Cara-Kurangi-Sampah

Haluannews.com – Ternyata cara kurangi sampah di tengah pandemi seperti ini perlu diterapkan, kenapa? Karena banyak lingkungan yang sudah tercemari sampah. Meski sudah di terjang badai wabah penyakit, setidaknya kita sebagai manusia bisa melakukan sesuatu demi bisa kurangi sampah. Ketika jalani work From Home atau malah sedang sibuk melakukan kegiatan belajar online memang sering buat banyak orang mengalami stress berat. 

Liburan ke pantai dengan tetap menjalani protokol kesehatan adalah sebuah aturan di masa pandemi. Merasakan hembusan angin yang segar dan makan seafood di tepi pantai bisa buat otak produksi hormon endorfin yang bikin kita nantinya bahagia. Namun memang sering silau kita menjumpai banyak sampah yang berserakan di tempat liburan yang mengganggu suasana pemandangan. 

Tetapi rupanya sampah sering mengusik kehidupan lingkungan di bagian darat maupun lautan hingga buat banyak hewan kehilangan habitatnya. Dimana sampah juga sering diartikan kalau sampah menjadi makanan mereka di bawah laut. Kemudian apa yang bisa untuk kita lakukan? Setelah menemukan ceceran sampah dimana-mana seperti itu, kalau begitu langsung saja ikuti cara yang wajib diketahui dan ikuti untuk mengurangi populasi sampah tersebut dengan cara dibawah ini.

Cara Kurangi Sampah yang Perlu Dilakukan di Tengah PandemiCara-Kurangi-Sampah

  1. Hindari Produksi Sampah
    Demi bisa usaikan pandemi Covid-19, pemerintah melakukan edukasi untuk masyarakat dalam menerapkan program menjaga jarak. Hal ini memicu banyaknya orang untuk melakukan panic buying demi memenuhi kebutuhan pokok yang bisa mereka borong semua dalam produk kesehatan seperti desinfektan dan juga obat-obatan. Pembelian panik ini bisa meningkatkan pembuangan produk dan sisa makanan yang akhirnya bisa hasilkan berton-ton sampah dan juga limbah. Masker, pelindung mata, face shield dan gaun medis hingga penutup kepala medis merupakan sampah setelah digunakan.  Pentingnya  hindari kegiatan harian ini untuk sementara waktu dan dapat bantu kurangi limbah media sekligu menyudahi klaster penyakit.
  2. Jangan Bakar Sampah Sembarangan
    Banyak orang yang tidak ingin repot dalam mengelola pembuangan akhir. Beberapa oknum tentu saja akan melakukan siram bensin dan minyak tanah ke tumpukan sampah lalu dibakar di tempat terbuka. Padahal bahaya yang diakibatkan dari hasil pembakaran sampah yang tidak bisa untuk dianggap sepele karena bisa perburuk pemanasan global. Tidak hanya itu saja tetapi asap ini bisa merusak ozon pada bumi.
  3. Kelompokan Jenis Sampah
    Di negara barat yang maji untuk mengubah tumpukan sampahnya bisa menjadi energi dan hal itu bisa dimulai dengan pengelompokan sampah saja. Sebelumnya mereka memilah dengan mengelompokkan mana sampah organik dan anorganik, Dimana kemudian mereka akan menggunakan mesin canggih untuk ubah limbah jadi energi. Mesin itu bakal bekerja bakal sampah dengan aman di tempat susu kemudian panasnya api bisa timbukan uap yang menggerakan turbin hingga menjadi listrik. Sisanya dapat digunakan sebagai bahan konstruksi. Semua limbah dapat digunakan kembali kecuali abu yang terbang dan terbuang dari fasilita limbah berbahaya.
  4. Daur Ulang Sampah Anorganik
    Sampah anorganik ini merupakan sampah yang bisa dikatakan sangat sulit untuk diuraikan secara alami. Beberapa contoh sampah anorganik itu plastik, kaca, aluminium, logam dan banyak lainnya. Sampah anorganik ini berasal dari mineral yang menghancurkannya saja bisa butuhkan waktu ratusan tahun. Cara mudah daur ulang sampah anorganik yakni dengan buatkan sebuah kerajinan dengan kerajinan sampah anorganik.  Kita tidak akan dapatkan limbah yang beracun ketika semuanya bisa dipilah pilah dengan baik. Bagaimana dengan sampah organiknya?
  5. Olah Sampah Organik Jadi Kompos
    Jangan berlebihan ketika kita belanja bahan makan supaya tidak ada yang terbuang dengan percuma Sampah sisa bahan makanan termasuk kedalam sampah organik. Mengolah sampah organik ini menjadi pupuk kompos yang bakal bermanfaat. Pupuk kompos sendiri sangat berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tanah yang baik untuk tanaman. Gunakan cara kurangi sampah di tengah pandemi seperti sekarang dengan kelima cara di atas dengan mudah untuk dapatkan banyak keuntungan untuk diri sendiri. Cara di atas sangat mudah sekali untuk diikuti dan cocok diterapkan selama masa pandemi yang berlangsung untuk menjaga lingkungan tetap bersih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here