Menjaga-Kesehatan-Anak

Haluannews.com – Hari pertama sekolah yakni hari yang sudah ditunggu-tunggu anak anda, karena mereka ini akan kembali bermain dan juga belajar bersama teman-teman mereka. Anda juga mau tidak mau pasti akan melepaskan pengawasan anak anda di sekolahan. Banyak orang tua yang ingin memiliki cara mudah menjaga kesehatan anak saat sudah mulai berkegiatan sekolah. Supaya anaknya tetap sehat saat disekolah pasti perlu menggunakan caranya.

 

Anak bisa sehat pada saat sekolah, mengapa tidak? Pada saat anak memasuki usia sekolah tentu saja tidak jarang mereka rentang terhadap penyakit dikarenakan sistem imun yang akan diuji. Berada di sekolah dengan berbagai macam kelompoknya bisa menjadi lebih mudah untuk menyebarkan virus dan bakteri. Apalagi ketika tidak berada didalam pengawasan kamu sebagai orang tua. Misalnya, ketika ada teman sekelasnya si buah hati akan terserang batuk dan juga pilek.

Teman sekelasnya juga cenderung resiko terkena penyakit yang sama. Hal ini dikarenakan mereka berada di dekat anakmu dan berada di kelas yang sama dengan hirup udara yang sama. Seperti yang telah direkomendasikan bahwa orang tua wajib periksakan kesehatan anak mulai usia 3 hingga 21 tahun sekali. Tujuannya ini tentu saja bisa mengetahui usia sekolah. Langsung saja cari tahu cara mudahnya orang tua bisa jaga kesehatan buah hati seperti berikut.

 

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Anak Meski Sudah Berkegiatan di Sekolah

Menjaga-Kesehatan-Anak

  1. Mencuci Tangan
    Mencuci tangan merupakan hal yang sangat sederhana dan hal ini wajib dilakukan oleh orang tua dalam mengoreksi perilaku anak Sudahkah dirinya mencuci tangan atau belum. Menjaga kesehatan anak meskipun sudah ber kegiatan di sekolah Mengingatkan untuk mencuci tangan tentu saja hal yang paling mudah dilakukan sebagai cara orang tua. Padahal cara ini sangat efektif sekali mencegah penyebaran mikroorganisme yang menempel pada kulit mereka dan jangan lupa Ingatkan anak supaya bisa terbiasa mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan seperti makan, pergi ke toilet, dan bersin selama 20 detik. Jika anak merasa waktu itu terlalu lama cobalah untuk ajak anak mencuci tangan sambil menyanyikan lagu ampar-ampar pisang dengan begitu anak bisa mudah sekali merasakan sensasi membersihkan tangan sambil bernyanyi. Tugas orang tua yaitu membawakan anak Hand sanitizer  setiap bepergian atau pergi ke sekolah.
  2. Rutin Sarapan Pagi
    Seperti yang kita tahu kalau sarapan pagi sebelum berangkat sekolah merupakan salah satu hal yang bisa membuat anak bisa tetap sehat saat bersekolah. Dengan sarapan maka buah hati Anda juga bisa berkonsentrasi lebih baik. 7 dari 10 anak bersekolah tidak sarapan pagi sebelum berangkat sekolah sehingga konsentrasi mereka terganggu dan tidak fokus. Jika tidak ingin anak Anda melewatkan kebaikan sarapan pagi maka coba untuk membuat makanan yang mudah dibawa dan tetap bernutrisi. Misalnya Anda bisa berikan snack bar yang mengandung kacang kedelai dan buah-buahan dari setangkup roti yang sudah ditambah dengan sayuran dan juga daging. 
  3. Mengajak Anak Olahraga
    Pada saat masuk usia sekolah anak itu cenderung ingin bersantai di akhir pekan karena sudah lelah sekali ketika beraktivitas setiap hari sebelumnya. Boleh saja membiarkan mereka itu untuk bersantai tapi sebagai orang tua Jangan lupa untuk mengajak anak untuk berolahraga. Jika Mereka terlihat tidak tertarik coba bangkitkan minatnya mengajaknya melakukan kegiatan fisik yang dia suka seperti ketika anak Anda senang bermain di air maka ajaklah untuk berenang atau anak Anda suka bermain bola basket maka bermain basket di pagi hari menjadi kegiatan yang paling menyenangkan. 
  4. Perhatikan Penggunaan Ransel
    Saat ini beberapa sekolah sudah menerapkan supaya anak-anak itu membawa buku paket masing-masing Setiap pelajarannya. Namun Sadarkah Anda kalau sang buah hati malah memiliki resiko memiliki postur tubuh yang buruk dan rentan terhadap cedera punggung atau bahu karena ranselnya terlalu berat. Maka dari itu sebagai orang tua perlu diperhatikan penggunaan ransel yang mereka inginkan untuk bepergian sekolah aman atau tidak untuk kesehatan bahu dan punggungnya. 
  5.  Tidur yang Cukup
    Hampir semua anak kurang suka dengan tidur siang ikan makan mengurangi waktu bermain mereka padahal tidur siang dengan durasi yang tepat membawa manfaat bagi anak. Menjaga kesehatan anak dengan mengatur waktu berapa jam anak butuhkan memang perlu dilakukan orang tua namun jika dilakukan tidur siang terlalu lama akan mempengaruhi jam tidur di malam harinya juga. Cobalah atur jam tidur anak dan pertahankan setiap malamnya karena ada beberapa kegiatan sebelum tidur yang mungkin bisa dicoba dan guna mereka tenang sehingga mudah terlelap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here