Keuntungan-Sering-Evaluasi-Diri

haluannews.com – Memiliki kekurangan bukan jadi sebuah hambatan untuk berjalan, adanya kekurangan justru jadi media seseorang untuk lebih bisa melihat dirinya sendiri daripada orang lain. Daripada kamu melihat kekurangan orang lain, lebih penting melihat kekurangan diri sendiri, melihat kekurangan dengan evaluasi diri akan menguntungkan bagi siapapun, termasuk kamu jika ingin melakukan evaluasi diri. Dengan melakukan hal ini, justru akan menumbuhkan sisi positif pada dirimu, bisa lebih mengenal diri sendiri dan masih banyak keuntungan sering evaluasi diri yang wajib kamu ketahui, berikut ini manfaatnya!

Keuntungan Sering Evaluasi Diri, Coba Sering Lakukan Ini!

Keuntungan-Sering-Evaluasi-Diri

  • Lebih Mudah Mencapai Self Acceptance

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan jika sering melakukan evaluasi diri yaitu lebih mudah untuk mencapai self acceptance. Memang evaluasi membutuhkan energi lebih untuk melakukannya, karena yang diperlukan yaitu kesadaran atas dirinya sendiri.

Keuntungan self acceptance dari evaluasi diri ini adalah suatu kondisi positif dimana seseorang sudah menerima dan menghargai kekuatan dan kelemahan yang ada pada dirinya. Oleh karena itu evaluasi jadi hal yang sangat penting dilakukan untuk seseorang agar dapat mencapai self acceptance, kamu juga harus melakukan hal ini.

  • Sarana Mengembangkan Potensi

Seseorang yang sadar dengan kelebihan, kekurangan, kekuatan dan kelemahannya akan jadi modal awal untuk mengembangkan potensi jadi lebih baik. Potensi yang masih belum maksimal akan lebih mudah terasah ketika seseorang lebih mengenal dirinya lebih dalam, bukan tanpa alasan, mengembangkan potensi memang harus didorong dengan keinginan untuk mengetahui kekurangan dari diri sendiri.

Misalnya seperti penampilan, kita membutuhkan kaca untuk bercermin agar dapat melihat sisi mana yang perlu dirapikan, begitu juga dengan diri sendiri yang membutuhkan evaluasi diri agar potensi yang belum berkembang secara maksimal bisa lebih dioptimalkan.

  • Tidak Mudah Insecure

Setiap orang pasti pernah mengalami insecure dan ada banyak sumber yang menyebabkan seseorang bisa mengalami insecure. Salah satunya yaitu dengan menilai kekurangan diri sendiri secara berlebihan, padahal setiap orang tentunya memiliki kekurangan masing-masing, tapi jika kekurangan tersebut dijadikan hal untuk menyudutkan diri sendiri maka itu adalah perilaku yang tidak baik.

Berbeda dengan orang yang mampu mengaktualisasikan diri dengan cara sering evaluasi pada kekurangan dan berusaha untuk memperbaikinya, maka dorongan untuk insecure akan sangat minim dialami, karena jika merasa insecure, hanya akan membuang-buang energi saja. Jadi daripada kamu terus membandingkan diri dengan orang lain, yang justru akan membuatmu semakin overthinking, lebih baik evaluasi diri dan penuhi kegiatan untuk mengembangkan diri sendiri.

  • Lebih Bisa Menghargai Waktu

Seseorang yang gemar evaluasi diri mencerminkan bahwa dia orang yang dapat menghargai waktu. Alasannya yaitu dia lebih suka memprioritaskan dirinya sendiri dibandingkan mengurusi orang lain, dia juga tidak ingin menghabiskan waktunya untuk hal yang tidak menambah nilai baik untuk dirinya.

Bagi dirinya, waktu merupakan hal yang sangat berharga sehingga tidak bisa dilewatkan begitu saja, termasuk orang yang bijak dalam mengambil keputusan. Alih-alih mengkritik orang lain, justru lebih memilih untuk evaluasi diri sendiri.

  • Tidak Mudah Baper Karena Tahu Kekuatan Diri Sendiri

Setiap orang memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda, salah diantara kamu pasti ada yang mudah sekali terbawa perasaan. Namun tahukah kamu kalau mudah terbawa perasaan karena kamu tidak mengenal dirimu dengan baik, tidak hanya memiliki kelemahan, tapi ada juga kekuatan yang harus dibanggakan.

Orang yang sering evaluasi diri ia tidak akan mudah terbawa perasaan dengan omongan orang lain, karena dia tahu nilai dirinya sendiri, misalnya ada orang lain yang mengatakan kamu buruk atau hal jelek lainnya. Orang yang sering melakukan evaluasi pada diri sendiri ketika diremehkan akan berpikir orang yang meremehkan itu tidak mengenal sepenuhnya.

Jadi omongan tersebut tidak akan berpengaruh pada diri seseorang yang sering melakukan evaluasi, mengenal diri sendiri secara utuh merupakan tugas dari setiap individu, untuk kamu yang saat ini sedang proses mengenal diri sendiri, berikut keuntungan sering evaluasi diri yang perlu kamu ketahui. Tidak ada ruginya sering evaluasi pada diri sendiri, selain membuat diri lebih positif, melakukan evaluasi pada diri sendiri membuatmu jadi lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here