Hal-Yang-Mempengaruhi-Kedewasaan

haluannews.com – Kebanyakan orang berpikir kalau semakin tua seseorang maka akan semakin dewasa juga kepribadiannya dan pikirannya, tapi kenyataannya usia hanya berpengaruh sedikit pada perkembangan pikiran seseorang, yang mana hal tersebut tidak menjadikan usia sebagai penentu seseorang dapat benar-benar dewasa. Tidak sedikit juga orang yang umurnya sudah dewasa tapi memiliki pikiran yang belum dewasa atau masih kekanak-kanakan. Maka dari itu tingkat kedewasaan seseorang tidak bisa hanya dinilai dari umur saja, banyak faktor lain yang akan mempengaruhi kedewasaan seseorang.

Banyak hal yang berpengaruh pada kedewasaan seseorang, mulai dari pengalaman hidupnya, pola asuh orang tuanya, peran di dalam keluarga hingga lingkungan pergaulannya. Hal-hal yang biasanya sering kita temui dalam kehidupan terkadang tidak terpikirkan kalau hal tersebut bisa jadi salah satu hal akan mempengaruhi kedewasaan seseorang. Bagi kamu yang mungkin belum merasa dewasa, di bawah ini ada beberapa hal yang mempengaruhi kedewasaan yang mungkin bisa merubahmu agar bisa menjadi lebih dewasa lagi dalam pola pikir dan perilaku. Yuk simak ulasannya.

Hal Yang Mempengaruhi Kedewasaan Seseorang, Bukan Dari Umur!

 

Hal-Yang-Mempengaruhi-Kedewasaan

  • Cara Dan Pola Asuh Orang Tuanya

Hal pertama yang sangat berpengaruh pada kedewasaan seseorang yaitu cara dan pola asuh yang diterapkan oleh orangtuanya. Karena di dalam pola asuh itu sendiri ada banyak sekali hal penting yang dapat membentuk kepribadian, mentalitas dan pola pikir seseorang.

Maka dari itu, jika anak yang dibesarkan dengan pola asuh yang sehat, sering diajak diskusi, diajari tanggung jawab dan cara menghargai orang, biasanya mereka memiliki pribadi yang dewasa. Karena dari kecil sudah dididik dengan baik oleh orang tuanya tentang poin-poin penting dalam kehidupan, dengan begitu anak akan berpikir lebih dewasa.

  • Lingkungan Pergaulan

Yang selanjutnya yaitu dari lingkungan pergaulan, hal lain yang satu ini juga dapat mempengaruhi kedewasaan seseorang. Yang mana kita semua tentunya tahu kalau dengan siapa kita berteman itu sedikit banyaknya mempengaruhi diri, kalau seseorang bergaul dengan orang baik, berkualitas dan bijak, maka kamu juga akan menjadi pribadi yang dewasa.

Sebaliknya jika kamu bergaul dengan orang-orang yang pikirannya sempit dan toxic, maka kamu juga akan terpengaruh dan tidak ada dewasanya, oleh karena itu cari lingkungan yang pergaulannnya baik agar mempengaruhi kedewasaanmu dan kamu juga bisa mendapatkan banyak pelajaran dari lingkunganmu.

  • Luasnya Wawasan yang Dimiliki

Luasnya wawasan yang dimiliki seseorang juga dapat mempengaruhi kedewasaan pada diri orang lain. Wawasan ini dapat berupa hal yang dipelajari dari buku, memperhatikan sekitar atau bahkan pengalamannya sendiri, semakin luas wawasannya maka akan semakin terbuka juga pikirannya untuk menilai sesuatu.

Kedewasaan dalam menjalani hidup dan kebijakannya menghadapi berbagai masalah juga berpengaruh pada wawasannya, oleh karena itu gak ada salahnya kamu memperluas wawasan, tidak hanya bisa berpikir semakin dewasa, memiliki wawasan luas juga memiliki banyak manfaat untuk diri sendiri.

  • Baik Buruknya Pengalaman Hidup

Hal yang selanjutnya akan mempengaruhi kedewasaan seseorang yaitu baik buruknya pengalaman hidup, belajar dari pengalaman hidup sangat penting untuk jadi lebih dewasa dan matang. Tapi pastinya perbedaan pengalaman hidup setiap orang yang membuat kedewasaan seseorang berbeda-beda yang mana seseorang yang beban hidupnya berat sejak kecil biasanya memiliki sifat dewasanya yang tumbuh sangat cepat karena ditempa oleh beratnya hidup.

Jika kamu memiliki pengalaman hidup yang pahit atau pengalaman hidup yang membuatmu sakit, jangan merasa sendiri, jangan merasa hanya kamu yang mengalami pahitnya hidup. Jadikan pengalaman hidupmu selama ini sebagai pelajaran hidup yang mana dengan ini justru akan membantumu belajar dewasa.

  • Perannya Dalam Keluarga

Hal selanjutnya yang mempengaruhi kedewasaan seseorang yaitu perannya dalam keluarga, ada yang pribadinya dewasa karena menjadi anak sulung, tulang punggung keluarga, menggantikan sosok orangtua untuk adiknya, dan yang lainnya. Karena melalui peran di dalam keluarga kita akan belajar untuk bertanggung jawab dan menjaga orang-orang tersayang.

Dengan seperti itu, kita akan mengalami banyak hal dan akan berkorban hingga menjadi sosok yang lebih dewasa dengan sendirinya. Itulah beberapa hal yang mempengaruhi kedewasaan seseorang, baik dewasa pribadinya, pemikiran dan juga caranya untuk menjalani hidup, kedewasaan tidak harus selalu dinilai dari umur.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here