Rambut-Mudah-Rontok

haluannews.com – Saat kamu menyisir rambut, pastinya ada beberapa helaian yang tersangkut di sisir milikmu, betul? Tetapi kalau kamu menyadarinya semakin lama rambut helaian yang tersangkut itu mengalami peningkatan berarti kamu sedang alami yang namanya kerontokan rambut. Apa karena salah shampo yang kamu pilih? Belum tentu, tetapi bisa juga dikarenakan malah karena kebiasaan buruk yang sebabkan rambut mudah rontok.

Kerontokan rambut sendiri bisa saja disebabkan berbagai faktor, sehingga kamu pun perlu yang namanya ada pencegahannya. Misalkan karena kebiasaan burukmu dalam kegiatan setiap hari, perlu ada pencegahan sebelum kamu malah mengalami kebotakan. Kalau begitu langsung saja cari tahu berbagai jenis kebiasaan buruk yang perlu kamu cegah sebelum mengalami kebotakan seperti contoh kebiasaan berikut ini.

Contoh Kebiasaan Buruk yang Sebabkan Rambut Mudah Rontok untuk Kamu Cegah

 

Rambut-Mudah-Rontok

  • Ikat Rambut Sepanjang Hari

Kebiasaan buruk yang sering sekali sebabkan rambut mudah rontok yakni selalu mengikat rambut sepanjang hari. Kamu yang memiliki rambut panjang atau yang menggunakan hijab pasti sering sekali melakukan kebiasaan mengikat rambut setiap hari seperti ini. Gaya hidup buruk satu ini perlu kamu cegah. Kalau kamu harus mengikatnya, kamu bisa pastikan dahulu kalau ikatan itu tidak terlalu kencang, Penggunaanya juga jangan terlalu sering karena kamu perlu yang namanya biarkan rambut untuk tergerai.

Hindari juga penggunaan ikatan rambut dari karet gelang, hal ini rawan sekali membuat rambut menjadi kusut. Selain Gaya ponytail, gaya sanggul dalam jangka waktu lama pun perlu diatur frekuensinya karena bisa saja sebabkan kerontokan. Jangan sampai menyesali melakukan kebiasaan buruk seperti ini setelah kamu mengalami kebotakan! Kamu bakal merasakan kalau ikat rambut sepanjang hari mencegah kegerahan bisa diatasi dengan berbagai cara tanpa membuat rambut menjadi mudah rontok jadinya. Bagaimana nih kalau kamu sampai mengalami kebotakan karena kebiasaan mengikat rambut terus menerus

  • Stres Berlebihan

Stress memang sangat berpengaruh pada momen kerontokan rambut, tingkat stress yang tinggi pun bisa pengaruhi hormon dan memaksa folikel rambut dan masuk ke fase istirahat yang lama. Di dalam fase ini merupakan pertumbuhan rambut untuk bisa berhenti dan sebabkan kerontokan. Kalau kamu malah khawatir soal ini, kerontokan rambutnya bisa diperbaiki dengan mengelola stres saja.

Banyak sekali memang cara mudah untuk kelola stres dan kamu bisa makan-makanan sehat dan berolahraga atau beristirahat dengan cukup. Kunci utamanya yakni mengelola stres dan bisa ceritakan masalahmu soal cara menerima masalah sebagai bagian dari hidupnya. Kamu perlu menerima kalau semua hal tidak bisa diubah namun bisa dikendalikan oleh dirimu sendiri.

  • Terlalu Sering Gunakan Hair Styling

Kalau kamu merasa sering mencoba berbagai macam gaya rambut, pasti sering menggunakan alat hair styling yang bisa berikan efek panas. Nyatanya panas bisa merusak protein dan kutikula rambut! Jika kutikula rusak, kelembaban rambut akan terganggu dan ini akan membuat rambut rentan patah.

Jangan langsung bersedih! Kamu bisa gunakan alat nya selama 2-3 kali seminggu saja. Sebelum menata rambutnya kamu bisa gunakan vitamin supaya tidak merusak secara langsung dari panasnya. Vitaminnya pun bisa buat kamu memiliki rambut yang ternutrisi ketimbang tidak menggunakan vitamin dan kerusakan akan cepat terjadi.

  • Diet Ketat

Diet yang ketat pun bisa menjadi gaya hidup buruk yang perlu kamu cegah, kebiasaan yang sering kamu lakukan ini bisa sebabkan rambut jadi mudah rontok. Mengapa bisa? Jelas saja bisa! Karena kamu memiliki jadwal konsumtif yang ekstrem, dimana asupan yang kamu makan tidak bisa menjaga kesehatan rambutmu.

Mereka takut jika adanya kenaikan pada berat badan selain stres ternyata kerontokan rambut yang parah pun bisa dialami orang dengan gaya hidup itu. Jika ingin memiliki persepsi yang baik untuk berat badannya, seharunya simbangkan kalori yang masuk bukan memblok semua makanan kedalam tubuh.

Kamu bisa cegah kebiasaan di keempat poin di atas, hal ini tentu saja demi kebaikan dan kesehatan yang kamu miliki untuk pertumbuhan rambutmu. Rambut sehat perlu diawali dengan gaya hidup sehat dulu, jika gaya hidupmu buruk maka kualitas rambutmu pun akan menurun, rontok hingga botak. Jadi, mulailah menjalani gaya hidup sehat dan berkualitas demi menurunkan resiko penyebab rambut mudah rontok.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here