Manfaat-Air-Kelapa

Haluannews.com – Suka mengkonsumsi air kelapa? Berikut ini manfaat air kelapa untuk tubuh yang wajib kamu ketahui. Air kelapa sendiri bisa jadi minuman yang menyegarkan di kala terik matahari yang begitu menyengat, tapi selain menyegarkan, air kelapa juga memiliki kandungan elektrolit yang tinggi. Tubuh memerlukan elektrolit yang bisa menjaga fungsi otot dan saraf, pertumbuhan tubuh yang normal, menjaga kesehatan jantung dan menjaga cairan tubuh yang bisa menjaga imunitas di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Tidak hanya itu saja, berikut ini beberapa manfaat lain dari ari kelapa.

Manfaat Air Kelapa Untuk Tubuh, Wajib Kamu Ketahui

Manfaat-Air-Kelapa

  1. Mengurangi Tekanan Darah Dan Resiko Terkena Stroke
    Mengkonsumsi air kelapa baik untuk mengurangi tekanan darah, air kelapa sendiri mengandung kalium yang tinggi dan natrium yang rendah. Bahkan satu cangkir air kelapa mengandung lebih banyak kalium dibandingkan buah pisang yang berukuran sedang, kandungan kalium yang tinggi dalam air kelapa bisa membantu mengurangi tekanan darah bahkan mampu mengurangi resiko terkena stroke. Tentunya pola nutrisi seimbang yang dilengkapi dengan air kelapa dan makanan kaya kalium akan bermanfaat juga untuk kesehatan jantung, di samping itu air kelapa juga bisa membantu meningkatkan kolestrol baik. 
  2. Bagus Untuk Sistem Pencernaan
    Manfaat air kelapa untuk tubuh yang selanjutnya yaitu bagus untuk sistem pencernaan, air kelapa sendiri memang sudah sejak lama dapat menjadi penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya orang yang terkena diare akan mengkonsumsi air kelapa, hal ini karena air kelapa mampu mengganti cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal, bahkan osmolaritas yang terkandung di dalamair kelapa lebih besar dibandingkan dengan Oral Rehydration Therapy yang direkomendasikan WHO sebagai obat untuk mengatasi diare. Selain itu kandungan natrium dan klorida yang rendah dan tinggi gula dan asam amino yang terdapat dalam air kelapa bermanfaat untuk mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi karena gangguan pencernaan. 
  3. Membantu Menetralisir Racun Di Dalam Tubuh
    Terkadang, saat kita membeli makanan atau minuman entah di pinggir jalan atau dimanapun itu, kita tidak melihat dengan baik bagaimana kondisi makanannya dan lain sebagainya. Hal ini membuat kita keracunan makanan, saat keracunan makanan sistem pencernaan juga bisa terganggu dan tubuh akan menjadi lemas, tapi tidak perlu khawatir karena salah satu cara yang bisa kamu lakukan dengan mudah yaitu mengkonsumsi air kelapa. Air kelapa sendiri memiliki kandungan tanin dan anti dotum yang dapat menetralisir racun di dalam tubuh, sejak zaman dahul air kelapa memangs udah dipercaya untuk mengatasi racun di dalam tubuh. 
  4. Membantu Rehidrasi Saat Sakit
    Manfaat air kelapa untuk tubuh yang selanjutnya yaitu membantu rehidrasi saat sakit, ketika sakit tentunya tubuh akan kehilangan banyak cairan, oleh karena itu untuk membantu proses hidrasi kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi air kelapa. Menurut seorang dokter, air kelapa sendiri dapat menyeimbangkan elektrolit yang lebih baik daripada air putih biasa, karena kemampuannya menyeimbangkan elektrolit¬† lebih baik dari pada air putih, kamu juga dapat mengkonsumsi air kelapa setelah melakukan vaksin. Minumlah air kelapa setelah vaksin agar tuuh terhidrasi dengan baik, selain itu air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C dan D yang fungsinya baik untuk menjaga kekebalan tubuh. 
  5. Menurunkan Berat Badan
    Siapa yang menyangka kalau mengkonsumsi air kelapa bisa membantu menurunkan berat badan. Tidak sedikit orang yang memiliki mengkonsumsi minuman kemasan yang manis untuk melepas dahaga, walaupun terasa menyegarkan, minuman kemasan seperti soda atau minuman bergula lainnya memilikki jumlah kalori yang cukup tinggi. Oleh karena itu jika kamu sedang berdiet, sebaiknya konsumsi air kelapa yang memiliki kandungan lemak, kadar gula dan kalori yang rendah, sehingga air kelapa ini bisa menggantikan minuman manis yang sering kamu konsumsi. 
  6. Bisa Bikin Awet Muda
    Manfaat air kelapa untuk tubuh yang selanjutnya yaitu bisa membuat kamu lebih awet muda, air kelapa memang kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan, kandungan lemak jenuh atau asam laurat yang ada pada air kelapa sangat diperlukan untuk tubuh agar bisa membantu proses regulasi dan pembentukan sel kulit. Sehingga hal ini akan membantu menghambat terjadinya penuaan pada kulit wajah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here