Manfaat-Rutin-Berhubungan-Seks

haluannews.com – Dalam kehidupan berpasangan, terutama yang sudah cukup lama menikah, hubungan seksual sering dianggap menjadi kebutuhan sekunder. Padahal seks bukan sekedar pemenuhan hawa nafsu saja, ada berbagai manfaat sering berhubungan seksual yang dapat dirasakan oleh kamu dan pasangan, baik secara fisik maupun psikis. Memang tidak ada ketentuan baku berapa kali dalam satu minggu atau sebulan pasangan harus berhubungan seks, namun tahukah kamu ada banyak manfaat rutin berhubungan seks dengan pasangan yang harus kamu ketahui, mulai dari menjadi obat stres hingga mampu menurunkan berat badan.

Manfaat Rutin Berhubungan Seks, Tidak Hanya Memuaskan Hasrat

Manfaat-Rutin-Berhubungan-Seks

  • Membangun Rasa Percaya Diri

Tahukah kamu secara tidak langsung, seks dapat meningkatkan rasa percaya diri pada seseorang, hal ini timbul karena perasaan dapat diterima apa adanya oleh orang yang dicintai sehingga meningkatkan harga diri.

Meningkatkan rasa percaya diri yang sehat dapat memberikan pengaruh motivasi hidup yang lebih baik, mental yang lebih stabil dan tentunya mengurangi perasaan tidak aman. Dengan rasa percaya diri yang baik, tentunya akan mempermudah kamu dan pasangan dalam kehidupan sosial kalian.

  • Memperkuat Ikatan Satu Sama Lain

Berhubungan seksual, terutama atas dasar suka sama suka meningkatkan ikatan jadi lebih erat, hal ini karena banyak hormon yang dilepaskan oleh otak ketika melakukan hubungan seksual terjadi. Salah satunya yaitu endorfin, diketahui hormon endorfin dapat membantu mengurangi iritabilitas dan perasaan depresi.

Tidak hanya endorfin, hormon yang juga dikeluarkan oleh otak yaitu oksitosin yang merupakan hormon penting dalam reproduksi dan percintaan dan dapat ditingkatkan dengan merangsang puting susu dan sentuhan yang lain. Oksitosin ini juga dapat menambah rasa tenang dan kepuasan pada wanita maupun pria.

  • Sebagai Obat Stres

Sepertinya sudah banyak yang tahu, kalau melakukan hubungan seks dapat menjadi obat stres, berhari-hari kerja di kantor, sering terjebak macet dan berbagai masalah lain yang silih berganti datang pasti akan membuat kamu merasa tertekan dan stres berat.

Sayangnya hal ini dapat mempengaruhi hubunganmu dan pasangan dan kehidupan seksual kalian, memang stres dapat menyebabkan hawa nafsu menurun dan frekuensi seks pun menjadi semakin jarang. Padahal seks justru dapat meredamkan stres, hal ini karena melakukan hubungan seks memicu pelepasan hormon oksitosin yang dapat meredakan rasa cemas, hormon yang merespons stres seperti kortisol dan adrenalin jadi lebih berkurang.

  • Mengencangkan Otot Panggul Dan Otot Perut

Hubungan seksual mungkin bisa jadi pilihan olahraga yang menyenangkan untuk kamu coba, aktivitas seksual setara dengan aktivitas fisik sedang, seperti jalan cepat atau menaiki dua anak tangga. Tidak hanya itu saja, gerakan seks juga dapat mengencangkan otot panggul dan otot perut.

Sedangkan untuk wanita gerakan seks juga dapat meningkatkan kontrol akan kandung kemih. Membentuk badan namun dengan cara yang lebih membuat diri bahagia, jadi melakukan hubungan seks bisa menjadi olahraga sehat dan bikin seneng!

  • Menurunkan Berat Badan Dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, melakukan hubungan seks juga dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan jantung. Jangan takut berkeringat bersama pasangan, terlebih lagi kalau diet dan ingin berat badan cepat turun, melakukan hubungan seks selama 30 menit dapat membakar hingga 200 kalori.

Bahkan hormon dalam otak yang dilepaskan ketika melakukan hubungan seks dapat mengurangi keinginan makan dan mempercepat penurunan berat badan. Coba untuk melakukan berbagai posisi dan gerakan ketika melakukan hubungan seksual agar kalori yang terbakar kian banyak, misalnya untuk perempuan, sesekali di posisi atas sambil menggerakan pinggul. Posisi tersebut bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung dan membakar lebih banyak kalori.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Menurut sebuah penelitian, dengan rutin berhubungan seksual dapat menghindarkan kamu dari berbagai macam penyakit. Hal ini karena seks meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuat antibodi dari bakteri, virus, atau kuman lain yang dapat menimbulkan berbagai penyakit secara umum.

Namun tentunya hal ini harus kamu barengi dengan pola hidup sehat, makan makanan yang bergizi, dan tidur yang cukup. Ibaratnya berhubungan seks yang rutin akan mendukung hidup yang lebih sehat dan menjaga daya tahan tubuh, itulah beberapa manfaat rutin berhubungan seks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here