Makanan-Kaya-Akan-Kolagen

haluannews.com – Kamu pasti pernah mendengar kolagen bukan? Kolagen memiliki manfaat agar tubuh bisa tersambung dan terikat satu sama lain sehingga menjadi kuat dan elastis. Kolagen sendiri merupakan protein utama sebagai fondasi kulit, tulang, otot dan jaringan ikat, kolagen juga membantu mengganti dan memulihkan sel-sel kulit mati, termasuk dalam memelihara kekencangan kulit agar tidak keriput. Tapi sayangnya produksi kolagen alami dalam tubuh akan semakin menurun seiring bertambahnya usia, sehingga menyebabkan elastisitas otot berkurang dan munculnya keriput. Tapi tidak perlu khawatir, karena berikut ini ada beberapa makanan kaya akan kolagen yang bisa kamu konsumsi.

Makanan Kaya Akan Kolagen Yang Wajib Rutin Dikonsumsi

Makanan-Kaya-Akan-Kolagen
Ikan

Yang pertama yaitu ikan, jika dibandingkan dengan kolagen dari sumber hewani yang lainnya, kolagen peptida pada ikan lebih mudah diserap oleh tubuh karena memiliki ukuran molekul yang lebih kecil. Kolagen ini banyak terkandung di bagian kulit ikan dan fungsinya tidak hanya mempertahankan kelenturan kulit, namun juga menambah kepadatan mineral tulang dan mencegah inflamasi pada penderita osteoartritis. Ikan salmon, makarel dan tuna merupakan beberapa jenis ikan yang paling banyak mengandung kolagen, jadi kalau mau kulit kencang dan awet muda, jangan lewatkan mengkonsumsi ikan setiap harinya, kamu bisa mengolahnya dengan berbagai cara seperti di rebus, goreng maupun bakar.

Makanan-Kaya-Akan-Kolagen
Sayuran Berwarna Merah

Makanan kaya akan kolagen yang selanjutnya wajib kamu konsumsi secara rutin yaitu sayuran yang berwarna merah, wajib kamu ketahui kalau sayuran yang memiliki warna merah kaya akan kandungan likopen dan antioksidan yang fungsinya untuk mendongkrak produksi kolagen. Sayuran berwarna merah seperti paprika, tomat merah, kubis merah, lobak merah, atau cabai merah merupakan beberapa sayuran yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, pigmen merah pada sayuran ini juga memiliki kandungan antosianin yang dapat melindungi kulit dan merangsang pertumbuhan rambut, beberapa jenis sayuran berwarna merah ini memang sudah sering kita jumpai setiap harinya. Agar lebih sehat bisa konsumsi secara langsung, seperti misalnya tomat merah yang tidak diolah, kubis merah yang dijadikan salad dan berbagai kreasi makanan lainnya.

Makanan-Kaya-Akan-Kolagen
Sayuran Hijau

Tidak hanya sayuran berwarna merah saja yang baik dikonsumsi secara rutin, sayuran berwarna hijau juga tidak kalah bermanfaat dan wajib jadi menu harian kamu.  Ada banyak pilihan sayuran berwarna hijau yang mengandung zat yang dapat membantu produksi kolagen, kamu bisa memasukkan bayam, kubis, brokoli dan daun kale dalam menu harian kamu, tidak hanya mampu memicu produksi kolagen. Sayuran berwarna hijau juga mampu meningkatkan elastisitas, menghidrasi kulit atau memerangi keriput, sayuran hijau juga kaya akan vitamin A dan C yang dibutuhkan oleh tubuh, tentunya kandungan yang terdapat di dalam sayuran hijau akan lebih baik jika dikonsumsi secara langsung atau tidak di olah terlalu matang, kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai olahan. Bisa di jadikan jus atau masakan simpel tapi enak.

Makanan-Kaya-Akan-Kolagen
Kaldu Tulang Sapi Atau Ayam

Makanan kaya akan kolagen yang selanjutnya sering dijumpai dan banyak disukai yaitu kaldu tulang sapi atau ayam, kedua hewan ini mengandung gelatin yang baik untuk asupan kolagen harian, kaldu yang harus kamu konsumsi kaldu alami bukan dalam bentuk kemasan apalagi dalam bentuk kaldu bubuk. Cara untuk mendapatkan kaldu tulang ini sangat mudah, pertama rebus tulang dan jaringan ikat sapi atau ayam, untuk mendapatkan ekstrak kolagen dan mineral dari gelatinnya, kamu bisa melakukan perebusan dalam waktu yang cukup lama hingga kaldu tersebut mengental. Manfaat dari kaldu ini tidak hanya meningkatkan kualitas kulit dan rambut, kolagen pada gelatin juga mampu memperkuat ikatan antartulang, sendi, dan juga kuku. Gelatin yang berasal dari protein hewani ini selain mudah membuatnya, mudah juga di cerna oleh tubuh, oleh karena itu rutinlah mengkonsumsi tulang sapi atau ayam untuk meningkatkan produksi kolagen.

Makanan-Kaya-Akan-Kolagen
Kedelai

Yang selanjutnya yaitu kedelai, seperti yang diketahui kalau kedelai memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan maupun kulit. Kacang-kacangan yang satu ini juga bisa jadi sumber kolagen yang baik karena kaya akan protein dan lisin, tidak hanya itu, kedelai juga mengandung hormon tumbungan genistein yang dapat meningkatkan kolagen di dalam tubuh, menguatkan kulit dan hambatan penuaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here