Makanan Khas Bangka Belitung

haluannews.com – Makanan khas Bangka Belitung memiliki rasa yang tidak kalah lezat dari makanan lainnya. Bangka Belitung sendiri dikenal sebagai salah satu pulau yang memiliki keindahan alam yang luar biasa, hampir setiap pantainya menyuguhkan keindahan yang memanjakan mata para wisatawannya, namun para wisatawan tentunya tidak hanya ingin memanjakan mata tapi juga ingin memanjakan lidah dengan kuliner khas yang ada di Bangka. Dari sekian banyak makanan di Bangka, banyak wisatawan yang justru mencari olahan mie khas Bangka yang memiliki rasa unik dan lezat.

Olahan mie setiap daerah memang berbeda beda dari segi rasa dan mie yang digunakan, begitupun dengan Bangka yang memiliki banyak hidangan mie. Jika kamu berkesempatan mengunjungi Bangka Belitung, jangan lupa untuk mencicipi berbagai kuliner mie khas Bangka yang lezat, berikut ini olahan mie Bangka yang wajib kamu cicipi.

Makanan Khas Bangka Belitung Berbahan Dasar Mie Paling Lezat

 

Makanan Khas Bangka Belitung
Lakso

Makanan dari Bangka Belitung pertama yang terbuat dari mie yaitu lakso atau lakse, hidangan ini terinspirasi dari spaghetti. Bentuk hidangan ini sangat unik dengan mie yang tebal dan dibentuk buntel buntel sebelum disantap, orang Melayu yang pertama kali memperkenalkan makanan ini. Namun hidangan ini dikembangkan oleh orang Tionghoa. Biasanya mie lezat yang satu ini dinikmati bersama dengan kuah sup gangan, beserta dengan kerupuk dan tentunya jangan lupa sambal agar menambah rasa pedas.

Makanan Khas Bangka Belitung
Pantiaw

Makanan khas Bangka Belitung yang selanjutnya yaitu pantiaw, mie yang satu ini hampir mirip dengan kwetiau. Pantiaw memiliki bentuk mie yang pipih seperti kwetiau namun disajikan dengan cara yang berbeda, bahan untuk membuat mie kenyal yang satu ini menggunakan tepung beras atau tepung gandum. Masyarakat Bangka biasanya menyajikan pantiaw dengan bumbu yang terbuat dari ikan giling dan dituang ke atas mie, biasanya pantiaw dimakan kering atau bisa juga menggunakan kuah bakwan rebus. Jika kamu berkesempatan berkunjung ke Bangka Belitung, jangan lupa mencicipi kuliner yang satu ini.

Makanan Khas Bangka Belitung
Mie Koba

Dari segi tampilannya, mie koba sendiri sebenarnya hampir mirip dengan mie kuah atau mie ayam, namun ternyata mie kuah dari mie koba ini menggunakan olahan ikan tenggiri dengan rasa yang gurih dan sangat lezat. Mie koba disajikan dengan bahan pelengkap seperti bawang goreng, telur, perasan jeruk nipis, kerupukĀ  dan sambal, bahkan kamu dapat dengan mudah menemukan mie koba di warung warung yang ada di Bangka Belitung. Mie koba juga menjadi salah satu mie yang paling banyak dicari wisatawan yang berkunjung ke Bangka Belitung, buat kamu yang sedang berlibur ke Bangka jangan lewatkan olahan yang satu ini ya!

Makanan Khas Bangka Belitung
Mie Belitung

Makanan khas Bangka Belitung selanjutnya tidak kalah lezat dari mie mie sebelumnya, mie Belitung ini merupakan sajian mie paling favorit di Bangka Belitung dan menjadi mie yang paling banyak dicari wisatawan karena menawarkan rasa yang sangat lezat. Sajian ini menggunakan bahan dasar mie kuning yang disiram dengan kuah kaldu, yang membuat rasanya semakin lezat yaitu penggunaan kuah kaldu. Mie Belitung menggunakan kuah kaldu udang yang dicampurkan dengan rempah rempah seperti bawang putih, bawang merah, merica dan jahe, untuk menambah cita rasa agar semakin nikmat biasanya mie Belitung diberikan tambahan potongan udang kecil, taburan emping dan kentang rebus. Siapapun yang mencobanya pasti ketagihan.

Makanan Khas Bangka Belitung
Mie Ayam Bangka

Mie ayam Bangka menjadi salah satu mie yang paling populer di berbagai daerah, kamu pun tentunya sudah tidak asing dengan mie yang satu ini. Walaupun sering disamakan dengan mie ayam pada umumnya, sebenarnya mie ayam Bangka memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya berbeda dari mie ayam pada umumnya, mie yang digunakan memiliki tekstur yang lebih kenyal dan ditambahkan tauge untuk menambah cita rasanya. Saat kamu berkunjung ke Bangka, akan ada banyak warung yang menjual mie ayam Bangka dan bahkan kamu bisa menemukannya di berbagai daerah di Indonesia, soal rasa tidak perlu diragukan lagi, pasti bikin kamu ketagihan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here