Cara-hadapi-pasangan-posesif

Haluannews.com – Berikut ini ada beberapa cara hadapi pasangan posesif, dalam sebuah hubungan mungkin di antara kamu atau pasanganmu pasti ada saja yang memiliki sifat posesif. Sifat seperti ini sendiri sebenarnya tidak baik jika terus dibiarkan. Tak jarang juga kamu pasti merasa sangat tertekan dengan sikap posesif yang memiliki pasangan kamu, dan lama kelamaan sifat seperti ini justru menimbulkan rasa tidak nyaman di antara kamu atau pasanganmu. Over perhatian biasanya menjadi ciri khas pasangan yang posesif, mereka selalu ingin tahu kamu sedang dimana, dengan siapa dan apapun semuanya harus jelas, daripada kamu terus tertekan, berikut ini ada beberapa cara untuk menghadapi pasangan yang posesif.

Cara Hadapi Pasangan Posesif Tanpa Emosi BerlebihanCara-hadapi-pasangan-posesif

  1. Komunikasikan Apa Yang Membuat Kamu Tidak Nyaman
    Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menghadapi pasangan yang posesif yaitu mengkomunikasikan apa yang membuat kamu tidak nyaman. Mengkomunikasikan ketidaknyamanan yang kamu rasakan atas perilaku yang posesif menjadi cara yang paling efektif untuk dilakukan, berbicara dari hati ke hati juga sangat penting untuk menghadapi pasangan kamu yang posesif. Kamu dan pasangan juga harus saling mengutarakan perasaan dengan terbuka agar menjadi titik terang dari konflik yang kamu hadapi. Harapannya kamu bisa mengetahui tentang alasannya selama ini mengapa ia bersikap posesif pada kamu, sehingga kamu dan pasangan bisa lebih mudah untuk mencari jalan keluar untuk masalah kamu dengan nya. Dengan kamu memberitahu rasa tidak nyaman yang kamu rasakan, akan membuat pasangan sadar dan ingin berubah menjadi yang lebih baik lagi, tapi perlu kamu ingat juga untuk menyampaikan hal seperti ini pastikan suasana hati pasangan kamu sedang baik dan bisa diajak untuk berkomunikasi.

  2. Berusaha Selalu Jujur
    Cara hadapi pasangan posesif yang selanjutnya yaitu kamu harus berusaha jujur dengan pasangan, perlu kamu ingat kejujuran dalam hubungan itu sangat penting untuk mempertahankan hubungan kamu. Jika dalam hubungan saja tidak ada kejujuran di antara kamu dengan pasanganmu, kedepannya akan sulit karena bisa saja kamu baru mengetahui hal tidak terduga dari pasangan karena tidak jujur selama ini dan berujung dengan pertengkaran. Sebenarnya orang yang bersikap posesif itu bisa jadi karena merasa kurang percaya dengan pasangannya, ini lah yang menjadi kunci kalau kamu harus selalu berusaha jujur pada pasangan agar mendapatkan kepercayaan penuh pada kamu.

  3. Mengenalkan Pasangan Pada Lingkungan Pertemanan Dan Keluarga
    Yang selanjutnya bisa kamu lakukan yaitu mengenalkan pasangan pada lingkungan pertemanan dan keluarga. Curiga dan cemburu menjadi paket komplit yang dimiliki oleh orang posesif, biasanya mereka akan melarang kamu untuk bergaul yang menjadi cara mereka untuk memastikan kamu tidak bisa berbuat macam-macam. Tentunya hal seperti ini sangat toxic, dan lama kelamaan akan membuatnya kamu tertekan dengan tingkahnya, untuk membuatnya berubah mungkin kamu bisa mengenalkan lingkungan pertemanan dan keluargamu. Dengan begini sikap yang posesif tersebut lama kelamaan akan berangsur berkurang karena dia merasa kalau kamu sangat menghargainya dan tidak malu untuk mengenalkan kamu ke teman-temannya.

  4. Berikan Ketegasan Dan Batasan Yang Jelas
    Cara hadapi pasangan posesif yang selanjutnya yaitu memberikan ketegasan dan batasan yang jelas. Jangan mau jika kamu terus ditekan tidak boleh ini itu karena kamu juga berhak untuk menentukan jalan hidup kamu sendiri, jika kamu membiarkan dan bersikap pasrah yang ada pasangan kamu juga akan semakin keterlaluan dengan sikap posesifnya tersebut. Kamu juga harus membuat batasan yang jelas dan lebih tegas dengan sikap kamu, ketegasan yang kamu tunjukkan akan membuka matanya kalau yang mereka lakukan itu sudah melebihi dari batas wajar. Semoga dengan cara kamu seperti itu akan membuat pasangan kamu yang tadinya posesif bisa lebih santai dan tidak bersikap posesif lagi dengan kamu.

  5. Sesekali Bersikap Posesif Juga Agar Dia Merasakannya
    Cara yang terakhir yaitu kamu bisa untuk sesekali bersikap posesif seperti yang pasangan kamu lakukan pada kamu, kebanyakan orang tidak menyadari akan kesalahannya. Bisa jadi pasangan kamu juga selama ini tidak menyadari kalau sikapnya selama ini posesif, oleh karena itu kamu bisa mencoba untuk sesekali bersikap posesif balik padanya. Bukan maksudnya untuk membalas dendam, tapi kamu bisa melakukan ini untuk menyadarkan pasangan kamu atas sikap posesifnya. Oleh karena itu coba untuk sesekali bersikap posesif balik padanya, semoga dengan cara ini dia bisa sadar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here