Dampak-Kurang-Kasih-Sayang

Haluannews.com – Memang sejatinya semua anak sama di dalam hal kebutuhan mengenai perhatian dan kasih sayang cinta dari orang tuanya. Tetapi, tidak semua orang bisa benar-benar memberikannya hingga terpenuhi, perlu diketahui dampak kurang kasih sayang saat sudah dewasa nanti sangat banyak. Banyak orang tua yang hanya memberikan materi lantaran sebagian anak merasa orang tuanya sibuk bekerja dan tidak pandai mengekspresikan cinta pada anak, buat anak jadi merasa kurang disayang.

Di mana jika terus dibiarkan, hal ini justru bisa berdampak pada diri anak ketika ia dewasa. Mulai dari dirinya yang merasa kesepian sampai jadi harus perhatian. Dampaknya juga bisa ke hubungan antaranya nanti yang mana, ia akan mudah bucin. Langsung saja kalau gitu ketahui berbagai dampaknya jika anak-anak di masa kecil kekurangan kasih sayang seperti berikut.

Berbagai Dampak Kurang Kasih Sayang Pada Anak Saat Sudah Dewasa Nanti

Dampak-Kurang-Kasih-Sayang

     1. Hidupnya Kesepian

Dampak kurang kasih sayang pada anak saat sudah dewasa nanti, hidupnya bisa kesepian. Meskipun di sekitarnya ada banyak orang yang menemani, ketika ia tidak bisa mendapatkan cinta dari orang tua maka tetap saja bakal merasa kesepian.

Hal itu dikarenakan orang tua sangat penting bagi seorang anak hingga mau beberapa banyak orang pun menggantikan tindakan sebanting dan bisa menutupi kebutuhan cinta anak dari orang tuanya. Di mana rasa kesepian tersebut dapat membuat semua hal yang dimiliki jadi Hampa. Bahkan meskipun ia bergelimang materi sekalipun pasti dampak rasa kesukaan itu akan dirasakan saat dewasa nanti.

     2. Ketergantungan dengan Cinta Pasangan

Kemudian dampak lainnya yaitu Ketergantungan dengan cinta pasangan, ketika ia dewasa dirinya jadi sangat ketergantungan sekali dengan pasangan. Di mana nantinya sangat membutuhkan kehadiran pasangan untuk memberikan kasih sayang yang tidak pernah ia dapatkan dari orang tua.

Akibatnya Ia pun merasa tidak bisa hidup tanpa memiliki pasangan dan menjadi buruk ketika ia berhubungan dengan sembarang orang hanya karena orang itu memberi banyak perhatian. Hal ini bisa menjadi celah dirinya terjebak dalam hubungan yang salah dan dirinya begitu dikarenakan sangat mendambakan akan kasih sayang.

     3. Haus Perhatian yang Membuatnya Jadi Attention Seeker

Dampak ketiga yaitu bisa terjadinya haus perhatian dan membuatnya jadi attention seeker. Dirinya akan mencari banyak sekali perhatian dari orang-orang di sekitarnya dan melakukan apapun untuk mencari muka.

Membuat dirinya jadi pusat perhatian adalah misi yang paling sering ingin dilakukan karena biar diperhatikan banyak orang dan tidak membuat dirinya Kesepian lagi. Tetapi, hal ini bisa berdampak buruk kalau dilakukan berlebihan karena membuat orang jadi risih dengan usahanya itu untuk caper ke siapapun.

     4. Canggung dan Menjaga Jarak dari Orangtua

Selanjutnya yaitu bisa berdampak canggung dan menjaga jarak dari orang tua. Jika dari kecil si anak tidak bisa mendapatkan kasih sayang yang ia butuhkan, dampaknya pun terlihat ketika dirinya sudah dewasa.

Anak menjadi merasa canggung dan menjaga jarak sekali dengan orang tua, meskipun orang tuanya berusaha mendekatkan diri dan memberikan perhatian. Hal itu dikarenakan anak sudah terbiasa tidak diperhatikan dan tidak disayang lagi seperti semestinya dan biasanya selalu timbul kaku dalam hubungan anak dengan orang tua.

Bisa dilihat dari orang sekitar, anak yang tidak segan memeluk bakal mencium pipi orang tuanya, ada juga anak yang canggung dan tidak bisa melakukan hal itu, Itulah dampaknya nanti.

     5. Gak Betah Ngobrol dan Tinggal Bersama Keluarga

Terakhir dampak kurangnya kasih sayang bagi anak ketika dewasa yaitu pasti tidak betah ngobrol dan tinggal bersama keluarga. Dampaknya ketika dewasa akan lebih memilih mandiri dan ingin tinggal sendiri sehingga terpisah dengan keluarga.

Kekurangan kasih sayang membuat anak merasa lebih nyaman sendirian dan berjarak, ia Justru lebih senang jika dikelilingi teman dan juga orang lain untuk memberikan kasih sayang.

Itulah kelima dampak dari anak yang kekurangan kasih sayang dan kalau ia sudah mulai canggung hingga merasa asing, bahkan haus perhatian dari orang sekitarnya. Alangkah baiknya kalau orang tua menyadari hal ini dan memberikan anak perhatian serta kasih sayang yang dibutuhkan sebelum terlambat. Itulah sederet dampak kurang kasih sayang yang harus diketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here