Dampak-Makanan-Manis

Haluannews.com – Siapa sih yang tidak menyukai makanan manis? Bahkan, orang dewasa pun menyukai makanan manis yang satu ini. Termasuk dengan anak-anak. Biasanya, anak-anak akan bersemangat apabila diberikan makanan yang manis dan melezatkan. Hampir semua makanan yang manis tersebut sangat “diincar” oleh setiap anak-anak. Coklat, es krim, permen, kue, dan masih banyak lagi makanan manis lainnya. Tanpa disadari, dampak makanan manis sangat berbahaya.

Meskipun anak-anak seperti kecanduan terhadap makanan yang manis, apakah kamu tahu dampak berbahaya dibalik makanan tersebut? Banyak sekali dampak yang berbahaya bahkan penyakit yang merugikan apabila makanan manis tidak bisa dikontrol oleh anak-anak.

Pada dasarnya, anak-anak memang tidak bisa mengontrol kemauan yang diinginkan. Sehingga sang orangtua lah yang harus melakukan hal tersebut. Selain dengan kandungan gula yang sangat banyak, rupanya masih banyak sekali zat-zat berbahaya yang dikandung oleh makanan manis tersebut. Penasaran dengan dampak buruk makanan manis yang berbahaya?

Dampak Makanan Manis untuk Anak-Anak

Makanan manis adalah jenis makanan yang memiliki rasa manis yang tinggi, biasanya disebabkan oleh kandungan gula atau pemanis buatan. Beberapa contoh makanan manis termasuk permen, kue, cokelat, minuman bersoda, dan es krim.

Diketahui, bahwa makanan manis yang tinggi gula dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2, karena konsumsi gula berlebih dapat memengaruhi kadar gula darah.

Walaupun gula termasuk sumber energi yang diperlukan oleh tubuh, namun jika kandungan gula tersebut dikonsumsi oleh anak-anak dan berlebih, tentu saja akan memberikan dampak yang sangat berbahaya. Jangan pernah memberikan anak-anak makanan manis yang terlalu sering. Karna, dibalik itu semua terdapat beberapa penyakit yang berbahaya.

Obesitas

Siapa sih yang tidak tahu obesitas yang satu ini? Salah satu penyakit yang disebabkan oleh gula. Biasanya, obesitas lebih sering diderita oleh orang yang dewasa atau orang yang sedang dalam masa pubertas.

Namun, apabila kamu terlalu sering memberikan berbagai macam makanan manis, tentu saja penyakit obesitas ini akan diderita oleh anak-anak. Makanan manis mengandung banyak kalori dan gula, yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Dampak dari adanya obesitas, penyakit jantung, hingga sulit untuk berfikir. Kalori yang cukup disertai dengan protein yang seimbang akan menghindari adanya penyakit obesitas.

Penyakit Kronis Berbahaya

Pernahkah kamu berfikir bahwa dampak makanan manis akan memberikan berbagai macam penyakit kronis yang berbahaya? Tentu saja hal tersebut dibenarkan oleh banyaknya dokter.

Telah diketahui, bahwa penyakit diabetes tipe 2, darah tinggi, kolesterol, dan masih banyak lagi penyakit kronis berbahaya lainnya yang disebabkan dari makanan manis. Oleh karna itu, hendaknya sebagai orang tua harus mengawasi apa yang dimakan oleh anak-anak dan jangan terlalu sering memberikan makanan manis kepada anak-anak mu agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Kerusakan Gigi

Kerusakan gigi memang menjadi hal yang biasa dan kerap kali terjadi oleh anak-anak. Namun, apabila anak-anak sering mengkonsumsi makanan yang manis, kerusakan gigi pun akan semakin parah.

Sisa gula yang akan menumpuk di mulut anak-anak akan semakin bercampur dengan bakteri yang ada di mulut dan akan menyebabkan gigi berlubang hingga gusi membengkak.

Bahkan, gangguan kerusakan gigi ini akan menjadi permanen apabila anak-anak terlalu sering mengkonsumsi berbagai macam makanan yang manis. Bakteri di dalam mulut dapat memanfaatkan gula dalam makanan manis untuk membentuk asam yang merusak enamel gigi, sehingga meningkatkan risiko terkena karies gigi.

Menurunkan Kecerdasan

Pernahkah kamu mendengar dampak berbahaya makanan manis dapat menurunkan kecerdasan anak? Tentu saja hal tersebut benar terjadi. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa anak-anak yang terlalu sering mengkonsumsi makanan manis akan memiliki kandungan gula yang sangat banyak didalam tubuh nya.

Sehingga, kandungan gula tersebut cenderung menurunkan adanya kecerdasan dan kreativitas dibandingkan dengan anak yang rendah gula. Mengkonsumsi makanan manis memang dapat menurunkan sebuah kemampuan yang dimiliki.

Sehingga, terkadang anak-anak akan kesulitan menyampaikan suatu informasi ataupun memecahkan teka-teki yang mudah sekalipun. Itulah seputar dampak makanan manis yang wajib diketahui.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here