Olahan-laksa-di-Malaysia

Haluannews.com – Laksa merupakan makanan berkuah hasil akulturasi budaya dengan China, beberapa negara di Asia sendiri memiliki olahan laksa khas masing-masing negara. Termasuk di Indonesia sendiri, tidak hanya Indonesia, negar tetangga yaitu Malaysia juga memiliki olahan laksa yang tidak kalah leazat. Walaupun asalnya dari China, laska jadi makanan populer dan memiliki rasa dan varian yang berbeda-beda, buat para pecinta laksa dan ingin mencicipi laksa dari berbagai negara. Berikut ini ada beberapa olahan laksa di Malaysia yang wajin kamu cicipi jika berkunjung ke negeri jiran ini.

Olahan Laksa Di Malaysia Yang Paling Enak , Wajib Coba!

Olahan-laksa-di-Malaysia
Laksam

Yang pertama wajib kamu cicipi yaitu Laksam, kalau dilihat dari sehi tampilannya makanan yang satu ini mirip dengan makanan asal Palembang yaitu burgo karena sama-sama terbuat dari tepung beras yang digulung. Kemudian diiris jadi beberapa bagian, namun perbedaan antara kedua makanan ini yaitu terletak pada kuah dan juga bahan pelengkap lainnya. Untuk racikan kuah laksam sendiri terbuat dari santan, asam jawa, jahe, bawang putih, bawang merah, lada, garam, dan gula, sedangkan untuk pelengkap laksam sendiri berisi beragam sayuran seperti timun, kubis, dan taoge dan tidak lupa juga dilengkapi dengan jeruk nipis dan sambal untuk menambah rasa. Laksam sendiri merupakan jenis laksa yang sangat populer di daerah Kelantan, Kedah, dan Trengganu, kalau berkunjung jangan sampai lupa mencicipi olahan laksa yang satu ini.

Olahan-laksa-di-Malaysia
Assam Laksa

Olahan laksa di Malaysia yang selanjutnya yaitu Assam Laksa, olahan yang satu ini sendiri sangat terkenal di Penang, ciri khas dari assam laksa ini sangat mudah dikenali karena memiliki warna kuah yang lebih pekas, pedasn dan tentunya sesuai dengan namanya yaitu memiliki rasa asam yang cukup kuat. Untuk isian dari assam laksa sendiri terdiri dari mi, ikan makarel, mentimun, daun mint, dan kecombrang, selain itu assam laksa juga sangat terkenal dengan aroma yang lebih amis karena penggunaan asam serta ikan. Jadi, buat kamu yang pertama kali makan laksa ini jangan kaget dengan rasanya ya, kalau sudah dinikmati pati ketagihan dengan rasanya.

Olahan-laksa-di-Malaysia
Laksa Johor

Yang selanjutnya kamu wajib mencicipi Laksa Johor yang paling mudah ditemukan dan tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Malaysia. Keunikan dari laksa johor ini sendiri yaitu menggunakan spaghetti untuk isiannya, tidak hanya itu saja laksa Johor ini juga dilengkapi dengan ikan makarel, udang rebon, udang kering, dan kelapa parut sangria yang membuat rasanya semakin lezat.  Karena menggunakan kelapa parut sangrai serta santan, membuat laksa asal Johor ini cenderung memiliki kuah bertekstur, padat, dan kental, selain itu diberi tambahan sayuran lain seperti taoge, kacang panjang timun dan tidak lupa sambal sebagai pelengkap.

Olahan-laksa-di-Malaysia
Laksa Sarawak

Olahan laksa di Malaysia yang selanjutnya yaitu Laksa Sarawak yang berisi bihun, daging ayam, irisan telur ayam, udang, dan taoge yang sangat lezat jika dicampurkan bersama dan disantap dengan kuah laksa yang segar. Selain itu Laksa yang satu ini juga punya topping khas, yaitu irisan daun ketumbar cincang serta jeruk nipis, keberadaan dua toping tersebut akan membuat aroma laksa ini semakin menggoda selera makan banyak orang. Kalau dari segi rasa sendir Laksa Sarawak ini terbuat dari bumbu kaya rempah yang dipertemukan dengan terasi dan sambal belacan, penasaran dengan rasanya? Jangan sampai lewatkan makanan yang satu ini jika berkunjung ke Malaysia.

Olahan-laksa-di-Malaysia
Nyonya Laksa

Yang selanjutnya tidak boleh kamu lewatkan yaitu Nyonya Laksa, olahan laksa yang satu ini berbeda dari yang sebelumnya karena terbuat dariu kulit udang, kaldu dan santan. Selain itu nyonya laksa juga menghasilkan kuah yang super creamy, isi laksa ini sendiri terdiri dari telur puyuh, bihun, mie telur, fishcake, kembang tahu, dan udang, isiannya yang sangat banyak akan membuat kamu kenyang menyantap seporsi laksa ini. Nyonya laksa sendiri merupakan salah satu laksa yang sangat populer di Melaka, kalau di Negeri Jiran sendiri, laksa ini dikenal dengan sebutan laksa lemak, karena komposisinya yang mampu membuat berat badan bertambah, apalagi jika keseringan mengonsumsinya, jadi jangan kebanyakan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here