Tahu-Khas-Jawa-Tengah

haluannews.com – Tahu merupakan salah satu bahan makanan yang sangat mudah diolah menjadi berbagai macam olahan. Setiap daerah sendiri memiliki banyak olahan tahu khasnya masing-masing, salah satunya di Jawa Tengah yang memiliki banyak olahan tahu lezat dan populer, mulai dari tahu pong, tahu aci, hingga tahu petis yang terkenal dengan kelezatannya. Masing-masing hidangan tahu tersebut memiliki ciri khas sendiri sehingga gak ngebosenin walaupun bahan yang digunakan hanya tahu tapi rasanya bikin nagih. Buat kamu yang sedang berkunjung ke Jawa Tengah, berikut ini ada beberapa rekomendasi olahan tahu khas Jawa Tengah yang lezat.

Olahan Tahu Khas Jawa Tengah Yang Sangat Populer & Lezat

Tahu-Khas-Jawa-Tengah
Tahu Masak

Yang pertama yaitu tahu masak, tahu masak merupakan olahan tahu yang sangat populer di Cilacap, olahan yang satu ini mirip dengan tahu kupat yang dilengkapi dengan bumbu kacang sebagai saus siram. Komposisi tahu masak sendiri terdiri dari tahu gorang yang dipoting kecil-kecil, taoge dan kubing rebus, lontong dan kerupuk, konon katanya tahu masak semakin sedap dinikmati bersama dengan tempe mendoan. Kalau berkunjung ke Cilacap sayang sekali tidak mencicipi olahan tahu yang satu ini, jangan sampai lewatkan olahan tahu yang satu ini.

Tahu-Khas-Jawa-Tengah
Soto Tahu

Olahan tahu khas Jawa Tengah yang selanjutnya yaitu Soto Tahu, jika biasnaya soto berisi daging, di Kebumen ada soto yang terbuat dari tahu. Bumbu soto yang digunakan biasanya menggunakan bumbu kuning atau sama seperti bumbu soto pada umumnya. Isian dari soto ini sendiri terdiri dari irisan tahu, taoge, dan tomat, agar rasanya makanan unik, soto tahu enak benget disantap dengan guyuran sambal cabai, jangan sampai tidak mencicipi olahan soto tahu yang satu ini jika berkunjung ke Kebumen.

Tahu-Khas-Jawa-Tengah
Tahu Kupat

Yang selanjutnya yaitu tahu kupat, jangan sampai salah membedakan antara tahu kupat dan kupat tahu, walaupun dari segi nama tidak jauh berbeda namun keduanya sangat berbeda. Keduanya memiliki saus yang berbeda, kalau kupat tahu dilengkapi bumbu kacang, tahu kupat disiram dengan bumbu kecap, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tahu kupat terdiri dari tahu goreng, ketupat, bakwan guring, mi kuning dan kacang goreng, biasanya dinikmati bersama kerupuk agar makin nikmat.

Tahu-Khas-Jawa-Tengah
Tahu Acar

Olahan tahu khas Jawa Tengah yang selanjutnya yaitu Tahu Acar, tidak hanya tahu kupat, di Solo ada olahan tahu lainnya yang  wajib kamu cicipi yaitu Tahu Acar. Walaupun sama lezatnya, namun tahu ini lebih menyegarkan, cocok banget disantap ketika cuaca sedang panas, tahu acar ini memiliki komposisi yang terdiri dari tahu goreng, kacang goreng, irisan kubis mentah, mi kuning, taoge, dan irisan timur. Kuah dari olahan tahu ini encer dan terbuat dari kecap manis, bawang, gula merah dan  merica, wajib cicipi olahan yang satu ini saat berkunjung ke Solo.

Tahu-Khas-Jawa-Tengah
Tahu Gimbal

Siapa yang tidak mengetahui tahu gimbal, olahan yang satu ini jadi salah satu makanan yang wajib kamu cicipi jika berkunjung ke Kota Semarang. Olahan tahu ini selalu jadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Semarang, makanan ini diracik dari tahu, kol, lontong, taoge, telur dan gimbal. Gimbal sendiri semacam adonan tepung seperti bakwan yang diberi tambahan udang segar, tahu gimbal juga disiram dengan bumbu kacang, namun bumbu kacang pada tahu gimbal ada tambahan petisnya yang membuat cita rasa dari hidangan ini semakin lezat. Gak heran banyak wisatawan yang selalu ketagihan mencicipi olahan tahu yang satu ini.

Tahu-Khas-Jawa-Tengah
Tahu Gecot

Olahan tahu khas Jawa Tengah yang selanjutnya yaitu tahu gecot yang berasal dari Banyumas, hidangan yang satu ini sendiri sebenarnya hampir sama dengan kupat tahu yang terbuat dari lontong atau ketupat, tahu goreng, dan kol. Bedanya bumbu kacang tahu gecot ini ada pada tambahan kencurnya sehingga mempengaruhi rasa maupun aroma, agar rasanya semakin yahud, masyarakat setempat biasanya menikmati tahu gecot dengan kerupuk bawang. Bagi yang suka rasa pedas, bumbu kacang untuk tahu gecot biasanya sudah diberi tambahan beberapa biji cabai, sudah pernah mencicipi olahan tahu yang satu ini?

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here