Manfaat-Bungee-Jumping

haluannews.com – Bungee jumping merupakan salah satu aktivitas rekreasi yang penuh aksi dan melibatkan lompatan dari bangunan tinggi dengan tali elastis yang dipasangkan pada kaki. Pada tahun 1979 bungee jumping modern pertama kali dilaporkan dan sejak saat itu sangat populer, untuk melakukan kegiatan ini sendiri minimal usia 16 tahun dan tidak membutuhkan pengalaman untuk melakukanya. Yang utama, bungee jumping sendiri membutuhkan keberanian, ibu hamil, orang dengan gangguan darah tinggi dan masalah jantung tidak disarankan untuk mencobanya. Di samping itu ada banyak manfaat bungee jumping untuk kesehatan yang menarik untuk diketahui.

Manfaat Bungee Jumping Bagi Kesehatan, Menarik Diketahui!

 

Manfaat-Bungee-Jumping

  • Meningkatkan Kecerdasaan Emosional

Tahukah kamu melakukan bungee jumping mampu meningkatkan kecerdasan emosional, beberapa ilmu menunjukkan bahwa ketakutan dapat meningkatkan kecerdasan emosional dan kesejahteraan mental. Para atlet olahraga ekstrem memanfaatkan ketakutan mereka dan mampu mengubahnya jadi kinerja yang lebih baik lagi tentunya.

Seorang ahli mengatakan melakukan bungee jumping akan mengubah suasana hati dan membuat kamu menjadi tahan pada rasa sakit untuk sementara. Zat yang dilepaskan ke dalam aliran darah tidak hanya karena adrenalin namun juga termasuk 5HT yang merupakan zat yang distimulasi Prozac dalam tubuh, dan zat mirip morfin.

  • Melepas Stres Dan Kekhawatiran

Semua rasa khawatir dan tekanan eksternal akan hilang ketika melompat, sedikit adrenalin dapat menjadi hal yang baik tentunya, selama hal tersebut bukan aliran adrenalin yang bertahan lama. Hal itu bisa meningkatkan indra tubuh dan mirip suntikan bahan bakar jet, aktivitas menantang seperti bungee jumping ini tentunya dapat memacu adrenalin. Sebenarnya tubuh melepaskan adrenalin sebagai cara untuk melindungi diri, tubuh merasakan bahwa kamu dapat merasakan emosi yang meningkat.

Epinefrin yang dimaksudkan tersebut untuk melindungi tubuh dari hal yang berbahaya. Pelepasan adrenalin ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi mental, selain itu tidak hanya dapat menghilangkan rasa sakit, tapi juga dapat mengalihkan dari sensasinya. Dorongan adrenalin ini dapat meningkatkan kemampuan sehingga membuatmu seakan tidak terkalahkan, proses inilah yang dimaksudnya untuk mengatasi situasi yang dapat menyebabkan stres ekstrem.

Alasan kamu merasa lebih kuat selama adrenalin karena adanya reaksi kimia di dalam tubuh, yang mana adrenalin membuat pembuluh darah berkontraksi untuk mengarahkan darah pada kelompok otot utama, sehingga adrenalin mampu memompa lebih banyak darah ke jantung dan otot, efek ini dapat bertahan hingga satu jam saja setelah keluar dari situasi stres.

  • Menawarkan Interaksi Sosial

Manusia sendiri pada dasarnya merupakan makhluk sosial, bahkan bagi kamu yang introvert masih tetap membutuhkan beberapa tingkat sosialisasi untuk tetap menyesuaikan diri secara emosional. Dalam sebuah studi sendiri menemukan fakta bahwa sosialisasi sendiri sangat penting untuk fungsi kognitif, hal ini merupakan area lain yang mana olahraga ekstrem mendapatkan nilai yang tinggi karena sebagian besar kegiatan ini banyak dilakukan oleh orang lain.

  • Melatih Kemampuan Untuk Fokus

Melakukan olahraga ekstrem sendiri dapat mendorong seseorang ke batas fisik dan mental, ketika hal ini sedang terjadi maka mudah untuk seseorang kehilangan ketenangan dan menyebabkan kesalahan yang memiliki potensi berbahaya.

Individu yang secara teratur melakukan prestasi, seperti bungee jumping yang mana benar-benar mengalami perubahan susunan kimiawi pikiran. Saat ini terjadi, kamu akan lebih mampu untuk tetap tenang dan terpusat selama situasi sress, dengan kata lain olahraga ekstrim ini dapat melatih fokus kamu dan tentunya akan membuatnya jadi lebih baik.

  • Mengatasi Ketakutan

Manfaat lain dari melakukan bungee jumping selanjutnya yaitu dapat mengatasi ketakutan, seperti bagi kamu yang takut dengan ketinggian, takut dengan ruang terbuka, interaksi dengan orang lain dan yang lainnya.

Dengan melakukan olahraga ekstrim ini mampu membuatmu melawan ketakutan tersebut dalam diri, orang yang berpartisipasi dalam olahraga ini mampu mengubah ketakutannya jadi hal yang lebih positif. Mungkin banyak orang yang merasa takut ketika pertama kali mencoba melakukan aktivitas ekstrim, tapi jika berhasil melaluinya hal ini akan membantu diri saat mengurangi respon rasa takutmu.

  • Meningkatkan Kepercayaan Diri

Tahukah kamu dalam sebuah menemukan hubungan yang kuat antara olahraga ekstrem seperti bungee jumping ini efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri kepercayaan diri yang lebih tinggi? Tentunya hal ini tentunya masuk akal ketika memperimbangkan fakta kalau menyelesaikan tugas yang begitu menakutkan secara fisik atau mental merupakan sesuatu hal yang harus kamu banggakan.

Peningkatan rasa kepercayaan diri ini memiliki dampak positif pada aspek kehidupan yang mana olahraga ekstrim seperti bungee jumping ini menjadi sebuah kegiatan yang bagus untuk meningkatkan kepercayaan diri. Manfaat bungee jumping ini wajib diketahui oleh kamu yang selalu menurunkan kepercayaan diri di berbagai acara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here