Manfaat-Coklat

Haluannews.com – Jika kami membahas mengenai manfaat coklat & olahannya, pastinya anda akan terfikirkan dengan berbagai makanan manis yang diolah dan memiliki rasa manis sangat alami. Coklat sendiri dibedakan menjadi dua jenis, ialah dark chocolate atau coklat murni dan milk chocolate.

Biasanya, yang paling sering disantap oleh banyak orang, adalah milk chocolate. Selain rasanya lebih cenderung manis dan melezatkan, milk chocolate memang berperan sebagai “candu” bagi setiap orang yang mengkonsumsi nya. Padahal, berbagai manfaat dari coklat sangat tinggi pada dark chocolate dibandingkan milk chocolate.

Rasa yang sedikit pahit dan warna yang lebih gelap dari dark chocolate telah memiliki beragam kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh anda. Namun, tetap saja kedua jenis makanan tersebut tetap menjadi makanan olahan yang paling disukai banyak orang dari zaman ke zaman.

Pada awalnya, makanan yang diolah dari biji kakao lebih banyak dikonsumsi oleh bangsawan dan petinggi-petinggi kerajaan. Bahkan, biji kakao yang telah diolah dan menghasilkan coklat biasa dijadikan sebuah hadiah kesukaan para raja sebagai kudapannya. Menurut sebuah sumber, coklat biasanya ditandai dengan tanda terimakasih, tanda simpati, dan tanda perhatian.

Sudah menjadi hal yang lumrah apabila setiap pasangan akan memberi coklat sebagai hadiah nya, karena memang coklat sangat cocok dijadikan tanda kasih sayang. Biasanya, olahan coklat akan lebih lezat apabila dijadikan sebagai topping makanan, minuman hangat, ataupun coklat bar.

Namun, tahukah anda bahwa coklat memiliki beragam manfaat yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh anda? Tentu saja beragam manfaat dari coklat telah disetujui oleh para pakar dan terbuktikan mengenai suatu penelitiannya.

Salah satu manfaat yang sangat sesuai dan dimiliki oleh coklat, adalah dapat mengatasi depresi dan gejalanya. Kandungan senyawa baik yang dimiliki oleh biji kakao akan lebih berpotensi setelah melalui berbagai proses pengolahan dengan benar. Sebagaimana pun manfaat yang dimiliki oleh coklat, namun tetap saja makanan olahan coklat tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Mengapa demikian? Pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh dan untuk diri sendiri. Simak terus artikel yang satu ini untuk menambah wawasan anda mengenai manfaat dari coklat!

Manfaat Coklat yang Sangat Baik Untuk Kesehatan Tubuh Dibalik Rasa Manisnya

Pada dasarnya, segala makanan alami memang memiliki sebuah kandungan yang berpotensi baik atau buruk untuk kesehatan tubuh. Tentu saja coklat lebih berpotensi baik guna mengatasi berbagai macam permasalahan mengenai kesehatan tubuh manusia.

Bukan hanya mengatasi depresi saja, tetapi banyak sekali manfaat lain yang harus diketahui dengan segera. Penasaran? Berikut adalah berbagai macam manfaat dari coklat yang harus anda ketahui:

Dapat Menghindari Risiko Penyakit Jantung

Manfaat pertama yang dimiliki oleh coklat dan berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, adalah dapat menghindari risiko penyakit jantung. Perlu anda ketahui, bahwa penyakit jantung bukanlah sembarang penyakit yang bisa di sepelekan. Jantung pun berperan sebagai organ utama bagi setiap makhluk hidup.

Tanpa hadirnya jantung, maka aliran darah didalam tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik dan peredaran darah di otak akan terhenti sehingga menyebabkan kematian. Perlu anda ketahui, bahwa manfaat dari coklat akan berperan baik untuk menghindari penyakit jantung dengan signifikan.

Bahkan, kandungan baik yang dimiliki oleh coklat akan membantu menghindari risiko tersebut hingga 50%. Tentu saja hal tersebut telah disetujui oleh para pakar dalam sebuah penelitiannya.

Dapat Menurunkan Berat Badan

Selain menghindari risiko penyakit jantung yang dimiliki oleh coklat, manfaat lain dari dark chocolate yang harus anda ketahui, adalah dapat menurunkan berat badan. Dark chocolate merupakan makanan olahan dari biji kakao murni tanpa hadirnya bahan pemanis buatan sama sekali.

Itulah faktor yang menyebabkan dark chocolate memiliki rasa cenderung pahit tanpa rasa manis sedikitpun. Justru rasa pahit yang dimiliki oleh dark chocolate akan menjadi bukti utama bahwa kandungan lemak jahat sangatlah rendah.

Bahkan, mengkonsumsi dark chocolate tanpa berlebihan akan menyebabkan perut menjadi lebih kenyang dari pada mengkonsumsi milk chocolate ataupun white chocolate.

Dapat Mempengaruhi Aliran Darah Lebih Meningkat

Jika anda memiliki risiko darah rendah, mengkonsumsi dark chocolate adalah pilihan yang tepat. Mengapa demikian? Karena, kandungan atau manfaat dari coklat sangat berperan utama untuk membantu meningkatkan aliran darah.

Hal tersebut disebabkan karena kandungan zat flavonoid yang dimiliki oleh dark chocolate akan berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan pada coklat tersebut lah yang akan meningkatkan tekanan darah sistolik menjadi lebih signifikan.

Namun, jangan khawatir kalau dark chocolate tidak bisa dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit darah tinggi. Anda tetap bisa mengkonsumsi dark chocolate asalkan porsi makannya tidak terlalu banyak. Itulah sederet manfaat coklat yang harus anda ketahui sekarang juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here