Kuliner-Nusantara-Untuk-Vegetarian

Haluannews.com – Semua masyarakat Indonesia pasti setuju kalau kuliner nusantara memang sangat beragam dan semua makananya memiliki rasa yang lezat. Tidak hanya terbuat dari daging saja, makanan nusantara juga banyak yang terbuat dari sayur-sayuran atau protein nabati, di Indonesia sendiri tidak semua orang mengkonsumsi daging-dagingan dan tidak sedikit juga orang yang merupakan vegetarian. Oleh karena itu bagi kamu yang sedang menjalani hidup sehat dengan menjadi vegetarian atau kamu yang memang sejak lama tidak mengkonsumsi daging, berikut ini ada beberapa pilihan kuliner nusantara untuk vegetarian yang rasanya lezat.

Kuliner Nusantara Untuk Vegetarian Paling Populer & Terenak

Kuliner-Nusantara-Untuk-Vegetarian
Tempe Orek

Siapa yang tidak mengenal tempe orek, makanan yang satu ini sendiri sering muncul sebagai menu untuk berbagai acara di Indonesia, tapi menu yang satu ini juga sering jadi menu andalan di rumah-rumah. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari tempe yang sudah dipotong kecil-kecil berbentuk kubus dan kemudian akan digoreng terlebih dahulu, setelah itu akan dimasak dengan kecap manis dan bahan-bahan yang lainnya seperti bawang merah, cabai, bawang putih, daun jeruk purut, lengkuas, air asam jawa dan gula jawa. Biasanya makanan ini juga umum dijadikan lauk yang didampingi dengan nasi hangat, tempe orek dapat menjadi lauk dari nasi uduk yang bisa dinikmati bersama dengan mi bihun, telur bumbu bali dan juga buncis.

Kuliner-Nusantara-Untuk-Vegetarian
Pepes Tahu

Kuliner nusantara untuk vegetarian yang selanjutnya yaitu pepes tahu, biasanya makanan yang satu ini digunakan sebagai lauk yang disantap dengan nasi hangat. Makanan ini juga terbuat dari tahu yang dibumbui, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan akan dikukus, dalam proses pembuatannya, bahan yang diperlukan yaitu tahu, daun pisang, daun bawang, bawang merah, bawang putih, gula, garam, dan cabai rawit. Tidak hanya dikukus saja, makanan ini juga bisa dipanggang untuk menambahkan cita rasa yang khas, beberapa orang biasanya menambahkan bahan lain seperti jengkol dan tomat, bahkan ada yang menambahkan telur rebus, kamu bisa membuat kreasi mu sendiri.

Kuliner-Nusantara-Untuk-Vegetarian
Tempe Bacem

Yang selanjutnya yaitu tempe bacem yang rasanya tidak kalah enak dengan tempe orek, sesuai dengan namanya tempe bacem menggunakan tempe sebagai bahan utama pembuatannya. Dalam proses pembuatannya, tempe akan direndam dalam santan, lengkuas dan daun salam, kemudian tempe akan direbus bersama dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, gula aren, dan asam jawa. Setelah itu tempe akan digoreng dengan minyak panas, tapi jangan terlalu matang karena teksturnya akan jadi kering atau renyah. Makanan ini bisa kamu makan dengan cabai pedas atau nasi hangat, sudah enak gampang pula buatnya dan yang pasti sehat juga!

Kuliner-Nusantara-Untuk-Vegetarian
Terong Balado

Kuliner nusantara untuk vegetarian yang selanjutnya yaitu terong balado, sepertinya makanan yang satu ini sudah banyak dikenal dan jadi salah satu hidangan yang tidak boleh terlewatkan. Makanan ini terkenal karena kelezatannya yang membuat siapapun yang mencicipi pasti ketagihan, terong balado terbuat dari campuran terong dan saus cabai pedas yang disebut dengan balado. Biasanya terong yang digunakan yaitu terong China karena memiliki tekstur yang lebih lembut dari terong biasanya. Cara pembuatannya juga cukup mudah, pertama yaitu terong dipotong-potong, kemudian digoreng, kemudian ditumis dengan saus balado. Untuk pembuatan bumbu balado, bahan-bahan yang harus kamu siapkan yaitu kombinasi cabai merah, bawang merah, gula aren, air asam jawa, bawang putih, dan garam, campuran semua bumbu dengan terong, dan sajikan dengan nasi hangat, menu makanan yang satu ini cocok banget buat kamu yang lagi diet atau jika kamu vegetarian.

Kuliner-Nusantara-Untuk-Vegetarian
Singkong Goreng

Yang selanjutnya yaitu singkong goreng, siapa yang tidak kenal dengan hidangan yang satu ini. Untuk membuat singkong goreng sendiri cukup mudah, pertama singkong akan dicampurkan dengan berbagai bumbu seperti garam, bawang putih, ketumbar, minyak, dan air. Kemudian cara pembuatannya yaitu singkong diiris memanjang dan kemudian dikukus, lalu bawang putih ditumbuk, jika sudah kamu bisa campur singkong dengan air, garam, ketumbar, dan bawang putih yang sudah ditumbuk. Kemudian direndam 15 – 30 menit hingga bumbunya meresap, lalu singkong digoreng dengan minyak panas hingga berwarna cokelat keemasan, makanan yang satu ini biasanya dikonsumsi sebagai menu camilan atau digunakan sebagai lauk, wajib coba di rumah karena hal itu resep ini anti gagal dan di jamin enak.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here