Mata-Manula-Tetap-Tajam

Haluannews.com – Masalah pada mata dan penglihatan bagi seseorang yang sudah lansia memang sering sekali mengalami Katarak dan kebutaan fatalnya. Hal ini tidak bisa dibilang umum kalau bisa dicegah dengan jaga mata Manula bisa tetap tajam, yang mudah. Tidak hanya itu saja, masalah kesehatan yang rentan dialami oleh orang tua yakni seperti diabetes, tekanan darah tidak normal, penyakit kardiovaskular dan meningkatkan risiko penyakit mata terkait usia. 

Penglihatan yang buruk dapat mengakibatkan kegiatan menjadi terbatas tentunya, padahal tetap aktif itu tetap penting dan demi kesejahteraan. Paling utama bagi lansia yang perlu melakukan strategi untuk menjaga penglihatannya bisa tetap sehat. Kata siapa sudah terlambat? Meski tidak dijaga sejak kecil, para lansia bakal bisa menjaga penglihatannya supaya tetap sehat dengan cara yang mudah seperti beberapa cara berikut ini. Langsung saja simak dengan baik yang perlu kamu ketahui soal penjagaan fungsi mata seorang lansia yang bisa mereka coba.

Cara Mudah Jaga Mata Manula Tetap Tajam PenglihatanMata-Manula-Tetap-Tajam

  1. Berikan Nutrisi Mata dengan Olahraga
    Mata butuh sekali sirkulasi darah dan asupan oksigen yang baik juga hal ini cara mudah untuk jaga mata manula tetap tajam, dalam penglihatan. Olahraga yang teratur tentu saja akan membantu dan menjaga berat badan yang tetap normal. Bahkan bisa mengurangi resiko diabetes, diabetes itu sendiri merupakan masalah kesehatan yang beresiko bahayakan mata. Latihan yang lembut seperti jalan kaki, yogya atau perengana dalam pernapasan bisa menjadi cara yang efektif untuk jaga kesehatan. Namun, instalan untuk gunakan kacamata pelindung saat melakukan olahraga dan kegiatan di luar ruangan. Cara satu ini ternyata sangat mudah ,bukan? Jadi bagi kamu yang memiliki orang tua hampir memasuki usia lansia setidaknya bisa cegah kebutaan dengan cara mudah ini saja.
  2. Tidur yang Nyenyak
    Ketika tidur, mata kita bisa mendapatkan banyak pelumas yang terus menerus. Tidak hanya itu saja, selama tidur mata juga bisa membersihkan dirinya sendiri dari pemicu yang bisa buat iritasi, seperti debu, alergen atau asap yang mungkin menumpuk di siang hari. Sek opeka cahaya di mata oenting sekali mengatur siklus bangun tidur, fungsi ini menjadi penting seiring bertambahnya usia karena dia seseorang lebih rentan bisa punya masalah insomnia. Untuk itu, tidak hanya cukup tidur saja untuk dapatkan paparan cahaya alami setiap hari untuk bantu pertahanan siklus tidur bangun yang normal. 
  3. Gunakan Pencahayaan yang Baik
    Ketika usia berada diatas 60 tahun, mata butuh sekali cahaya 3 kali lebih banyak untuk melihat dengan baik ketimbang saat usianya berusia 20 tahun, Kamu bisa meningkatkan intensitas cahaya dirumah dengan menjaga jendela tetap bersih dan membuka tirai pun tidak akan debu yang mengotori mata. Pastikan juga untuk memiliki penerangan listrik yang baik sehingga lansia di rumah dapat melihat dengan jelas dan bisa beraktivitas yang baik juga Untuk kegiatan membaca atau pekerjaan jarak dekat gunakan cahaya langsung dari lam-u meja yang fleksibel.
  4. Lindungi Mata dari Sinar Ultraviolet
    Paparan sinar Matahari ini b isa raja  meningkatkan resiko yang bakal menangani masalah mata. Jadi kita semua ini atau ortu paling utama perlu gunakan kacamata hitam supaya tidak secara langsung terpapar sinar Uv build untuk melindungi mata dari sinar yang berbahaya. Melindungi mata sinar matahari yang berbahaya ini memang sangat penting dan tidak hanya kacamata hitam saja untuk dapatkan perlindungan nya yang ekstra, karena dengan memakai topi yang memiliki pinggiran untuk melindungi mata pun bisa digunakan.
  5. Jangan Merokok
    Merokok memang kegiatan yang sudah lama menjadi pemicu berbagai masalah dan kanker paru-paru. Namun banyak yang tidak sadar kalau rokok bisa menyebabkan hilang penglihatan. Merokok ini terbukti meningkatkan resiko degenerasi manula terkait usianya. Kalau merokok keempat cara di atas sudah diterapkan pun akan percuma untuk jaga mata manula tetap tajam lantaran akan memberikan resiko yang sangat berat seperti katarak dan glaukoma dan sindrom mata kering pun bisa terjadi begitu saja. Langsung saja terapkan lima cara ini dengan benar sehingga masa tua anda atau orang tua anda tetap bisa melihat dengan penglihatan yang baik meski sudah menjadi manula.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here