Manfaat-Sikap-Lilin

haluannews.com – Sikap lilin atau shoulder stand merupakan salah satu pose yoga yang sangat populer, pose yang satu ini melibatkan pundak dan lengan menempel pada lantai sambil terus menopang berat badan. Sedangkan leher tetap lurus, dagu menempel pada dada untuk menjaga keseimbangan, ketika sedang melakukan sikap lilin ini, sangat penting untuk tetap bernapas agar keseimbangan tetap terjaga. Walaupun tampak sederhana dan mudah untuk dilakukan, namun sikap lilin ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, penasaran apa saja? Berikut ini manfaat sikap lilin untuk kesehatan.

Manfaat Sikap Lilin Untuk Kesehatan, Lakukan Ini Secara Rutin!

Manfaat-Sikap-Lilin

  • Meningkatkan Sirkulasi Darah Ke Otak

Tahukah kamu ada banyak hal yang dapat menurunkan aliran darah ke otak, seperti tidak aktif bergerak, obesitas, masalah pada pembuluh darah, dan kebiasaan merokok. Menurunnya aliran darah ke otak kemudian akan memicu beberapa gejala, seperti kelelahan, masalah bicara, hingga hilangnya keseimbangan, kekuatan gravitasi.

Dan sikap lilin akan mengirimkan lebih banyak darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke tubuh bagian atas dan kepala. Yang selanjutnya ketika kamu berdiri kembali dari sikap lilin, gelombang darah segar sudah mengalir ke seluruh tubuh, hasilnya kamu akan merasa pikiran lebih segar, lebih tajam dan tentunya dapat lebih fokus karena suplai darah yang meningkat.

  • Membangun Kekuatan Dan Fleksibilitas

Mengangkat dan menahan tubuh dengan bahu membutuhkan banyak kekuatan inti bersama dengan kekuatan tubuh pada bagian atas. Ini juga akan meningkatkan rentang gerak dan fleksibilitas di leher dan bagi, bahkan bisa juga memperkuat otot kaki dan punggung ketika seluruh tubuh bergerak selama mempraktikan sikap ini.

Meningkatnya kekuatan dan fleksibilitas tubuh ini pada akhirnya akan memberikan banyak manfaat, seperti menurunkan kemungkinan cedera, rasa sakit, memperbaiki postur dan keseimbangan, hingga mampu meningkatkan kesejahteraan mental. Sehingga melakukan sikap lilin membuat kamu bisa beraktivitas dengan lebih nyaman, tapi perlu berhati-hati saat melakukan gerakan ini ya.

  • Memperbaiki Pencernaan

Melakukan posisi terbalik, seperti sikap lilin ini dapat menyesuaikan kembali organ-organ internal seperti usus dan usus besar. Manahan diri dalam posisi ini membalikkan efek gravitasi pada organ pencernaan, membantu merangsang pergerakan limbah yang tersangkut, menghilangkan rasa sakit karena gas dan mendorong efek restoratif keseluruhan pada pencernaan.

Pada gilirannya, dapat merangsang buang air besar dan membersihkan sistem pencernaan, yang sangat baik untuk orang yang mengalami sembelit dan sindrom iritasi usus besar. Waktu terbaik untuk mempraktikkan pose ketika sebelum makan atau beberapa jam setelahnya, hal ini dilakukan untuk menghindari refluks asam.

  • Meningkatkan Sistem Limfatik

Sistem limfatik merupakan sekumpulan jaringan, pembuluh, dan organ yang bekerja sama untuk memindahkan getah bening kembali ke aliran darah. Sistem limfatik mempengaruhi banyak hal dalam tubuh, seperti membantu membuang limbah dari tubuh dan melawan infeksi peradangan dan juga penyakit metabolik. Tidak seperti darah yang dapat dialirkan ke seluruh tubuh dengan bantuan jantung, sistem limfatik tidak memiliki jantung untuk membantu mengalirkan getah bening ke seluruh rubuh.

Sehingga kamu harus bergerak agar getah bening dapat mengalir dengan baik, dengan mempraktikkan sikap lilin, gravitasi bisa memungkinkan getah bening bergerak menuju ke organ yang lainnya, dengan begitu akan membantu mengaliri seluruh sistem limfatik. Hal ini yang membuat mempercepat pembuangan limbah dan menyegarkan sistem limfatik.

  • Menghilangkan Stress Dan Kecemasan

Dalam sikap lilin selama beberapa saat juga bisa membantu untuk menenangkan sistem saraf parasimpatis, sehingga membantu tubuh dan pikiran jadi jauh lebih rileks. Dengan mempraktekkan pose ini secara konsisten diyakini akan menurunkan gejala depresi dan kecemasan, sikap lilin di olahraga yoga juga dianggap menenangkan karena mata dan kepala menghadap ke jantung selama melakukan pose ini.

Postur ini akan membuat kepala bergerak ke arah dada dan akan membantu mengembangkan energi yang terfokus ke dalam dan akan membantu menenangkan pikiran yang terlalu aktif. Itulah beberapa manfaat sikap lilin untuk kesehatan, yang bisa kamu praktekkan setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Jika belum bisa melakukannya sendiri, ada baiknya melakukan dengan hati-hati dan minta bantuan yang sudah ahli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here