Menjaga-Kesehatan-Hati

haluannews.com – Organ hati atau liver memiliki banyak fungsi dalam tubuh, salah satunya menetralkan racun. Agar hati tetap berfungsi dengan maksimal, maka sangat penting untuk menjaga kesehatannya, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan organ hati, tidak hanya dengan berolahraga saja. Salah satu cara menjaga kesehatan hati yaitu dengan menghindari hal yang dapat merusak kesehatan hati, misalnya menghindari yang mengandung lemak trans, tidak hanya itu ada juga makanan yang baik untuk kesehatan organ hati. Berikut ini makanan untuk menjaga kesehatan organ hati yang wajib jadi menu makan sehari-hari.

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Hati yang Wajib Dikonsumsi

Ikan Berlemak

Makanan pertama yang baik kamu konsumsi secara rutin yaitu ikan berlemak, tidak hanya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Mengkonsumsi ikan berlemak juga ternyata baik untuk kesehatan hati, hal ini karena ikan berlemak mengandung asam lemak omega 3 yang merupakan lemak yang baik. Sehingga dapat mengurangi inflamasi atau peradangan.

Kandungan ini dapat membantu mencegah penumpukan lemak pada hati sehingga akan membuat hati lebih sehat, contoh ikan berlemak yang bisa kamu konsumsi yaitu ikan kembung, salmon, tuna, sarden dan lainnya yang memiliki kandungan asam lemak omega 3. Jika tidak dapat mengkonsumsi ikan, kamu bisa menggunakan suplemen minyak ikan yang mengandung asam lemak omega 3 sesuai dengan saran dari dokter.

Buah Beri

Makanan untuk menjaga kesehatan hati yang selanjutnya yaitu buah beri, dari sekian banyak buah yang memiliki kandungan nutrisi dan vitamin. Buah beri jadi salah satu buah yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung, buah beri sendiri memiliki kandungan antioksidan yaitu polifenol.

Kandungan polifenol ini diperkirakan memiliki efek proteksi pada hati sehingga dapat mencegah kerusakan, contoh buah beri yang dapat kamu coba yaitu rasberi atau bluberi, sebagai alternatif lainnya, kamu dapat mencoba coklat hitam yang juga kaya akan kandungan polifenil yang baik untuk kesehatan tubuh.

Oatmeal

Sepertinya sudah banyak yang mengetahui kalau oatmeal merupakan salah satu makanan yang baik untuk kesehatan hati. Mengkonsumsi oatmeal selain dapat membantu mengurangi berat badan juga dapat membantu mengurangi lemak pada perut sehingga mampu menyehatkan organ hati.

Gandum utuh seperti oatmeal kaya akan kandungan serat sehingga bisa membantu mengurangi resiko perlemakan hati, dalam sebuah studi menyebutkan makanan serat tinggi seperti oatmeal bagi mereka yang mengalami perlemakan hati non-alkohol dan mengurangi kadar trigliserida.

Kamu bisa rutin mengkonsumsi oatmeal di pagi hari, selain menyehatkan makanan ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh serta lebih lama mengenyangkan. Agar rasanya tidak hambar kamu bisa campurkan dengan buah, makanan asin dan yang lainnya sesuai selera.

Kacang-Kacangan

Makanan untuk menjaga kesehatan organ hati yang selanjutnya yaitu kacang-kacangan seperti walnut yang jadi salah satu makanan yang baik untuk kesehatan hati. Hal ini karena kacang-kacangan memiliki kandungan vitamin E, asam lemak tak jenuh, dan juga antioksidan. Tidak hanya itu saja, kacang-kacangan seperti walnut juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6 yang sama baiknya seperti antioksidan.

Ada berbagai kandungan yang dimiliki kacang tersebut mampu membantu mengurangi inflamasi pada hati dan membantu mencegah penyakit perlemakan hati non-alkohol, selain itu kamu juga bisa mencoba kacang almond sebagai cemilan saat senggang atau menambahkannya pada oatmeal, wajib jadi menu sehari-hari!

Kopi

Dan minuman yang berbahaya untuk kesehatan organ hati yaitu kopi. Bagi penggemar kopi hal ini merupakan kabar baik, kopi memang dikenal mampu menjaga kesehatan organ hati. Namun jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat dan tidak berlebihan, dalam sebuat studi menjelaskan bahwa efek proteksi kopi mempengaruhi enzim hati.

Tidak hanya itu saja, kopi juga mampu mengurangi penumpukan lemak yang terjadi pada hati sehingga akan menambah manfaat kopi pada kesehatan hati. Kandungan antioksidan yang dimiliki kopi juga mampu melindungi dan menjaga kesehatan hati.

Bahkan, telah ditemukan bahwa beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa kopi juga bermanfaat untuk membantu mengurangi resiko kanker hati. Agar mendapatkan hasil yang terbaik, sebaiknya mengkonsumsi kopi dengan takaran yang pas dan tanpa gula tambahan agar lebih sehat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here