atasi gangguan kecemasan

haluannews.com РBagi kamu yang memiliki gangguan kecemasan tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk atasi gangguan kecemasan. Makanan menjadi pelarian yang baik saat kondisi psikologis sedang tidak stabil, sebuah studi mengatakan kalau makanan menjadi alat yang kuat untuk meredakan gejala gangguan kecemasan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Karena asupan gizi yang kita dapatkan dari makanan dapat membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik, namun ini juga berlaku ketika kamu mengikuti pola makan yang tepat, tapi kalau kamu tidak memiliki pola makan  yang baik justru akan membuat keadaan kamu semakin buruk.

Saat seseorang memiliki gangguan kecemasan tentunya akan merasa tidak nyaman, tapi tenang saja karena hal ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang memang dipercaya ampuh untuk membantu gejala kecemasan. Berikut ini makanan yang wajib kamu konsumsi secara rutin.

Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Untuk Atasi Gangguan Kecemasan

 

Atasi Gangguan Kecemasan
Cokelat Hitam

Coklat hitam atau yang lebih dikenal dark coklat memiliki banyak manfaat yang ternyata baik untuk mengurangi gangguan kecemasan serta dapat mengurangi stress, sebuah studi menyebutkan kalau kandungan polifenol flavonoidnya dapat mengurangi inflamasi sistem saraf dan sel yang mati di dalam otak. Kedua hal tersebut termasuk faktor di balik meningkatkan kecemasan seseorang, tidak hanya itu saja ternyata coklat juga membuat mood seseorang lebih baik. Hal ini karena saat mengkonsumsi coklat, otak akan mengeluarkan serotonin, hormone yang dapat menimbulkan perasaan bahagia, tapi sebaiknya pilih dark coklat karena memiliki kandungan gula yang sedikit.

atasi gangguan kecemasan
Jeruk

Siapa sangka ternyata jeruk menjadi salah satu makanan yang baik untuk atasi gangguan kecemasan. Penyebab stress sendiri yaitu meningkatnya kadar kortisol dalam tubuh, kortisol merupakan hormon yang memicu munculnya perasaan stress, ketika kadar tersebut meningkat maka tubuh akan memasuki mode waspada sehingga kecemasan pun melanda. Untuk mengatasinya kamu perlu asupan vitamin C yang bisa di dapat dari jeruk, lemon, jeruk nipis dan buah atau makanan lain yang mengandung vitamin C tinggi.

atasi gangguan kecemasa
Asparagus

Asparagus menjadi salah satu sayuran yang dikenal memiliki kandungan baik dan berkhasiat untuk tubuh, selain itu juga berkhasiat untuk psikologis juga. Asparagus ternyata dapat mengurangi gejala gangguan kecemasan dan membuat tubuh menjadi lebih rileks, karena sayuran yang satu ini memiliki kandungan Vitamin B dan folat yang cukup tinggi, kedua kandungan tersebut memiliki kaitan yang erat untuk mengurangi depresi. Kamu bisa masukan asparagus ke dalam menu makan kamu sehari-hari.

atasi gangguan kecemasa
Teh Hijau

Teh hijau memang sejak zaman dahulu sudah dipercaya untuk atasi gangguan kecemasan karena memiliki kandungan asam amino yang bernama theanine. Tidak hanya itu saja, seperti sudah banyak yang mengetahui kalau teh hijau bermanfaat untuk kesehatan maupun kecantikan, dari segi kecantikan sendiri teh hijau dapat menjaga kulit agar tetap awet mudah dan terhindar dari jerawat, sedangkan untuk kesehatan teh hijau dapat menjaga kesehatan tubuh, mengurangi resiko kanker, saat mengkonsumsi teh hijau kamu dapat merasakan efek menenangkan ketika sedang sedih, depresi dan cemas. Zat yang terkandung di dalam teh hijau berperan sebagai anti anxiety dan dapat meningkatkan serotonin dan dopamine, kamu dapat mengkonsumsinya setiap hari dalam batas yang dianjurkan.

atasi gangguan kecemasan
Chamomile

Sama seperti teh hijau yang memiliki fungsi untuk kesehatan maupun kecantikan, chamomile memang sudah terkenal dengan khasiatnya untuk mengobati gangguan kecemasan. Sebuah studi mengatakan kalau chamomile terbukti dapat membuat kita lebih tenang, hal ini karena Bunga tersebut memiliki kandungan anti inflamasi, antibakteri, relaksan, dan antioksidan. Chamomile juga dapat meredakan gejala nya namun tidak bisa mencegah untuk kambuh lagi, ia juga aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang dan tidak menimbulkan efek samping apapun, kamu dapat mengkonsumsinya dalam bentuk tablet, cairan, kapsul maupun teh.

 atasi gangguan kecemasan
Yogurt

Yogurt yang selama ini kita kenal baik untuk pencernaan ternyata baik untuk atasi gangguan kecemasan, yogurt diketahui memang memiliki efek positif pada kesehatan otak seseorang. Menurut sebuah jurnal, bakteri baik yang ada pada yogurt dapat mengurangi inflamasi yang merupakan salah satu pemicu gangguan kecemasan, selain itu makanan fermentasi ini juga dapat mengurangi gangguan kecemasan sosial dan meningkatkan rasa bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here