Tambalan-Gigi-Terbaik

Haluannews.com – Untuk mendapatkan tambalan pada rongga di gigi, pasti dikarenakan adanya kerusakan dan bagian rutin dari perawatan gigi dengan menambah juga tujuannya untuk mencegah pembusukan lebih lanjut. Tambalan gigi terbaik bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tambalan gigi adalah bahan tunggal atau kombinasi dari logam, plastik, kaca dan bahan lainnya.

Salah satu penggunaan yang paling populer yaitu untuk mengisi area gigi karena telah diangkat oleh dokter gigi akibat pembusukan, dikarenakan lubang gigi. Tambalan juga digunakan untuk memperbaiki gigi yang retak ataupun patah, gigi yang sudah aus karena perlakuan kasar seperti kebiasaan menggigit kuku atau menggertakkan gigi.

Ada beberapa jenis rupanya bahan tambalan gigi dan semuanya menjadi beberapa pilihan yang mungkin tidak tersedia, tetapi mengetahui kelebihan dan kekurangannya masing-masing dalam jenis tambalan yang membantu. Langsung saja kalau gitu ketahui berbagai jenisnya seperti yang ada di bawah ini.

Ini Dia Ragam Tambalan Gigi Terbaik yang Wajib untuk Kamu Sesuaikan dengan Kebutuhan

Tambalan gigi terbaik yang wajib untuk kamu sesuaikan dan kebutuhan pertama, yaitu tambalan gigi amalgam. Jenis tambalan yang satu ini mungkin paling banyak dikenal karena memiliki campuran mineral yang terdiri dari 50% Perak timah tembaga dan 50% merkuri. Hari ini jenis tambalan yang paling populer karena kuat dan tahan lama, tidak mahal pula. Kalau menurut laporan jurnal di tahun 2010 tambalan amal dan perak ini sangat khas dan bisa bertahan hingga 12 tahun bahkan lebih.

Amalgam juga cukup mudah untuk dimasukkan ke dalam rongga gigi oleh dokter, tidak khawatir bahwa tambalannya akan terkontaminasi dengan darah ataupun air liur. Tetapi tambalan ini ternyata sangat beresiko tinggi dan tidak sesuai dengan ibu hamil ibu menyusui, anak-anak berusia di bawah 6 tahun atau orang dengan penyakit tertentu seperti sebelumnya memiliki gangguan ginjal atau alergi.

Kalau orang di atas memang harus menerima tambalan ginjal alternatif seperti resin komposit atau tambalan semen ion nomor kaca. Kalau kamu termasuk orang-orang yang beresiko tinggi untuk menggunakan jenis tambalan gigi amalgam, lebih baik mencari tahu lebih dulu klinik dokter gigi yang kamu kunjungi itu menggunakan bahan tambalan gigi seperti apa saja, biasanya dokter juga lebih paham mengenai kondisi kamu dan kebutuhan yang dipenuhi oleh pasiennya.

Jadi, tidak ada salahnya kamu untuk mengetahui lebih dulu dan apalagi jenis tambalan gigi amalgam ini sudah kamu ketahui tidak bisa sembarang orang untuk mendapatkannya.

Tambalan Gigi Komposit

Kemudian tambalan gigi komposit yang terbuat dari bahan resin dan plastik sehingga bisa ditempatkan ke dalam rongga saat masih lunak, dikeraskan dengan cahaya berwarna biru terang. Ini juga merupakan pilihan populer karena warnanya bisa dicocokkan dengan gigi seseorang bisa lebih samar dibanding tambalan amalgam.

Tambalan komposit tidak bertahan selama beberapa jenis lainnya dan mereka biasanya perlu diganti setiap 5 sampai 10 tahun. Karena menurut laporan, tambal gigi komposit lebih mahal daripada amalgam.

Tambalan Gigi Porselen Atau Keramik

Selanjutnya ada tambalan gigi porselen atau keramik karena bisa tahan lama dan hal ini menarik secara estetika. Tambalan porselen atau keramik lebih mahal ketimbang jenis lainnya, warnanya sewarna dengan gigi dan lebih tahan terhadap pewarnaan maupun abrasi daripada resin komposit. Bahan tambalan gigi yang satu ini umumnya bisa bertahan lebih dari 15 tahun lamanya.

Tambalan Gigi Emas

Terakhir jenis tambalan gigi untuk kamu sesuaikan kebutuhan, yaitu ada jenis dari emas. Kalau dilansir dari American dental Association, tambalan gigi emas sangat mahal dan tidak terlalu umum. Bahkan, sulit sekali untuk menemukan klinik gigi yang menawarkan emas sebagai pilihan bahan tambalan gigi.

Terlebih lagi dibutuhkan lebih dari satu kali kunjungan ke klinik dokter gigi untuk bisa memasang tambalan emas dengan baik dan benar. Tambalan gigi emas diketahui sangat kokoh dan tidak menimbulkan korosi, bisa bertahan lebih dari 20 tahun.

Kekuatan tambalannya memang sangat luar biasa dan proses penambalannya pun tidak cukup sekali, harga yang perlu dibayarkan pun tidak murah pastinya. Bagaimana, kalau kamu lebih cocok untuk menggunakan jenis tambalan gigi terbaik yang seperti apa saja?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here