Sate-Pelengkap-Bubur-Ayam

Haluannews.com – Kulineran yang populernya sepanjang masa untuk dijadikan sarapan yaitu bubur ayam. Ternyata bubur ayam ini selain dijadikan menu sarapan, sering sekali dijadikan sajian makanan makan malam. Kalau makan bubur ayam pasti di dekat ketinggalan dengan satenya, jenis sate pelengkap bubur ayam jenisnya pun beragam. Bubur ayam khas Indonesia dibuat dengan bahan dasar beras dan dimasak dengan air kaldu lalu disajikan dengan kuah kuning yang aneka pelengkapnya atau toppingnya terdapat jenis sate-satean.

Biasanya topping bubur ayam ini suwiran ayam, kacang kedelai bawang goreng, irisan daun bawang dan seledri, kerupuk dan juga sate. Sate itu dijadikan makanan pendamping bubur ayam yang wajib hukumnya karena belum lengkap kalau belum pakai sate saat makan bubur ayam. Biasanya sate yang disediakan untuk menyantap bubur ayam, sebelum dimasukkan ke lidi pasti sudah dibumbui kuning dahulu. Jenisnya pun beragam dan kamu harus tahu beberapa jenis yang nikmat jika disantap bersamaan dengan bubur ayam pada pagi hari maupun malam hari seperti berikut.

Pilihan Sate Pelengkap Bubur Ayam yang Sangat Direkomendasikan Kenikmatannya

Sate usus, adalah sate pelengkap bubur ayam yang sangat direkomendasikan akan kenikmatannya. Jenis sate yang satu ini menjadi paling banyak dijumpai dan juga disukai para pecinta bubur ayam.

Sate usus dibuat dengan bahan dasar usus ayam, lalu setelah dicuci bersih dibumbui dengan bumbu kuning dimasak hingga matang dan dimasukkan ke lidi sate-satenya.

Untuk teksturnya sendiri, sate usus terbilang cukup kenyal dan rasa gurihnya itu sangat mendominan. Kalau kamu menikmati bubur ayam di pagi ataupun di malam hari, jangan lewatkan menyantapnya bersamaan dengan sate usus yang nikmat tersebut.

Sate Ati

Lalu ada juga sate ati, selain sate usus sebagai varian paling digemari para pecinta bubur ayam. Hati yang dijadikan sate adalah ati ayam dan teksturnya pun kenyal, padat tapi tetap terasa lembut ketika dikunyah.

Sebelum dimasak pun, hati sudah dicuci bersih lebih dulu dan dibumbui kemudian direbus dengan aneka rempah lalu ditusukkan dengan tusukan sate. Sate Ati salah satu varian sate bubur ayam yang bisa dibilang harganya jauh lebih mahal daripada varian sate lainnya.

Seperti yang kita ketahui ati ayam memiliki khasiat yang luar biasa bagi para penderita anemia atau siapapun yang mengkonsumsinya pasti bisa mendapatkan manfaat tambahan darah secara alami untuk tubuh.

Sate Ampela

Selanjutnya ada sate ampela, kalau ada sate Ati pasti ampelanya juga dijadikan sate. Sate ampela dibuat untuk melengkapi kenikmatan saat menyantap bubur ayam. Sate ampela dimasak dengan aneka rempah dan dibumbui kuning untuk menghilangkan aroma amis.

Setelah matang, ampela digoreng sebentar sebelum ditusuk menggunakan tusukan sate dari lidi. Tekstur dari ampela sendiri kenyal dan sensasinya pun berbeda kalau menyantap bersamaan dengan bubur ayam yang teksturnya halus dan lembut.

Kalau kamu tidak terlalu suka dengan ati ayam, ampela bisa menjadi pilihan terbaik karena menikmati sate ampela tidak terlalu amis dan sedikit renyah hingga kenyal ketika digigit.

Sate Telur Puyuh

Terakhir, jenis sate terbaik sebagai pelengkap bubur ayam yang kenikmatannya bikin ketagihan, yaitu sate telur puyuh. Biasanya, dalam satu lidi tusukan terdapat tiga ataupun empat butir telur puyuh dan harganya pun sudah pasti lebih mahal lagi dari sate ati ataupun sate ampela.

Telur puyuhnya ini sudah direbus lebih dulu dan dibuang kulitnya, setelah dimasak kembali dengan bumbu rempah sampai meresap hingga ke dalam telur puyuh. Setelah telur puyuh dibumbui hingga matang, telur sudah bisa ditusukkan menggunakan lidi. Kalau kamu menyantap bubur ayam di pagi hari hingga malam hari, menyantap bubur ayam bersama telur puyuh pasti lebih nikmat betul?

Sate telur puyuh ini tentu saja memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubuh manusia. Dan menyantap bubur ayam dengan satu telur puyuh pasti memberikan sensasi lebih nendang. Biasanya, sate telur puyuh dibumbui kuning atau dibumbui bacem, dan kamu bisa mendapatkan pengalaman yang nikmat menyantap telur puyuh bubur ayam.

Namun, tergantung penyajian bubur ayam dari daerah mana saja yang kamu temukan. Itulah rekomendasi sate pelengkap bubur ayam yang harus kamu ketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here