Manfaat-Mengkonsumsi-Jus-Nanas-Bisa-Mencegah-Kanker

Haluannews.com – Nanas merupakan salah satu buah yang tumbuh di negara tropis, salah satunya Indonesia. Nanas sering sekali pasti kita jumpai dan konsumsi, bisa untuk mengolah daging, campuran rujak, hingga bahan untuk membuat dessert, nanas sendiri jadi salah satu buah yang banyak digunakan dalam kuliner Tanar Air. Tidak hanya rasa asam dan manisnya yang nikmat, buah nanas juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, dijamin manfaatnya bikin kamu ingin rutin mengkonsumsi jus nanas, mulai dari baik untuk pencernaan hingga baik untuk mencegah kanker. Berikut ini manfaat mengkonsumsi jus nanas yang wajib diketahui.

Manfaat Mengkonsumsi Jus Nanas, Bisa Mencegah Kanker
Manfaat Mengkonsumsi Jus Nanas, Bisa Mencegah Kanker

  1. Nanas Kaya Akan Nutrisi Untuk Tulang Dan Jantung
    Menurut data dari Kementerian Pertanian Amerika Serikat, 240 ml jus nanas memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Buah yang kaya akan mangan, tembaga dan vitamin B6 dan C ini , membuat jus nanas dapat mencegah penyakit kardiovaskular, nyeri sendi, menjaga kesehatan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh, berikut ini kandungan nutrisinya:
  • Protein: <1 gram
  • Lemak: <1 gram
  • Karbohidrat: 33 gram
  • Gula: 25 gram
  • Serat: <1 gram
  • Mangan: 55 persen angka kebutuhan gizi (AKG) harian
  • Tembaga: 19 persen AKG
  • Vitamin B6 atau piridoksina: 15 persen AKG
  • Vitamin C atau asam askorbat: 14 persen AKG
  • Vitamin B1 atau tiamina: 12 persen AKG
  • Folat: 11 persen AKG
  • Potasium: 7 persen AKG
  • Magnesium: 7 persen AKG
  1. Memiliki Kandungan Antioksidan Tinggi
    Manfaat mengkonsumsi jus nanas yang selanjutnya yaitu nanas memiliki kandungan antioksidan, terutama vitamin C dan beta karoten. Temuan studi ini tertuang dalam jurnal Research in Pharmaceutical Sciences tahun 2017, kandungan antioksidan di dalam buah nanas bermanfaat untuk memerangi radikal bebas dalam tubuh akibat polusi, stress dan gaya hidup yang tidak sehat. Kalau radikal bebas ini dibiarkan menumpuk, lama-lama akan bisa mengakibatkan kerusakan sel tubuh, jadi gak ada salahnya mengkonsumsi jus nanas secara rutin untuk menjaga dan menghindari tubuh dari berbagai penyakit. 
  2. Ampuh Untuk Pasien Pascaoperasi Dan Dapat Mengatasi Inflamasi
    Tidak hanya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, tim penliti dari Iran jug mengungkapkan kalau jus nanas juga memiliki kandungan enzim bromelain yang  ada dalam sari dan batang nanas yang berguna untuk mengobati inflamasi pada tubuh. Enzim bromelain ternyata sudah terbukti membantu perawatan inflamasi karena luka akibat  trauma dan operasi hingga luka bakar. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang brjudul Therapeutic uses of pineapple-extracted bromelain in surgical care, dalam sebuah Journal of Pakistan Medical Association tahun 2017, nanas sama ampuhnya dengan obat antiinflamasi dan tidak mengabitkan efek samping. 
  3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Manfaat mengkonsumsi jus nanas yang selanjutnya yaitu meningkatkan daya tahan tubuh, berdasarkan dari sebuah studi di Filipina tahun 2014, ada sebanyak 98 anak menjadi bukti keampuhan buah nanas dalam meningkatkan kekebalan imun tubuh. Tim peneliti menemukan bahwa anak-anak yang rutin mengkonsumsi nanas lebih kebal pada infeksi bakteri dan virus dibandingkan anak yang tidak mengkonsumsi nanas sama sekali. Jadi tidak ada salahnya memberikan anak secara rutin jus nanas, agar tidak terlalu asam bisa memberikan nanas madu. 
  4. Cegah Kanker Koleraktal
    Yang selanjutnya jus nanas dapat mencegah kanker koleraktal, hal ini sendiri terbukti dari sebuah penelitian, seperti yang sebelumnya dijelaskan nanas memiliki kandungan enzim bromelain yang dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan pasien dengan insufisiensi eksokrin pancreas (EPI). Hal ini merupakan kondisi ketika pancreas tidak menciptakan cukup enzim protease untuk memecah makanan dan menyerap nutrisi. Tidak hanya untuk pasien EPI, para peneliti juga menemukan fakta bahwa bromelain bisa digunakan untuk mengobati inflamasi usus pada pasien dengan penyakit Crohn, manfaat bromelain untuk pencernaan dinilai sangat ampuh untuk mencegah kanker kolorektal. Oleh karena itu mulailah rutin untuk mengkonsumsi jus nanas murni dan jangan sering mengkonsumsi jus nanas kemasan, pasalnya kandungan bromelain dalam jus nanas kemasan sangat rendah karena sudah melalui proses produksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here