Kebiasaan Penyebab Bibir Hitam

haluannews.com – Memiliki bibir hitam tentunya akan mengganggu penampilan, tapi sayangnya tidak banyak sadar kalau kebiasaan penyebab bibir hitam ternyata sering kita lakukan sehari hari. Seperti warna bibir juga bervariasi pada setiap orang, meskipun begitu, dalam beberapa kasus perubahan warna atau kondisi bibir disebabkan oleh kebiasaan sehari hari yang secara tidak sadar ternyata menjadi penyebab bibir kita menghitam. Mungkin sebagian dari kalian berpikir kalau bibir tidak membutuhkan perawatan lebih seperti wajah.

Tapi nyatanya tidak hanya wajah yang perlu dirawat, bibir juga perlu dirawat, kalau kamu memiliki bibir hitam akan menurunkan rasa percaya diri kamu bukan kalau sedang tidak menggunakan make up? Memang bibir yang hitam dapat ditutupi oleh lipstick, tapi ada baiknya bibir juga perlu dirawat agar lebih sehat dan memiliki tampilan warna yang lebih alami, berikut ini kebiasaan sehari hari penyebab bibir hitam yang perlu dihindari.

Kebiasaan Penyebab Bibir Hitam Yang Tidak Sadar Sering Dilakukan

  1. Tidak Melembabkan Bibir
    Bibir yang kering dan pecah-pecah bisa menyebabkan perubahan warna bibir, agar bibir kamu tetap sehat dan bernutrisi sangat penting untuk melembabkan bibir. Tapi sayangnya banyak orang yang lupa memikirkan kelembaban bibir, padahal hal ini sangat penting untuk diperhatikan, kamu bisa mengoleskan lip balm untuk memberikan nutrisi pada bibir, kamu bisa mencoba lip balm yang terbuat dari bahan bahan alami seperti shea butter atau cocoa.

  2. Tidak Menggunakan Tabir Surya
    Kebiasaan Penyebab Bibir Hitam
    Kebiasaan penyebab bibir hitam selanjutnya yaitu sering mengabaikan tabir surya untuk bibir, perlu kamu ketahui tidak hanya wajah saja yang perlu menggunakan tabir surya, bibir pun membutuhkan hal yang sama. Sama seperti kulit, bibir juga dapat rusak akibat paparan sinar matahari, maka dari itu kamu perlu melindungi dari sinar ultraviolet, kamu bisa menggunakan lip balm yang mengandung SPF 30 sebelum beraktivitas diluar rumah.

  3. Tidak Atau Jarang Membersihkan Sel Kulit Mati
    Selanjutnya yaitu jarang atau bahkan tidak pernah membersihkan sel kulit mati yang ada di bibir, bibir bagian luar memang cenderung mudah kehilangan kelembabannya. Itu karena ia merupakan lapisan kulit paling tipis di wajah, dan untuk menangani bibir yang pecah pecah serta kering kamu harus melakukan eksfoliasi secara rutin, mungkin sebagian dari kamu berpikir hanya wajah saja yang membutuhkan eksfoliasi. Padahal bibir juga penting untuk di eksfoliasi, dengan begitu sel kulit mati akan terangkat sehingga bibir menjadi lebih cerah dan sehat, sebaiknya pilih kandungan eksfoliator yang dapat mencerahkan dan melembabkan.

  4. Mengkonsumsi Obat Obatan Tertentu
    Kebiasaan penyebab bibir hitam selanjutnya yaitu mengkonsumsi beberapa jenis obat obatan yang menyebabkan hiperpigmentasi, termasuk obat antimalarial dan antibiotic minocycline. Biasanya warna kulit bibir akan kembali jika kamu sudah ting mengkonsumsi obat obatan tersebut, namun bagi beberapa orang yang mengkonsumsinya efek obat ini bertahan cukup lama.

  5. Kurang Perawatan Bibir
    Penyebab selanjutnya yaitu bisa karena kamu kurang melakukan perawatan bibir, dalam merawat diri, kesehatan bibir cenderung diabaikan, padahal ini sangat penting untuk diperhatikan. Agar bibir kamu tetap cerah dan sehat, kamu bisa memijat dengan minyak almond setiap malamnya, dengan memijat bibir secara rutin dapat memperlancar aliran darah di sekitarnya dengan begitu kulit bibir kamu akan menunjukan warna yang lebih sehat, kamu bisa coba praktekkan cara ini dan lihat perubahannya.

  6. Merokok
    Kebiasaan penyebab bibir hitam selanjutnya yaitu karena merokok, kamu pasti sering melihat orang yang merokok secara aktif memiliki bibir yang hitam bukan? Begitu menghisap rokok, zat niukotin dan tar yang ada di dalamnya akan berpindah ke bibir, sehingga hal ini akan menyebabkan perubahan warna bibir menjadi lebih gelap.

  7. Tidak Membersihkan Lipstik Dengan Tepat
    Tahukah kamu kalau bekas lipstik dapat membuat bibir kamu hitam, setelah menggunakan lipstik sangat penting untuk menghapusnya dengan bersih sebelum kamu pergi tidur. Jika tidak membersihkannya secara tepat akan menyebabkan kerusakan parah pada bibir, celah di antara garis bibir akan mudah menjebak kotoran dan residu yang lainnya, sehingga karena hal ini warna bibir kamu menjadi lebih gelap.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here