Life-skill-paling-penting

haluannews.com – Berikut ini ada beberapa life skill paling penting yang harus dikuasai oleh kaum milenial, kebanyakan orang mungkin sudah sering mendengar tentang hard skill maupun soft skills. Diantara kedua skill tersebut ada salah satu skill yang jarang sekali disebutkan tapi setiap orang wajib mempelajari bahkan memiliki skill yang satu ini, yaitu life skill atau keterampilan hidup yang merupakan kemampuan seseorang berinteraksi dan beradaptasi dengan orang lain. Lalu apa saja life skill yang penting dikuasai dalam kehidupan? Berikut ini jawabannya.

Life Skill Paling Penting Yang Wajib DikuasaiLife-skill-paling-penting

  1. Kesadaran Diri
    Yang pertama yaitu kesadaran diri, skill yang satu ini harus ada pada urutan pertama di daftar Life Skill yang wajib kamu miliki. Dengan memiliki kecakapan hidup kesadaran diri, bisa membantu kita untuk memahami perilaku, sifat dan perasaan diri sendiri. Sehingga kamu bisa tahu apa yang diri kamu dan kemana tujuan hidup yang akan kamu tentukan, dengan kesadaran diri ini juga akan membuat kamu bisa memahami tentang orang lain. Jika kamu saja sudah bisa sadar dengan diri sendiri, maka kamu dapat lebih mudah memahami seseorang.
  2. Membuat Keputusan
    Life skill paling penting yang selanjutnya dalam kehidupan yaitu membuat keputusan, dalam kehidupan pastinya semua orang akan membuat keputusan untuk sesuatu. Kemampuan ini merupakan proses memilih sebuah pilihan diantara beberapa pilihan alternatif, kemampuan dasar yang satu ini ada kaitannya dengan beberapa skill yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin. Sebagai pemimpin memang harus pandai membuat keputusan yang tepat agar kedepannya tidak salah melangkah, jika sudah paham mengenai skill dasar ini. Nantinya ketika sedang ada kondisi tertentu akan sangat mudah bagi kamu untuk mengambil keputusan cepat dan tepat.
  3. Pemecahan Masalah
    Skil selanjutnya yang wajib kamu kuasai yaitu pemecahan masalah, sejak masih kecil pastinya kita sudah diajarkan untuk memecahkan masalah. Seperti pemecah masalah dalam pelajaran, ketika sudah beranjak dewasa pemecahan masalah yang harus dilakukan bukan hanya perkara mata pelajaran saja, bahkan jauh lebih rumit dan lebih kompleks. Semakin kita dewasa akan semakin sulit lagi masalah kehidupan yang akan kita hadapi, jika sudah terbiasa atau sudah pandai untuk memecahkan masalah dengan tenang dan bijak. Pastinya akan mudah bagi kamu kedepannya jika memiliki masalah yang kompleks.
  4. Manajemen Waktu
    Life skill paling penting yang selanjutnya dalam kehidupan yaitu Manajemen Waktu, dalam kehidupan mengatur waktu sangat penting. Life skill yang satu ini membutuhkan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan produktivitas pada waktu, skil yang satu ini memiliki kaitan yang erat dengan produktivitas kita dalam menjalani hal yang sedang dikerjakan. Jika sudah pandai mengatur waktu, pastinya hidup kamu juga akan lebih teratur dan lebih disiplin, sayangnya kaum milenial masih sedikit kesulitan untuk mengatur waktunya sendiri, namun tidak ada kata terlambat jika ingin berubah menjadi lebih baik.
  5. Fokus Dan Prioritas
    Dengan menetapkan prioritas, kita menjadi fokus dengan tujuan yang akan dicapai, sehingga waktu milikmu tidak terbuang sia-sia untuk hal yang sebenarnya kurang bermanfaat untuk kehidupan kamu. Jadi mulai dari sekarang kamu bisa menentukan mana yang perlu kamu kerjakan duluan atau bisa ditunda, jika sudah terbiasa dengan hal seperti ini tentunya akan sangat mudah kedepannya untuk mau fokus dengan apa yang ingin kamu tuju atau yang ingin kamu dapatkan. Jika sudah mulai malas, coba ingat lagi apa yang kamu inginkan agar bisa kembali fokus pada hal yang sedang kamu lakukan.
  6. Kemampuan Berkomunikasi
    Life skill paling penting yang selanjutnya dalam kehidupan yaitu kemampuan dalam komunikasi, skill dasar yang satu ini sepertinya wajib dimiliki semua orang. Skill ini berkaitan dengan mengekspresikan pikiran, perasaan, keinginan , melalui verbal maupun nonverbal, jika kamu menguasai kemampuan ini, kamu akan mudah bertukar pikiran dan berkomunikasi dengan orang. Pandai berkomunikasi juga cukup penting dalam dunia kerja, jadi jangan sia-siakan skill yang satu ini untuk hal baik di masa depan.
  7. Mengatur Keuangan Pribadi
    Life Skill yang satu ini masih cukup sulit bagi beberapa orang, life skill ini menuntut kamu untuk melakukan kegiatan perencanaan, pengelolaan, penyimpanan, dan pengendalian dana yang kamu miliki. Dalam artian dengan skill yang satu ini kamu dapat memperkirakan dana apa saja yang akan kamu butuhkan atau sebenarnya hanya keinginan semata saja. Terlebih lagi ketika kamu sudah memiliki uang, boros dengan pembelaan “self reward” akan membuat keuangan kamu berantakan, kaum milenial jaman sekarang masih cukup banyak yang tidak bisa membedakan mana yang dibutuhkan dan mana yang sebenarnya masih dapat ditunda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here