Manfaat-Konsumsi-Ikan-Gabus

haluannews.com – Manfaat konsumsi ikan gabus secara rutin bisa menjadi cara untuk memenuhi kebutuhan asupan protein yang baik setiap hari. Ikan gabus adalah spesies ikan air tawar yang umum ditemukan di kawasan Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Ikan gabus sendiri memiliki nama Latin Cana striata tergolong sebagai ikan predator buat yang memangsa serangga dan hewan air kecil di habitat aslinya.

Ikan gabus dengan sebutan yang berbeda di beberapa daerah dikenal dengan sebutan kutub kalau di Jawa Timur dan Jawa Tengah tapi kalau di suku Betawi ikan gabus dikenal nama kocolan. Ada juga beberapa daerah yang mengenal ikan gabus itu dengan nama kabos, bocek, aruan, haruan, dan lain sebagainya. Ikan gabus adalah ikan air tawar yang liar dan dibudidayakan di sungai atau di Waduk menggunakan keramba.

Bahkan peningkatan kebutuhan ikan gabus turut mempengaruhi ketersediaan stok di perairan umum. Ikan air tawar ini membikin yang ekonomi yang terus meningkat karena rasanya enak dan ketersediaannya juga sepanjang tahun. Ikan gabus sendiri memiliki daging yang tebal dan sering diolah menjadi kerupuk empek-empek, ikan asin dan ikan asapan.

Mungkin sebagian dari kamu mengenal kalau ikan gabus memiliki kondisi fisik dengan kepala mirip ular karena memanjang dan warna gelap. Sebagai salah satu jenis fauna yang hidup di perairan air tawar ikan gabus ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kamu Yang penasaran langsung saja cari tahu dari sederet manfaat di bawah ini.

Sederet Manfaat Konsumsi Ikan Gabus Bagi Kesehatan

Manfaat-Konsumsi-Ikan-Gabus

  • Mencegah Terjadinya Pembengkakan

Manfaat konsumsi ikan gabus bagi kesehatan yaitu bisa mencegah terjadinya pembengkakan. Ikan gabus hidup di air tawar memiliki manfaat yang penting dalam pencegahan pembengkakan dan kandungan albumin atau protein pada ikan gabus berperan krusial.

Pembengkakan sendiri dikarenakan sel darah mulai kehilangan bentuknya dan studi menyebutkan albumin tidak tercukupi akan membentuk sebuah endapan-endapan darah di berbagai bagian tubuh. Dan endapan darah yang terbentuk akan menyebabkan terjadinya bengkak dan lebam pada tubuh. Maka dari itu mengonsumsi ikan gabus dengan rutin diketahui efektif sekali mencegah terjadinya pembengkakan.

  • Mempertahankan Cairan Dalam Tubuh

Seperti yang kita tahu 70% tubuh manusia terdiri dari cairan dan manusia harus cukup kebutuhan cairan tersebut untuk menghindari dehidrasi berat yang tidak diinginkan. Melakukan proses metabolisme, sel-sel tubuh tentu butuh asupan cairan yang cukup dalam mengonsumsi makanan dan minuman setiap harinya.

Sehingga mengonsumsi ikan gabus secara rutin diketahui mampu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Ikan gabus yang kaya akan kandungan albumin bisa membantu kamu untuk memenuhi cairan dalam darah sehingga cairan tubuh lebih seimbang. Sebuah penelitian mengungkapkan kalau kandungan albumin sendiri pada ikan gabus memiliki peran penting mempertahankan homeostasis dalam tubuh.

  • Menyimpan Nutrisi

Ikan gabus dikenal dengan istilah snakehead karena memang kepalanya seperti ular berkepala hitam tetapi sangat bermanfaat karena menyimpan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh manusia seperti kandungan albumin yang dimiliki oleh ikan gabus. Kandungan tersebut mampu membantu menyimpan dan mencerna vitamin dalam lemak.

Bahkan senyawa albumin sendiri bisa menyimpan beberapa protein hormon dan mineral yang akan diedarkan ke seluruh tubuh. Saat manusia kekurangan albumin Ada kemungkinan besar terjadi gangguan pada sistem peredaran darah dan demi menghindari hal itu sangat disarankan ikan gabus menjadi asupan rutin.

  • Membentuk Sel Darah Putih

Terakhir manfaat mengkonsumsi ikan gabus dengan nutrisi baiknya yaitu membentuk sel darah putih. Sel darah putih sendiri diketahui memiliki fungsi penting dalam sistem pertahanan atau kekebalan tubuh. Sel darah putih sendiri memiliki sifat fagosit yang menjadi pertahanan utama ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh dan kandungan nutrisi pada ikan gabus sangat dipercaya mampu membentuk sel darah putih tersebut.

Itulah ulasan lengkap mengenai manfaat konsumsi ikan gabus. Dari keempat manfaat untuk mengkonsumsi ikan gabus di atas, mana yang ingin sekali kamu dapatkan manfaatnya? Kamu yang baru mengetahui beberapa manfaat penting ikan gabus untuk kesehatan tubuh. Tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi secara rutin karena nutrisi yang terdapat pada ikan gabus sangat baik untuk tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here