Manfaat-Selada-Untuk-Kesehatan

haluannews.com – Tidak hanya enak dimakan, ternyata ada banyak manfaat selada untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan jika rutin mengkonsumsinya. Selada sendiri merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak khasiat, dan cukup sering kita temui sehari-hari pastinya, misalnya menjadi lalapan , isian burger, roti lapis, campuran salad dan masih banyak lagi makanan yang menggunakan selada. Biasanya sayuran ini juga digunakan untuk diet, sayuran ini sendiri dibudidayakan oleh masyarakat Mesir Kuno dan sudah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut beberapa manfaat yang wajib kamu ketahui.

Manfaat Selada Untuk Kesehatan, Wajib Kamu Konsumsi!Manfaat-Selada-Untuk-Kesehatan

  1. Bisa Mengendalikan Peradangan
    Manfaat yang pertama yaitu bisa mengendalikan peradangan, selada sendiri memiliki sifat antiinflamasi karena memiliki kandungan protein seperti lipoksigenase dan karagenan yang bisa membantu untuk mengendalikan peradangan atau inflamasi. Ekstrak selada sendiri sudah menunjukkan keefektifan dalam mengendalikan peradangan secara signifikan dalam suatu penelitian, selada sendiri memiliki vitamin A, E, dan K yang terkandung dalam selada yang berperan dalam meredakan peradangan. Selain itu karena kandungan vitamin yang terkandung kamu wajib mengkonsumsi selada secara rutin.

  2. Membantu Menurunkan Berat Badan
    Manfaat selada untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat membantu menurunkan berat bedan, memang sudah tidak asing lagi kalau selada sering digunakan atau sering dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan diet. Dalam melakukan diet kalori merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam menjaga berat badan tetap sehat, kalori yang masuk dalam tubuh kamu harus seimbang dengan kalori yang akan dibakar.

    Dalam 100 gram selada hanya memiliki kandungan 5 kalori, tak heran kalau sayuran hijau yang satu ini sering digunakan untuk menurunkan berat badan. Selada juga memiliki kadar lemak yang rendah dan mengandung serat yang bisa mengenyangkan, sehingga kamu bisa mencegah makan berlebihan, selda yang memiliki warna lebih gelap biasanya memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Tidak hanya bisa menurunkan berat badan, selada juga bisa membantu menjaga tubuh kamu terhidrasi karena memiliki kandungan 95 persen air.

  3. Menyehatkan Otak
    Yang selanjutnya yaitu bisa menyehatkan otak, kerusakan otak bisa menyebabkan matinya sel saraf, sehingga bisa mengembangkan penyakit seperti Alzheimer. Berdasarkan laporan penelitian pada tahun 2015, ekstrak selada bisa mengendalikan kematian sel saraf karena kondisi kekurangan glukosa atau serum atau glycogen strorage disease. Tidak hanya itu saja, selada juga memiliki kandungan nitrat yang bisa meningkatkan fungsi endotel, karena selada juga bisa memperlambat berbagai penurunan kognitif, dan juga gangguan neurologis yang masih berkaitan dengan penuaan.

  4. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular
    Manfaat selada untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, mengatur kolesterol dan menyehatkan pencernaan. Selada sendiri merupakan sumber folat yang baik, folat sendiri merupakan vitamin B yang bisa mengubat homosistein menjadi metionin. Homosistein ini tidak bisa kamu ubah menjadi metionin yang bisa merusak pembuluh darah dan bisa menyebabkan tertimbunnya plak, folat yang terkandung di dalam selada bisa mencegah hal tersebut terjadi.

    Kandungan yang ada di dalam selada kaya akan vitamin C yang bisa mengurangi kekakuan arteri, sehingga mampu mengobati penyakit kardiovaskular, bisa memperkuat arteri dan juga bisa mencegah serangan jantung. Selain itu, di dalam selada juga memiliki kandungan kalium yang mampu untuk menurunkan tekanan darah, tidak hanya itu saja manfaat dari sayuran hijau ini, selada juga bisa menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kestabilan kadarnya dalam tubuh. Selada juga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dan mencegah gangguan pencernaan seperti kembung dan sembelit.

  5. Meningkatkan Kesehatan Mata
    Mata merupakan bagian paling penting pada bagian tubuh dan membutuhkan nutrisi dari sayuran ataupun buah-buahan. Selada sendiri merupakan sumber vitamin A yang sangat baik dan mampu untuk meningkatkan kesehatan penglihatan dan organ mata, hal ini karena vitamin A bisa membantu menurunkan resiko mata terkena katarakĀ  dan bisa mencegah degenerasi makula yang disebabkan oleh penuaan. Jika ingin mendapatkan mata yang sehat, kamu bisa rutin mengkonsumsi selada, karena memiliki kandungan antioksidan zeaxanthin dan lutein yang tinggi dan dapat membantu meningkatkan kesehatan penglihatan kamu, bisa juga dikonsumsi bersama dengan sayuran lainnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here