Makanan-Khas-Indonesia

haluannews.com – Seperti yang diketahui Indonesia memiliki berbagai makanan khas yang cita rasanya mampu memanjakan lidah siapapun yang mencicipinya. Mulai dari cita rasa manis, gurih, hingga pedas, rasa pedas dari sambal menjadi salah satu rasa paling familiar bagi lidah orang Indonesia, tidak selalu sambal terasi saja yang sangat populer, ada juga sambal kacang yang gak kalah enak. Sambal kacang memasukan rasa gurih pedas dari perpaduan kacang tanah goreng, gula merah, cabai, gula dan asam jawa. Bagi pecinta makanan dengan bumbu sambal kacang, berikut ini makanan khas Indonesia berbumbu sambal kacang yang terkenal lezat.

Makanan Khas Indonesia Dengan Sambal Kacang, Rasanya Bikin Ketagihan!

 

Gado-Gado

Siapa yang tidak mengenal makanan Indonesia yang satu ini, gado-gado merupakan salah satu hidangan yang disajikan dengan bumbu kacang dan sudah sangat populer hingga ke kancah internasional. Kuliner khas Betawi ini menjadi salah satu kuliner yang menyehatkan, gado-gado terdiri dari sayuran rebus yang dicampur bersama dengan ulekan sambal kacang kemudian diberi pelengkap ketupat, bawang goreng dan kerupuk.

Makanan ini tidak hanya menawarkan rasa yang lezat dan bikin siapapun yang mencicipi pasti ketagihan, gado-gado juga bisa jadi menu sarapan atau makan siang, makanan ini sendiri sangat mudah ditemukan, tapi pastinya setiap warung memiliki rasa yang berbeda-beda. Kalau pengen rasanya sesuai dengan lidahmu, gak ada salahnya kamu buat sendiri di rumah.

 

Cilok

Makanan khas Indonesia yang dibumbui dengan sambal kacang yaitu cilok, jajanan khas Bandung ini memiliki rasa yang juara berkat diberikan tambahan sambal kacang. Makanan ini bisa dibilang sebagai cemilan merakyat, cilok sendiri terbuat dari tepung tapioka berbumbu yang dibentuk bulat kecil kemudian direbus hingga matang.

Setelah matang cilok siap untuk disajikan bersama pelengkap sambal kacang. Teksturnya kenyal dipadu dengan rasa pedas gurih, bisa juga di dalam cilok diberi isian agar kenikmatannya semakin terasa, jajanan ini selalu jadi jajanan favorit banyak orang. Gak harus selalu beli, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, karena membuat cilok sangat mudah.

 

Karedok

Hidangan yang satu ini hampir mirip dengan gado-gado, kalau gado-gado merupakan salah satu makanan khas Betawi, yang kali ini merupakan makanan khas Sunda. Walaupun sekilas mirip, tapi cara pembuatan hingga cita rasanya sangat berbeda.

Karedok sendiri terdiri dari sayuran mentah lalu dipadukan dengan bumbu sambal kacang dan kencur. Terdapat sensasi pedas gurih menghangatkan dari perpaduan kencur, karedok dinikmati dengan tambahan kerupuk serta taburan bawang goreng, kamu tim gado-gado atau lebih suka karedok?

 

Rujak

Makanan khas Indonesia yang dibumbui dengan sambal kacang yaitu rujak, rasa makanan ini sangat menyegarkan dengan perpaduan kesegaran dari berbagai jenis buah-buahan. Rujak paling cocok dinikmati saat cuaca sedang panas terik, dalam pembuatannya, ada berbagai macam buah yang biasa digunakan seperti mangga, jambu, ubi, bengkuang, nanas, kedondong, dan juga mentimun.

Hidangan ini mengkombinasikan cita rasa pedas yang menyegarkan dengan sensasi manis asam buah, rujak sendiri jadi salah satu makanan yang banyak digemari semua kalangan masyarakat di Indonesia. Apalagi dinikmati saat siang hari dijamin seger banget dan membangkitkan semangat, cara buat hidangan ini sendiri sangat mudah, jadi kamu gak harus selalu beli.

 

Nasi Pecel.

Dan terakhir, makanan khas Tanah Air berbumbu sambal kacang yang wajib kamu coba, yaitu nasi pecel. Tidak hanya karedok yang memiliki tampilan mirip seperti gado-gado. Tapi ada juga makanan khas Tanah Air, yaitu nasi pecel yang sangat populer dan gak kalah enak tentunya. Pecel sendiri sangat populer sebagai menu sarapan bagi warga yang bermukim di kawasan Jawa Timur, Yogyakarta, dan Jawa Tengah, hidangan ini terdiri dari sayuran rebus yang berpadu cita rasa pedas sambal kacang.

Biasanya nasi pecel dilengkapi perkedel, gorengan, rempeyek, dan tidak lupa juga kerupuk putih, isian porsinya sangat melimpah, di daerah yang sudah disebutkan di atas, nasi pecel ini jadi salah satu opsi menu sarapan murah dengan cita rasa bintang lima. Buat kamu yang bingung pengen sarapan apa, mungkin makanan khas Indonesia nasi pecel bisa jadi pilihan tepat untuk jadi sarapan kamu, terlebih lagi hidangan yang satu ini memiliki harga terjangkau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here