi jerawat, teh hijau dalam kantung sangat ampuh untuk mengatasi mata yang sembab lantaran kelelahan atau kurang cairan.

     3. Konsumsi Seafood Berkualitas

Kemudian konsumsi juga seafood yang berkualitas karena rutin yang mengkonsumsi seafood membuat negeri matahari terbit tersebut memiliki tingkat penyakit jantung rendah di dunia, orang Jepang juga memiliki lebih sedikit penumpukan kolesterol di Arteri dibandingkan orang Amerika.

Hal ini dikarenakan seafood yang mereka konsumsi jumlahnya tinggi dan orang Jepang lebih sering konsumsi ikan tuna Oma salmon, udang dan cumi di dalam keadaan mentah jadi bahan-bahannya harus selalu segar hingga berkualitas tinggi.

     4. Konsumsi Slow Food Rumahan

Di poin keempat kamu harus konsumsi slow food rumahan karena wanita Jepang terbiasa mengkonsumsi makanan yang dimasak sendiri. Salah satu menu yang biasa ditemui di meja makan keluarga orang Jepang, yaitu nasi, ikan panggang, sayur rebus kau masuk Miso dan teh hijau.

Semuanya dibuat dalam satu kali proses pengolahan saja dan disajikan setelah dimasak. Seperti sudah diketahui makanan yang melalui proses memasak satu kali seperti ini, Hijau lebih sehat dibandingkan makanan yang mengalami proses pengolahan berkali-kali seperti fast food.

     5. Konsumsi Bahan Makanan Saat Musimnya

Konsumsi bahan makanan saat musimnya dan ini adalah kunci kesuksesan masakan Jepang yang selalu segar dan terbaik. Ikan, sayuran, buah yang dipanen saat sedang musimnya memiliki mutu berkualitas dan rasa hingga gizinya lebih baik dengan buah ataupun sayur yang dipanen di luar musimnya.

Biasanya warga Jepang mengkonsumsi bahan makanan seperti itu secara mentah-mentah dalam bentuk sushi ataupun sashimi.

     6. Makan Perlahan Sampai Hampir Kenyang

Terakhir tips untuk awet muda yang sering diterapkan wanita Jepang yaitu makan secara perlahan sampai rasanya hampir kenyang, warga Jepang sangat terbiasa dengan hidangan yang bervariasi dan porsinya pun tidak berlebihan.

Makanan di Jepang selalu disajikan dalam piring ataupun mangkok kecil dan orang-orang di sana selalu diajarkan sejak kecil untuk tidak mengisi piring kepenuhan. Mereka sangat diajarkan untuk makan secara perlahan hidangannya sampai dikenal dengan baik, nutrisinya pun terserap secara sempurna di dalam tubuh. Itulah sederet tips awet muda yang harus kamu ketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here