kue-tradisional-khas-Indonesia

Haluannews.com – Pernikahan yang berlangsung di negara Indonesia memang kerap menggunakan acara adat istiadat tradisional. Tidak hanya menunjukkan tradisi serta kesenian yang unik saja tetapi di mana pernikahan yang berlangsung dengan adat tradisional juga biasanya memiliki khas yang wajib diadakan. Seperti halnya dalam segi kue tradisional khas Indonesia ketika melaksanakan pernikahan tentu saja setiap daerah memiliki adat pernikahan yang berbeda dan kue tradisional nya pun beragam. 

Tidak hanya menunjukkan tradisi serta kesenian seperti yang tadi di lontarkan karena dalam acara pernikahan terdapat beberapa kue atau makanan khas yang disajikan. Kue-kue tersebut merupakan hidangan tradisional di daerah di mana tempat acara pernikahannya berlangsung. Selain memiliki cita rasa yang lezat dan juga tampilan yang unik tentu saja ada beberapa kue yang bisa dipilih karena mengandung makna yang begitu mendalam ketika disediakan di acara pernikahan secara tradisional. Langsung saja kalau begitu cari tahu sendiri kue khas Indonesia yang disajikan di setiap acara pernikahan seperti berikut. 

Deretan Kue Tradisional Khas Indonesia yang Disajikan Terus Di Setiap Acara Pernikahan

kue-tradisional-khas-Indonesia
Roti Buaya

Beberapa dari kamu pasti tidak asing lagi dengan kue tradisional khas Indonesia yang disajikan di adat Betawi, betul? Beberapa dari kamu juga tentunya sudah tidak asing lagi dengan roti buaya sebagai kue yang khas disajikan ketika pernikahan berlangsung. Pernikahan yang berasal dari Betawi ini selalu menyediakan roti buaya dan sesuai dengan namanya kuenya ini memiliki tampilan berbentuk buaya. Roti buaya dipilih karena hewan buaya dikenal hanya akan kawin 1 kali dengan pasangannya maka dari itu masyarakat Betawi telah mempercayai kue ini melambangkan kesetiaan. Rupanya Ada beberapa makna lainnya mengenai roti buaya yang itu melambangkan kesabaran dan kemapanan di mana roti ini bisa hadir dalam pernikahan juga kenduri tradisional masyarakat Betawi karena roti buaya memiliki tekstur yang lembut serta cita rasa yang manis.

kue-tradisional-khas-Indonesia
Jenang

Kue tradisional pernikahan selanjutnya yaitu ada ada kue jenang yang mudah sekali dijumpai ketika menyelenggarakan pernikahan. Kue yang satu ini dikenal dengan tekstur ahli lihat dan warnanya yang coklat. Jenang biasa dipilih sebagai kue yang wajib di dalam acara pernikahan adat Jawa dan tidak hanya dikenal memiliki tekstur yang halus serta cita rasa manis dari jenang dipilih karena melambangkan beberapa hal Salah satunya itu melambangkan kerjasama dalam rumah tangga. Kue jenang ini dibuat menggunakan berbagai bahan diantaranya tepung beras atau tepung ketan yang ditambahkan dengan santan kemudian gula merah dan juga gula putih. 

kue-tradisional-khas-Indonesia
Kue Wajik

Selanjutnya ada kue wajik di mana kue tradisional ini tidak boleh ketinggalan ketika menyelenggarakan pernikahan. Kue yang satu ini memiliki cita rasa yang mirip dengan jenang yakni cenderung manik dan biasanya kue wajik ini ini dipilih sebagai hantaran saat acara pernikahan berlangsung. Kue manis dan legit ini dibuat dengan menggunakan beberapa bahan diantaranya ketan santan dan juga Gula. Kue wajik terlebih dahulu dicetak dan dipotong-potong sebelum dihidangkan. Tidak hanya menawarkan cita rasa yang lezat namun kue yang satu ini dikenal sangat mengenyangkan biasanya kue wajik juga tambahan potongan daun pandan sebagai hiasan ada penambah aroma sedap. Kuenya dikenal mampu bertahan hingga 2 minggu lamanya.

kue-tradisional-khas-Indonesia
Kue lapis

Terakhir ada kue tradisional khas Indonesia yang setiap adat pernikahan di sediakan. Kue lapis merupakan salah satu kue tradisional pernikahan yang Tentu saja tidak asing dan mungkin kamu tahu kue lapis itu bentuknya seperti apa. Sesuai dengan namanya kue yang satu ini memang memiliki tampilan berlapis-lapis cita Rasanya pun khas dan teksturnya unik bahkan siapa pun tertarik untuk mencobanya. Kue yang satu ini seringkali dipilih dan dihidangkan dalam acara pernikahan karena memiliki beberapa makna salah satunya itu melambangkan kedaratan Cinta Kedua calon mempelai. Kue lapis dibuat dengan menggunakan berbagai bahan dan dijumpai seperti tepung beras tepung tapioka, santan, dan juga gula. Jajanan yang satu ini juga dibuat dengan tampilan berwarna-warni yang menggugah selera. Nah Dari keempat kue di atas pasti kamu tidak akan asing karena di Indonesia ini kepada pernikahan setidaknya dia kan keempat-empatnya bahkan salah satunya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here