Cara-Mencegah-Pertengkaran

Haluannews.com – Pertengkaran dalam sebuah hubungan pastinya akan selalu terjadi, tapi kalau berlebihan juga tidak baik. Berikut ini cara mencegah pertengkaran yang bisa kamu lakukan, di dunia ini memang akan selalu ada masalah yang datang, entah itu dari luar atau dalam diri kita sendiri, terkadang masalah ini juga datang ke dalam hubungan kita dengan pasangan, sehingga tak jarang kita bertengkar dengan pasangan, walaupun memang pertengkaran sesekali diperlukan, namun jika berlebihan justru akan jadi toxic. Oleh karena itu lebih baik mencegah hal-hal yang memicu pertengkaran.

Cara Mencegah Pertengkaran Dalam Hubungan, Lakukan Ini

Cara Mencegah Pertengkaran

  1. Hindari Asumsi Buruk
    Yang pertama sebaiknya kamu hindari asumsi buruk, jika ada sesuatu yang aneh pada pasanganmu, bukannya menanyakan secara langsung kamu malam membuat asumsi sendiri di dalam kepalamu. Parahnya asumsi yang kamu buat adalah asumsi yang buruk pada pasanganmu, misalnya saat pasangan kamu pulang terlalu larut, alih-alih bertanya penyebabnya apa, kamu justru berperasangka buruk tentangnya. Sebaiknya jangan melakukan ini, dari pada kamu sibuk dan kesal sendiri, sebaiknya kamu menanyakan dengan baik-baik agar pasanganmu juga semakin merasa di mengerti, karena saat keadaan sedang lelah tapi di langsung di tuduh yang macem-macem pastinya akan membuat pasanganmu merasa kesal dan emosi.

  2. Cerita Jika Ada Masalah
    Cara mencegah pertengkaran yang selanjutnya yaitu cerita ketika kamu memiliki masalah, dalam dunia ini tidak ada satu orang pun yang terhindar daari yang namanya masalah. Jika sedang diterpa masalah dari pada kamu pendam dan terus memikirkannya sendiri, lebih baik kamu ceritakan pada pasanganmu, jangan meminta untuk pasanganmu mengerti keadaanmu, dengan cara diam dan tidak ingin cerita bisa membuat pasangan bingung. Mungkin dengan kamu memendam agar dia tidak kena dempak dari masalahmu, tapi jauh lebih baik kamu menceritakannya, agar kamu dan pasangan bisa mencari solusi bersama dari masalahmu.

  3. Hargai Pasangan
    Kamu pasti ingin dihargai bukan? Begitu juga dengan pasanganmu yang ingin dimengerti, cara menghargai tidak perlu mengeluarkan uang banyak agar pasangan mu senang. Mulai dari hal kecil terlebih dahulu saja sudah sangat cukup untuk menghargai pasanganmu, kamu bisa mulai menghargainya ketika sedang berbicara, kamu hanya perlu membuka lebar telingan dan menatap matanya. Dengan cara tersebut pasanganmu akan merasa kamu menghargainya dan memperhatikannya, tidak dihargai oleh pasangan memang sangat menyakitkan, hal ini juga dapat menimbulkan rasa kalau kamu sudah berhenti mencintainya dank arena hal ini bisa saja jadi pemicu pertengkaran. Kalau kamu tidak sadar sudah tidak menghargai pasangan, minta pasanganmu untuk mengatakan sikap burukmu agar kamu juga bisa intropeksi diri.

  4. Jangan Memaksa Pasangan Untuk Mengerti
    Cara mencegah pertengkaran yang selanjutnya yaitu jangan memaksanya untuk mengerti kamu, jika kamu merasa sering mamaksa pasanganmu sebaiknya kini berhenti untuk menuntut pasangan untuk mengerti dirimu. Kamu dan dia merupakan dua orang yang sangat berbeda, kamu tidak bisa memaksa dia untuk mengerti apa yang kamu pikirkan, karena hal tersebut sangat menyiksanya. Ingatlah tidak semua orang bisa mengerti apa yang kamu pikirkan, kalau kamu terus memaksanya untuk mengertimu tapi kamu tidak memberikan perilaku sebaliknya namanya kamu egois. Kamu memiliki mulut dan dia memiliki telinga, apa salahnya jika kamu memintanya untuk mengerti melalui sebuah obrilan, tentunya dia juga akan lebih mengerti jika kamu membicarakan dengannya.

  5. Selalu Memberi Kabar
    Untuk mencegah pertengkaran dalam hubungan kamu harus selalu memberi kabar pada pasangan, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau penyebab pertengkaran dalam sebuah hubungan adalah asumsi buruk. Untuk mengurangi kamu hanya perlu memberi kabar pada pasangan jika sedang tidak bersama, seperti yang diketahui kalau komunikasi dalam hubungan sangat penting. Tanpa komunikasi yang baik bisa menimbulkan kesalahanpahaman yang justru akan menjadi pemicu untuk pertengkaran, semudah itu yang harus kamu lakukan, hanya perlu memberikannya kabar. Harusnya ini dilakukan jika kamu menginginkan sebuah hubungan yang awet dan lebih tentram. Lagipula selalu bertengkar dengan pasangan tentunya tidak menyenangkan dan tidak baik jika dibiasakan seperti itu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here