Penyebab-ngidam-makan-pedas

Haluannews.com – Banyak orang yang sangat suka makan makanan pedas, pernahkah kamu terus ngidam makan pedas? Berikut ini ada beberapa penyebab ngidam makan pedas yang wajib kamu ketahui. Karena banyaknya orang yang menyukai makanan pedas, gak heran kalau kian hari semakin banyak varian produk makanan pedas. Hal ini menunjukkan kalau semakin bertambahnya orang yang menyukai makanan pedas, tapi tahukah kamu kalau ada sebagian orang yang suka ngidam makanan pedas terus. Ternyata fenomena ini dapat dijelaskan secara ilmiah menurutnya penelitian dan sebuah studi yang sudah dilakukan.

Penyebab Ngidam Makan Pedas Terus, Kamu Lagi Ngalamin?

Penyebab-ngidam-makan-pedas

  1. Kehamilan
    Penyebab pertama kenapa kamu ngidam makan pedas terus yaitu karena kehamilan, ada banyak jenis makanan yang diidamkan oleh ibu hamil, misalnya makanan peda. Menurut sebuah jurnal pengamatan yang dilakukan pada 635 ibu hamil, hasilnya sebanyak 3,3 persen ibu hamil melaporkan mengidamkan makanan pedas seperti cabai, kari, dan rempah-rempah. Sedangkan menurut studi yang lainnya sebenarnya masih belum sepenuhnya jelas apa yang menyebabkan mengidam makanan selama masa kehamilan. Namun pada peneliti percaya jika itu mungkin kombinasi dari perubahan hormonal, kekurangan nutris dan bahan atau senyawa terntunda pada makanan yang diinginkan, meskipun begitu kamu juga harus mengetahui ciri kehamilan yang lainnya agar bisa memastikan dengan jelas.

  2. Depresi
    Penyebab ngidam makan pedas yang selanjutnya yaitu mengalami depresi, kamu pernah merasa sedih atau mengalami episode depresi dalam hidup? Menambahkan beberapa makanan pedas ke piring makanmu ternyata dapat mendatangkan manfaat, karena dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa adanya kandungan kapsaisin dalam makanan pedas seperti cabai dapat memberikan sensasi kesenangan. Menurut sebuah penelitian lainnya tubuh dapat merespons rasa sakit termasuk juga sensasi terbakar pada makanan pedas dengan melepaskan endorfin yang mengaktifkan reseptor opiate tubuh dan inilah yang bisa menyebabkan perasaan bahagia. Sebuah studi pernah melakukan pengamatan pada 392 partsipan, hasilnya menunjukkan kalau gangguan pada kadar endorfin berpotensi terkait dengan depresi dan kondisi lain seperti gangguan stress pascatrauma. Pasti kamu pernah merasa ingin sekali makan makanan pedas saat sedang merasa depresi.

  3. Mengalami Overheat
    Walaupun kedengarannya aneh, tapi ternyata menginginkan makanan pedas ketika suhu tubuh tinggi atau overheat merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Hal ini karena makanan pedas tertentu bisa bekerja untuk mendinginkan tubuh, makanan pedas seperti cabai rawit memiliki kandungan kapsaisin atau senyawa yang memberi cabai rasa pedas khasnya. Sebuah studi juga menunjukan kalau kandungan kapsisin dalam cabai berpotensi memainkan peran kunci dalam termoregulasi yang merupakan sebuah proses yang bisa membantu menjaga suhu internal tubuh. Kapsaisin menimbulkan sensasi hangat ketika dikonsumsi yang mampu memicu keringat untuk membantu mendinginkan.

  4. Pola Makan
    Penyebab ngidam makan pedas yang selanjutnya yaitu pola makan, buat kamu yang sedang mencoba untuk mengurangi konsumsi makanan pedas dari pola makanmu, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami craving. Dalam sebuah jurnal mengatakan jika mengurangi makanan tertentu dalam jangka waktu pendek dapat meningkatkan keinginan atau mengidam akan makanan yang sedang dihindari. Tidak hanya itu saja, menurut sebuah laporan juga menyebutkan kalau mencoba membatasi atau menghikangkan makanan tertentu justru akan mengidamkan makanan tersebut. Hal ini karena beberapa proses mental dan emosional yang mendasari hal tersebut.

  5. Hidung Tersumbat
    Yang selanjuntnya yaitu hidung tersumbat, sebagaimana yang sudah diketahui sup panas atau makanan pedas terkadang direkomendasikan sebagai obat alami ketika merasa sedang tidak enak badan seperti flu, batuk dan sebagainya. Menariknya ada studi yang menunjukan jika makanan pedas bisa membantu mengatasi hidung yang sedang tersumbat, menurut sebuah penelitian menggunakan semprotan hidung yang mengandng kapsaisin bia memperbaiki gejala rhinitis nonalergi yang merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan hidung tersumbat, bersin dan hidung meler, gak heran kalau kamu lagi flu pasti kepengen makan yang pedes untuk meredakan gejalanya. Terlepas dari apapun alasan mengidam makanan pedas, tetap saja kamu harus mengkonsumsinya dengan bijak dan jangan sampai berlebihan. Karena cabai juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan, hl ini sangat penting diperhatikan untuk mencegah kemungkinan efek negatif seperti gangguan pencernaan, mual, atau bahkan diare.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here