Manfaat-Kuning-Telur-Mentah

Haluannews.com – Telur merupakan salah satu makanan ekonomis yang padat nutrisi dan mudah ditemukan, selain itu telur juga mudah diolah menjadi berbagai makanan. Cara pengolahannya pun beragam, mulai dari digoreng, rebus, dipanggang, bahkan beberapa orang mengkonsumsinya dalam keadaan mentah. Telur memiliki 2 bagian, putih dan kuning telurnya yang masing-masing memiliki kandungan nutrisinya, pada kuning telur sendiri memiliki kandungan banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bagi pecinta kuning telur, berikut ini manfaat kuning telur mentah untuk kesehatan, salah satunya bisa meningkatkan kesuburan.

Manfaat Kuning Telur Mentah Yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat-Kuning-Telur-MentahKaya Akan Nutrisi Penting

Seperti yang diketahui kuning telur memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh, kuning telur juga merupakan salah satu bagian yang paling bernutrisi dari seluruh sel telur. Kandungan nutrisi kuning telur tergantung pada ukuran, asal dan pemrosesan telur dan juga spesies asalnya, kuning telur juga memiliki kandungan mineral yang penting seperti kalium, natrium, zink, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium dan dalam satu butir kuning telur sendiri memiliki kandungan seperti:

          0,10 gram gula

          0,61 gram karbohidrat

          184 kolesterol

          2,70 gram protein

          4,51 gram lemak

          55 kalori

Resiko Terkena Salmonela Kecil

Kebanyakan orang menghindari telur mentah karena khawatir dengan resiko terkontaminasi bakteri berbahaya, seperti salmonela. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, telur mentah sendiri beresiko memiliki kandungan bakteri salmonella yang bisa menyebabkan muntah, demam, diare, dank ram perut selama beberapa hari. Walaupun begitu, bukan artinya kita tidak bisa sama sekali mengkonsumsi telur mentah, hanya 1 dari 20 rubu telur yang mengandung salmonela yang artinya jika kamu mengkonsumsi lima butir telur mentah setiap harinya maka membutuhkan waktu sekitar sepuluh tahun untuk tertular salmonella sekali. Tapi kamu dapat meminimalkan resiko tertular salmonella dengan cara mendinginkan telur pada suhu 4 derajat Celcius atau lebih dingin agar telur tidak rusak.

Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Manfaat kuning telur mentah yang selanjutnya yaitu meningkatkan kadar kolesterik baik, hampir kebanyakan orang juga berpikir kalau kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Kolesterol sendiri sudah lama dikaitkan sebagai penyebab penyakit jantung yang sebenarnya tidak sepenuhnya benar, faktanya ada dua jenis kolesterol yaitu LDL dan HDL. LDL atau kolesterol jahat berbahaya untuk jantung, sedangkan HDL kolestrol yang baik untuk jantung, kuning telur sendiri penuh dengan keduajenis kolestrol ini. Dalam beberapa penelitian, sebanyak 28 laki-laki yang kelebihan berat badan atau obesitas diberikan pola makan protein tinggi, beberapa bahkan mengkonsumsi tiga telur sehari, sedangkan yang lainnya mengkonsumsi pengganti telur. Hasilnya kelompok yang makan telur mengalami peningkatan HDL.

Baik Untuk Rambut Dan Kulit

Yang selanjutnya kuning telur baik untuk rambut dan kulit, kuning telur sendiri kaya akan berbagai vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Hal ini karena di dalam kuning telur memiliki kandungan vitamin B-kompleks, D, dan E yang mampu mendorong pertumbuhan rambut yang sehat, kuning telur mentah dikenal sangat tinggi kandungan vitamin B yang dikenal baik untuk kesehatan kulit. Hal ini karena vitamin B memiliki peran dalam regenerasi sel yang dapat membuat kulit tampak lebih bercahaya dan lebih sehat tentunya.

Meningkatkan Kualitas Sperma

Manfaat kuning telur mentah yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kualitas sperma, bagi pasangan yang sedang menjalani program hamil, mengkonsumsi kuning telur akan membantu prosesnya. Mengkonsumsi kuning telur mentah setiap hari dapat membantu sperma bergerak lebih cepat dan lebih jantan, sehingga meningkatkan peluang untuk pembuahan. Makan satu kuning telur mentah setiap harinya juga mampu memenuhi 28 persen kebutuhan selenium harian, peningkatan asupan selenium ini sendiri bisa meningkatkan motilitas sperma. Tidak hanya itu saja, di dalam kuning telur juga memiliki kandungan vitamin B12 yang dapat meningkatkan kesuburan laki-laki, untuk satu butir kuning telur mentah sendiri memiliki kandungan sekitar seperenam dari nilai harian vitamin B12 yang sangat direkomendasikan untuk mendukung motilitas sperma.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here