Manfaat-Merendam-Kaki

Haluannews.com – Di antara keseluruhan bagian tubuh, kaki termasuk bagian yang jarang sekali diperhatikan. Padahal, anggota tubuh yang membantu bergerak tersebut rentan sekali mengalami stres dan juga kelelahan. Ada manfaat merendam kaki menggunakan air es ternyata, jarang diketahui banyak orang. Berapa treatment sederhana bisa membantu mengembalikan dan menjaga kesehatan kaki rupanya.

Hal itu adalah salah satu manfaat dari kegiatan merendam kaki, alih-alih air hangat atau panas, manfaat menanam kaki menggunakan air es baik bagi tubuh terutama kaki. Disinggung sebelumnya, kaki adalah anggota tubuh yang paling rentan mengalami stres dan kelelahan karena ujung saraf yang menutupi telapak kaki.

Ujung saraf ini bertindak sebagai penyeimbang, sekaligus menjaga kesejahteraan tubuh juga. Rupanya kamu bisa melakukan perawatan pada kaki dengan cara berendam air dingin saja, air dingin mampu memberikan berbagai manfaat yang menunjang kesehatan. Langsung saja kalau gitu sederet manfaatnya perlu kamu ketahui seperti di bawah ini.

Sederet Manfaat Merendam Kaki Menggunakan Air Es yang Jarang Diketahui

Manfaat-Merendam-Kaki

     1. Meredakan Pembengkakan

Manfaat merendam kaki menggunakan air es pertama, yaitu meredakan pembengkakan. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengobati kaki yang bengkak. Namun, kompres es batu dan terapi dingin lebih tepat dalam membantu menyembuhkan pergelangan kaki ketika terkilir atau cedera kaki lainnya. Cara kerjanya, yaitu dengan mengurangi aliran darah. Dengan demikian, terjadi juga pengurangan peradangan dan aktivitas saraf yang menyakitkan.

Perawatan guna mengurangi pembengkakan dengan air dingin tidak melulu dengan merendam kaki di air es. Pilihan lain pun tersedia, termasuk kompres es, menggunakan semprotan pendingin atau mandi air es. Untuk perawatan lebih efektif lagi, penting dalam mengetahui apa yang menyebabkan kaki bengkak. Kombinasi dengan perawatan lain mungkin diperlukan juga! Meskipun manfaat dari merendam kaki dengan air es tersebut terbilang efektif, cara ini bukanlah pengobatan ajaib. Kamu perlu melakukannya berulang dan sebaiknya kunjungi dokter juga.

Tidak hanya obat, dokter bisa saja tetap melanjutkan penggunaan kompres es dengan tujuan mengurangi ketegangan otot akut dan cedera. Aplikasi singkat dingin ke otot yang terkena dapat mengurangi rasa sakit serta peradangan. Tetap saja untuk ikuti terus instruksi pengobatan yang sesuai!

     2. Mengurangi Efek Mikrotrauma

Selanjutnya yaitu mengurangi efek mikrotrauma, karena berbagai aktivitas harian bisa memicu timbulnya mikrotrauma. Istilah merujuk pada robekan mikro pada serat otot selubung pembungkus otot atau pada jaringan ikat. Robekan mikro itu dapat berupa tarikan pada tendon dan tulang, kondisi ini awam dan disebut sebagai cedera.

Konon, suhu dingin akan membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat cedera tersebut. Pakar kebugaran menjelaskan pada sumber yang sama serta mikrotrauma terjadi, tubuh merangsang aktivitas sel otot dan memperbaiki kerusakan hingga memperkuat otot.

Bagaimana, jadi tertarik tidak untuk merendam kaki menggunakan air es? Dijamin kamu akan merawat kesehatan kaki yang rentan stress jika rutin merendam kaki menggunakan air es!

     3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Terakhir manfaat merendam bagian kaki menggunakan air es itu, meningkatkan sirkulasi darah. Tubuh secara terus-menerus bisa mengalirkan cairan darah keseluruh tubuh dan salah satu bentuknya adalah darah yang mengitari berbagai organ, termasuk kaki. Pada prosesnya, darah mengalirkan oksigen dan nutrisi ke sel tubuh. Selain itu, membantu membuang produk limbah berlebih di sistem tubuh.

Ketika aliran darah di kaki tidak lancar, beberapa efek mungkin kamu rasakan nanti. Seperti sering kesemutan, mati rasa, terasa dingin sampai gangren atau jaringan mati kekurangan oksigen. Kalau kamu merendam kaki dengan air es kegiatan itu salah satu cara memperlancar aliran darah. Meskipun dapat menyempitkan aliran darah, air dingin bisa mempercepat aliran darah juga. Setelah berolahraga berat, air es akan meningkatkan aliran darah di kaki. Upaya ini akan mempercepat yang namanya proses penyembuhan dan mengurangi pembengkakan pada kaki.

Dari ketiga manfaat merendam kaki di atas, mana manfaat yang kamu butuhkan dan kamu dapatkan? Kalau kamu memiliki masalah pada kaki, merendam kaki menggunakan air es adalah cara yang paling tepat dan terbaik saat ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here