Efek-Kafein-Untuk-Tubuh

haluannews.com – Minuman berkafein seperti kopi banyak dikonsumsi oleh masyarakat, hal ini menjadikan banyak gerai yang menyediakan menu kopi dengan berbagai variasi. Berbagai variasi tersebut diharapkan semakin memikat para penggemarnya. Setelah mengkonsumsi kopi, kafein yang terkandung di dalamnya memberikan banyak efek pada tubuh. Salah satu yang kita ketahui yaitu dapat menahan kantuk, di samping manfaatnya tersebut, masih ada banyak efek kafein untuk tubuh yang wajib kamu ketahui, di bawah ini efek kafein untuk kesehatan tubuh.

Efek Kafein Untuk Tubuh yang Wajib Kamu Ketahui

 

Efek-Kafein-Untuk-Tubuh

  • Meningkatkan Kewaspadaan

Kafein termasuk stimulan pada sistem saraf pusat, di otak kafein akan menghambat efek dari adenosine yang berfungsi untuk membuat seorang menjadi ngantuk. Penghambatan adenosine oleh kafein akan mengakibatkan seseorang jadi lebih berenergi, itulah yang mengakibatkan mereka yang mengkonsumsi kopi atau minuman berkafein lainnya akan jadi lebih waspada.

Kondisi ini akan membantu terutama ketika mulai beraktivitas saat pagi hari atau ingin meningkatkan fokus ketika sedang bekerja, jadi bagi kamu yang merasa sering ngantuk di pagi hari, gak ada salahnya mengkonsumsi kafein di pagi hari.

  • Sulit Tidur Saat Malam Hari

Masih berhubungan dengan point sebelumnya, mengkonsumsi kafein akan membuat seseorang jadi lebih segar dan tidak mengantuk. Hal ini karena zat tersebut membuat kadar hormon melatonin jadi menurun. Sekedar informasi, hormon melatonin berperan dalam membuat seseorang jadi mengantuk.

Jika kafein dikonsumsi menjelang waktu tidur bisa menyebabkan seseorang menjadi kesulitan untuk tidur. Sehingga efek tersebut akan bertambah buruk dengan semakin bertambahnya usia seseorang. Jika tidak ingin mengganggu siklus tidur, oleh karena itu batasi konsumsi kafein baik itu kopi, teh, minuman berenergi maupun coklat di sore hari ketika menjelang tidur.

  • Meningkatkan Kadar Dopamin

Kafein juga dapat meningkatkan kadar dopamin, yang merupakan zat kimia pada otak yang membuat seseorang merasa jadi lebih bahagia. Oleh karena itu mengkonsumsi kafein dalam jumlah sedang mampu mengurangi risiko depresi pada partisipan dalam sebuah penelitian.

Dalam sebuah studi uga menunjukan mereka yang mengkonsumsi kopi secara teratur memiliki resiko Alzheimer dan demensia yang lebih rendah serta mengurangi resiko bunuh diri hingga 45 persen. Manfaat ini didapat dari mengkonsumsi kopi berkafein tinggi, bukan kopi yang tidak memiliki kandungan kafein.

  • Menyebabkan Sakit Kepala

Dengan mengkonsumsi kafein secara rutin setiap hari akan membuat tubuh jadi toleran atau terbiasa dengan masuknya zat tersebut. Kalau tiba-tiba kamu tidak mengkonsumsinya dalam satu waktu, salah satu efeknya yaitu sakit kepala dan hal ini disebut seperti caffeine rebound.

Kondisi seperti ini akan semakin parah jika tidak mengkonsumsi kafein sama sekali secara mendadak. Keluhan sakit kepala tersebut bisa membaik jika mengkonsumsi kafein dikurangi secara bertahap sedikit demi sedikit. Terlalu banyak atau terlalu sering mengkonsumsi kafein juga tidak telalu baik untuk kesehatan tubuh.

  • Meningkatkan Asam Lambung

Yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan asam lambung. Mengkonsumsi kafein berlebihan juga dapat meningkatkan produksi asam lambung sehingga akan menyebabkan beberapa orang merasa tidak nyaman pada perut setelah mengkonsumsi kopi. Dalam beberapa penelitian menghubungkan efek tersebut dengan rasa pahit dari kafein.

Semakin pahit rasanya maka produksi lambung akan semakin meningkat, untuk sebagian orang yang memiliki masalah pada lambung mungkin akan merasakan keluhan yang semakin memburuk setelah mengkonsumsi kopi. Jika memiliki riwayat masalah pada lambung, tanyakan terlebih dahulu pada dokter apakah kamu boleh mengkonsumsi kafein atau tidak.

  • Meningkatkan Detak Jantung

Kafein merupakan stimulan sehingga mungkin akan mempengaruhi detak jantung jadi sedikit lebih cepat. Bagi kebanyakan orang, dengan mengkonsumsi kafein dalam jumlah terbatas mungkin tidak menjadi masalah dan tetap aman untuk jantung. Tapi hal tersebut akan berbeda kalau mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak dan mereka yang sangat sensitif akan mendapatkan efeknya.

Mengkonsumsi kafein dalam jumlah banyak bisa meningkatkan detak jantung atau jantung berdebar untuk sementara, hal yang sama juga dialami oleh mereka yang sensitif pada zat tersebut. Oleh karena itu, kalau memiliki tekanan darah tinggi atau masalah kesehatan jantung lainnya. Sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter jika ingin mengkonsumsi kafein. Itulah beberapa efek kafein untuk tubuh yang perlu kamu ketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here