Kopi-Khas-Indonesia

Haluannews.com – Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan budaya, adat, suku, serta makanan dan minuman khas nya. Sudah menjadi hal yang lumrah apabila banyak orang mengunjungi Indonesia hanya untuk merasakan sensasi nikmat dari suatu minuman atau makanan khas nya. Tentu saja makanan atau minuman khas dari Indonesia memiliki cara penyajian atau rasa yang berbeda dan sulit untuk ditemukan di berbagai belahan dunia mana pun. Hal tersebut lah yang menjadikan makanan dan minuman, termasuk kopi khas Indonesia menjadi candu.

Salah satunya adalah minuman olahan kopi. Pastinya setiap orang sudah mengenal dengan baik mengenai kopi. Kopi yang telah menjadi bubuk dan siap diolah menjadi suatu minuman telah melalui banyak proses, baik proses penggilingan ataupun sebuah proses untuk menghasilkan kopi yang berkualitas.

Tahukah anda bahwa peminat dari minuman olahan kopi sangat amat banyak? Tentu saja hal tersebut telah dibuktikan, karena kopi adalah salah satu komoditas yang paling besar di dunia dan setidaknya kopi telah dibudidayakan dengan cara yang berbeda-beda hingga 50 negara. Menurut sebuah sumber, kopi bermula di Afrika, dimana penemuan biji kopi telah ditemui oleh suku Etiopia di tahun 800 SM.

Kata kopi sendiri berasal dari Bahasa Arab yang berasal dari “qahwah”. Qahwah berartikan dengan kekuatan. Menurut masyarakat Arab, mengatakan bahwa kopi merupakan salah satu minuman yang berenergi dan bisa dijadikan sebagai salah satu minuman sumber energi. Penyebaran biji kopi di Indonesia pun sangat amat rumit dan tersebar ke seluruh wilayah di Indonesia. Tentu saja setiap daerah di Indonesia memiliki banyak sekali jenis kopi yang berbeda-beda.

Setiap daerah pun memiliki cara penyajian atau cara pengolahan kopi yang berbeda-beda. Sudah menjadi hal yang lumrah apabila masyarakat Indonesia sangat terbiasa untuk mengkonsumsi kopi.

Walaupun banyak sekali jenis kopi yang modern, tetapi kopi tradisional tidak akan menandingi dan tidak akan bisa di hilangkan. Rasa yang otentik dengan cara penyajian yang berbeda dari jenis minuman lainnya akan menciptakan rasa kopi menjadi lebih pekat. Tentu saja mencari jenis kopi yang otentik dan tradisional tidak bisa ditemukan di berbagai tempat usaha, kecuali tempat usaha yang ada di daerah tersebut.

Dari Sabang sampai Merauke memiliki banyak jenis minuman kopi yang berbeda-beda. Saking banyaknya jenis minuman kopi khas Negara Indonesia, tentu saja banyak pecinta kopi yang berasal dari berbagai negara rela berkunjung ke Indonesia untuk merasakan langsung rasa dari kopi nya. Simak terus artikel yang satu ini untuk menambah wawasan anda mengenai jenis minuman kopi yang khas di Indonesia!

Kopi Khas Indonesia Dengan Cita Rasa Otentik

Sudah tidak mengherankan kalau saat ini banyak sekali tempat usaha yang menyajikan berbagai jenis minuman dari kopi.

Tentu saja tempat usaha tersebut dilarisi banyak peminat dari kopi yang ingin mencoba sensasi baru dari rasa kopi. Namun, tetap saja kopi tradisional adalah minuman yang paling nikmat sepanjang masa. Berikut adalah berbagai macam jenis minuman kopi yang khas dari Indonesia dan wajib untuk anda coba:

Kopi Lelet Rembang

Jenis minuman kopi yang khas dari Indonesia dan wajib untuk anda coba, adalah kopi lelet rembang. Walaupun nama dari kopi yang satu ini amat unik, tentu saja cara penyajiannya pun unik.

Perlu anda ketahui, bahwa kopi lelet rembang ini disajikan dengan tatakan piring kecil yang akan berguna untuk menampung ampas dari kopi. Karena rasa dari kopi lelet rembang ini sedikit pahit dengan aftertaste yang amat lama, biasanya kopi lelet rembang disajikan dengan gula atau susu kental manis.

Kopi Joss Yogyakarta

Selain kopi lelet rembang, kemudian terdapat pula kopi joss Yogyakarta. Saking populernya kopi joss ini, rupanya menjadi salah satu jenis minuman yang sangat disukai oleh pengunjung asing dari berbagai negara.

Jika ingin merasakan langsung kopi Joss Yogyakarta, anda harus mengunjungi berbagai sebuah angkringan yang menyajikan menu kopi Joss. Namun, angkringan yang paling otentik dan paling terkenal berada di sepanjang stasiun Tugu yang ada di Yogyakarta.

Kopi Durian

Dan, jenis minuman kopi khas dari Indonesia yang sangat otentik dan sangat lezat, adalah kopi durian. Seperti dengan Namanya, kopi yang telah diseduh akan disajikan dengan campuran daging durian tanpa biji. Biasanya, ada pula orang yang mengkonsumsi durian dengan cara dicocol ke kopi tubruk yang panas.

Minuman khas yang satu ini berasal dari Lampung dan telah tersebar hingga ke seluruh penjuru yang ada di Indonesia. Masyarakat Lampung percaya bahwa mengkonsumsi kopi khas Indonesia yang terbuat dari durian ini dapat meningkatkan kejantanan dan libido bagi pria.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here