Cara-Membuat-Tanaman-Subur

Haluannews.com – Ingin membuat tanaman menjadi lebih subur? Berikut ini cara membuat  tanaman subur dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami. Merawat tanaman tentunya tidak mudah karena kesalahan sedikit saja dapat menyebabkan tanaman di rumah jadi layu dan mati, sama seperti manusia dan hewan peliharaan. Tanaman hias juga sangat wajib diperhatikan, jika tanaman terserang penyakit akibat rumput liar atau hama, justru kesuburan tanaman juga jadi terganggu. Oleh karena itu penting mengetahui cara untuk membuat tanaman jadi lebih subur, berikut ini caranya.

Cara Membuat Tanaman Subur Menggunakan Bahan Alami

Cara-Membuat-Tanaman-Subur

  1. Menaburkan Penyedap Rasa
    Penyedap rasa selama ini dikenal  untuk menambah cita rasa makanan, tidak hanya untuk menambah cita rasa pada makanan saja. Ternyata penyedap rasa tidak hanya digunakan sebagai tambahan untuk membuat makanan menjadi lebih nikmat, namun dengan menaburkan sedikit vetsin atau penyedap rasa juga dapat menyuburkan tanaman. Kamu hanya perlu menaburkan sedikit vetsin ke permukaan media tanam, kemudian kamu bisa siram tanaman dengan air bersih sedikit demi sedikit agar vetsin bisa meresap ke dalam tanah. Kamu bisa mengulangi cara tersebut setidaknya satu kali dalam seminggu agar tanaman kamu bisa kembali subur.

  2. Menggunakan Kulit Bawang
    Cara membuat tanaman subur yang selanjutnya yaitu bisa menggunakan kulit bawang, kamu pasti sering melihat beberapa orang mengunakan sisa kulit bawang putih di dalam pot tanamannya. Bahan dapur yang satu ini biasanya langsung dibuang, tapi jangan dibuang dulu karena kulit bawang bisa kamu manfaatkan jadi penyubur tanaman, baik bawang putih maupun bawang merah bisa dijadikan penyubur tanaman. Caranya cukup mudah, pertama kamu bisa merendam sisa kupasan kulit bawang dalam air secukupnya selama satu malam, kemudian siramkan air tersebut ke tanaman yang mulai layu. Biarkan kulit bawang yang ada di dalam rendaman air tadi berada di media tanam untuk membuat tanaman semakin tumbuh subur.

  3. Menggunakan Kulit Pisang
    Yang selanjutnya menggunakan kulit pisang, tidak hanya buahnya yang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehata, ternyata kulit pisang juga bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman. Terutama tanaman yang sudah layu atau bungannya yang tidak kunjung mekar, caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan kulit pisang selama beberapa hari hingga terlihat kecoklatan dan kering. Kemudian letakan kulit pisang di media tanam untuk membantu tanaman agar menjadi subur ke,mbali, kamu juga bisa menumbuk halus kulit pisang hingga lembut, kemudian taburkan setiap pagi dan sore pada tanaman. Coba cara ini jika ingi tanaman yang kamu miliki jadi tumbuh subur.

  4. Menyebarkan Ampas Teh
    Cara membuat tanaman subur yang selanjutnya yaitu kamu bisa menggunakan ampas teh, bahan di dapur yang satu ini memang dipercaya baik untuk menyuburkan tanaman. Biasanya ampas teh dibuang begitu saja, padahal kamu bisa menggunakannya sebagai penyubur tanaman, buat kamu yang suka minum teh dipagi hari, sebaiknya jangan langsung membuang sisa ampasnya. Kamu bisa meletakan ampas dari teh di pot tanaman untuk menyuburkan tanaman, atau kamu bisa membenamkan ampas teh ke dalam tanah agar lebih mudah diserap oleh akar tanamannya. Jika menggunakan teh celup, maka kamu busa membuka terlebih dahulu kertas pembungkusnya dan menaburkan ampasnya ke atas media tanam.

  5. Menaburkan Cangkang Telur
    Yang selanjutnya bisa menggunakan cangkang  telur, buat kamu yang suka makan telur jangan langsung membuang cangkangnya karena bisa kamu manfaatkan sebagai penyubur tanaman. Sebab cangkang telur dapat dimanfaatkan untuk mengusir hama sekaligus untuk menyuburkan tanaman, caranya juga cukup mudah yaitu kamu hanya perlu membersihkan cangkang telur, kemudian dihancurkan dan sebarkan di sekitar tanaman. Hama tanaman seperti siput akan menjauh dari tanaman karena takut tubuhnya terluka oleh cangkang.

  6. Memangkas Rumput Liar
    Cara membuat tanaman subur yang selanjutnya yaitu harus memangkas rumput liar, jika memiliki tanaman dirumah kamu juga harus memperhatikan lingkungan sekitar tanaman secara berkala. Jangan sampai ada rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman, pasalnya rumput liat dapat membuat tanaman terserang hama dan penyakit, itu mengapa kamu wajib memangkas dan membersihkan rumput liar yang tumbuh di sekiatr tanaman secara berkala.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here