Makanan-Khas-Lampung

Haluannews.com – Makanan khas Lampung ini memang banyak sekali yang terkenal, betul? Makanan apa saja yang kamu tahu dari Lampung? Lampung sendiri memang populer akan kota penghasil makanan khas paling enak Maka dari itu jika berkunjung kesana sangat disayangkan sekali. Mencicipi hidangan yang lezat asli Lampung alias khas merupakan kewajiban para pelancong. Kenapa wajib mencicipi makanan disana? 

Karena kamu yang sudah pernah sekali mencicipi menu tertentu pasti rasanya akan terus terngiang-ngiang bahkan banyak sekali yang kembali lagi ke Lampung hanya untuk mencicipi cita rasa makanan khas disana. Berbagai olahan dengan nama yang mungkin asing buat kamu, tetapi setelah menjajalnya kamu bakal menyantapnya terus menerus rupanya. Mulai dari lauk untuk temani makan bersama nasi hangat sampai kudapan manis yang cocok di lidah orang Indonesia. Langsung saja kalau begitu cari tahu beberapa jenis makananya yang populer dan wajib kamu cicipi seperti dibawah ini.

Jenis Makanan Khas Lampung yang Rasanya Bikin Kamu Jadi Kangen Terus

Makanan-Khas-Lampung
Seruit

Seruit ini merupakan salah satu makanan khas Lampung yang wajib dan sangat disayangkan jika dilewatkan. Makanan ini sering sekali dihidangkan ketika ada acara keluarga, pernikahan dan upacara adat serta upacara keagamaan, Sementara itu, seruit ini juga sering sekali dijadikan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Pepadun. Setuit ini merupakan makanan terbuat dari olahan ikan bakar yang di mix dengan berbagai sambal terasi khas Bandar Lampung seperti Tempoyak atau menambahkan buah mangga atau nanas. Pada dasarnya ikan yang digunakan untuk membuat Seruit ini sangat beragam namun sering sekali digunakan ikan lais dan lainnya.

Makanan-Khas-Lampung
Tempoyang

Tempoyang olahan dari durian juga? Jika ia maka kamu patut untuk mencoba dengan olahan khas lampung yang menggunakan bahan dasar buah durian yang sudah di fermentasikan. Untuk proses pembuatan tempotang juga sangat mudah karena dengan cara menyiapkan daging durian tidak memiliki kandungan air yang banyak, supaya bisa lezat ada baiknya mencari durian yang baik dan sudah benar-benar matang, Setelah itu pisahkan daging dengan bijinya tidak lupa tambahkan sedikit garam. Selanjutnya, kamu bisa tambahkan cabe rawit sejujurnya jika semuanya sudah bisa dilakukan maka anda ini bisa menyimpan di tempat yang tertutup atau juga bisa dimasukkan kedalam kulkas. Hal oiji tentu bahkan bisa percepat fermentasi tempoyang. Bagi kamu yang ingin membuat sambal maka campurkan bawang merah dan putih, cabe dan potong kecil atau haluskan merata. 

Makanan-Khas-Lampung
Geguduh

Bagi kamu yang menyukai makanan dengan cita rasa manis, maka perlu coba makanan khas Bandar Lampung ini. Gaduh ini merupakan salah satu makanan yang sejenis dengan kue dan terbuat dari pisang yang sudah dihaluskan Gegadu ini biasanya disajikan untuk tamu dan keluarga atau saat sedang berada di acara keluarga. Dalam proses pembuatannya juga dibutuhakan bahan yang mudah seperti Tepung dan susu, kemudahan pisang yang diaduk hingga merata dan tahap ini bisa memasukan selai di dalamnya lalu goreng adonan hingga matang merata.

Makanan-Khas-Lampung
Gulai Taboh

Siapa yang pernah mencicipi Gulai Taboh? Gulai taboh ini merupakan makanan yang memiliki cita rasa unik. Gulai ini biasanya terbuat dari ubi-ubian dan kacang. Proses pembuatan gula nya sangat mudah hanya dengan campurkan santan dengan kacang hijau atau kacang lainnya. Bisa juga di campurkan dengan terong dan kentang dalam masakan satu ini. Ketika ingin membuat rasa berbeda maka coba untuk gunakan daun sirih sebagai perlangkap atau terasi kedalam bumbunya, Dengan adanya perpaduan antara ubi dan terasi membuat makanan ini terasa semakin lezat di lidah apalagi ditemani dengan nasi hangat.

Makanan-Khas-Lampung
Engkak

Engkak merupakan makanan khas Lampung yang memiliki rasa termanis. Bahan utamanya yakni telur dan mentega dan dihaluskan menjadi sebuah tekstur yang sangat lembek. Engkak ini sangat cocok memang ketika disantap sebagai makanan ringan atau saat saraan, Bahannya pun sangat mudah ditemukan dan mudah dibuat karena dengan pencampuran bahan  gula pasir, tepung ketan putih, telur ayam, susu kental manis, santan serta mentega. Selanjutnya semua bahan itu bisa dicampurkan menjadi satu dan diaduk sampai merata setelahnya masukan adonan kedalam loyang yang dioleskan mentah dan bisa langsung memegangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here