Manfaat-Memiliki-Healthy-Relationship

haluannews.com – Tidak semua pasangan yang menjalin cinta dapat memiliki hubungan cinta yang sehat atau healthy relationship. Tidak sedikit juga yang hidupnya jadi berantakan hanya karena menjalin hubungan asmara yang toxic dengan pasangan, sebagai contoh seseorang yang tadinya dianggap sebagai karyawan teladan kini posisinya justru terancam akibat produktivitas yang menurun. Karena hampir setiap hari waktunya dihabiskan mengurusi drama dari hubungan asmara yang kamu jalani, kalau sudah begini tidak produktivitas yang menurun, tapi kesehatan mentalmu juga akan terganggu.

Toxic relationship sendiri ditandai dengan perilaku beracun yang merusak fisik maupun emosional diri, sedangkan hubungan yang sehat membuatmu bahagia, aman dan berkembang. Jika hubunganmu terasa melelahkan, membuatmu sering terluka, dan menjauhkan dari hal yang baik, itulah yang disebut dengan hubungan toxic. Saat sudah terjebak dalam hubungan toxic, banyak sekali orang yang tetap bertahan karena berbagai macam alasan, walaupun begitu mereka yang bertahan tentunya berharap suatu saat pasangan akan berubah.

Harapan tersebut memang tidak mustahil, namun perlu ada evaluasi dan intropeksi antar pasangan yang akan memperbaiki hubunganmu dengannya. Walaupun kamu sedang terjebak di toxic relationship, bukan artinya tidak dapat diubah sama sekali, masih tetap ada harapan untuk merubah hubungan menjadi sehat dengan pasangan. Asalkan kamu dan pasangan sama-sama menyadari kalau kalian sudah menjalin hubungan beracun, dan saat untuk saling introspeksi diri agar hubungan sehat. Karena ada banyak manfaat memiliki healthy relationship yang wajib kamu ketahui.

Manfaat Memiliki Healthy Relationship, Yuk Simak Baik-Baik!

 

Manfaat-Memiliki-Healthy-Relationship

  • Dapat Meningkatkan Kebahagiaan

Hampir semua orang tentunya ingin memiliki pasangan, faktanya memang memiliki seseorang yang mencintaimu dapat meningkatkan kebahagiaan. Hanya saja hal tersebut cuma bisa terjadi jika kamu memiliki hubungan asmara yang sehat, efek menguntungkan ini paling terasa saat kamu ada masalah.

Memiliki pasangan yang sayang dan benar-benar perhatian membuatmu tidak merasa sendirian karena akan selalu ada dia yang menamanimu di saat kamu sedang merasa susah. Jadi punya hubungan sehat juga akan berpengaruh pada kesehatan mentalmu.

  • Dapat Mendongkrak Rasa Percaya Diri

Kalau memiliki toxic relationship pasti akan menghancurkan kepercayaan diri seseorang, maka begitupun sebaliknya jika kamu memiliki healthy relationship justru akan membuatmu akan semakin pede. Memiliki pasangan yang suportif tidak hanya dapat menginspirasi, namun kehadirannya juga dapat mendorongmu untuk mengejar impian, saat yang lain tidak mendukungmu.

Ada pasangan yang akan menguatkan dan meyakinkan kalau kamu bisa, inilah yang membuatmu akan semakin percaya dari, selain ingin membuktikan ke diri sendiri bahwa kamu mampu, juga ingin membuatnya bangga karena sudah mempercayaimu.

  • Bisa Membantu Mengenali Dirimu Sendiri

Manfaat yang selanjutnya jika memiliki healthy relationship yaitu dapat membantu kamu untuk mengenali diri sendiri. Dari interaksi dengannya, kamu jadi lebih mengenal karaktermu seperti apa saat berhubungan dengan orang lain.

Misalnya seperti setelah bersamanya kamu jadi tahu kalau selama ini kamu memiliki kecenderungan egois. Hal tersebut dapat dilihat dari masalah yang selama ini terjadi dalam hubungan yang mana kalau dipikir-pikir memang disebabkan oleh keegoisanmu yang tinggi.

  • Mengajarkan Rendah Hati

Healthy relationship bukan artinya tidak ada konflik sama sekali, namun justru hubungan cinta yang sama sekali tidak pernah terjadi pertengkaran yang menandakan ada masalah. Bisa jadi masing-masing pihak kamu dan dia lebih senang untuk menghindari persoalan, permasalahan dalam hubungan asmara yang sehat justru dapat berdampak baik.

Salah satunya mengajarkan kamu untuk rendah hati, kamu harus belajar bagaimana untuk mengakui kesalahan, dan meminta maaf, cara ini harus kamu lakukan dengan pasangan agar hubungan kalian bisa awet.

  • Jadi Lebih Sehat

Memiliki hubungan cinta yang sehat juga dapat mendukung fisik lebih sehat, bagi pasangan yang benar-benar serius membangun masa depan. Pasti akan berpikir nantinya gak mau jadi beban dan bisa saling menjaga, tentunya hal ini hanya dapat terjadi jika kedua pihak sama-sama ingin menjalankan hubungan yang sehat. Kesadaran ini yang kemudian akan mendorongmu dan pasangan untuk dapat mengevaluasi seperti apa gaya hidup kalian selama ini.

Mungkin yang tadinya sering mengkonsumsi junk food, pelan-pelan sudah mulai dikurangi, kalau dahulu kemana-mana selalu naik motor, kini mulai melakukan kebiasaan jalan kaki. Dari manfaat memiliki healthy relationship yang sudah dijelaskan di atas, memang sangat penting diterapkan dengan pasangan, tidak hanya membuat kalian sama-sama bahagia, namun akan ada banyak pelajaran hidup yang kalian lalui bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here