Alasan-Menjaga-Prasangka-Baik

Haluannews.com – Ada beberapa alasan menjaga prasangka baik itu sangat penting, pastinya di lingkungan kamu pernah menemukan seseorang yang sering berprasangka buruk. Prasangka buruk sangat tidak baik untuk kehidupan kamu, setiap orang pastinya pernah merasakan hal ini.

Namun jika disadari apa yang kamu dapat dari prasangka buruk? Justru kamu semakin berpikir negatif yang belum tentu pikiran kamu itu benar, bahkan prasangka buruk bisa merusak mental kamu. Oleh karena itu mengapa sangat penting untuk kita semua selalu berprasangka baik dengan orang lain meskipun kamu tidak tahu apakah orang tersebut tulus dengan mu atau tidak.

Prasangka baik merupakan sikap mental yang mampu melihat sisi positif dalam segala situasi, orang yang sering berprasangka baik biasanya tidak akan tergesa gesa melakukan sebuah penilaian, ia akan mencari tahu terlebih dahulu alasan apa dibalik sikap atau perilaku seseorang tersebut.

Hal ini membuatnya menjadi pribadi yang lebih toleran dan tidak main hakim sendiri, jika kamu dapat menjaga prasangka baik akan banyak manfaat yang kamu dapatkan. Mungkin hal ini sulit bagi kamu untuk terus berprasangka baik setelah pernah dikecewakan, namun tidak ada salahnya jika kamu mencoba hal ini.

Alasan Menjaga Prasangka Baik Untuk Kehidupan yang Lebih Baik

Alasan-Menjaga-Prasangka-Baik

     1. Emosi Lebih Terkendali

Jika kamu selalu berprasangka baik maka kamu jadi lebih mudah mengontrol emosi kamu, tidak mudah marah, labil atau meledak ledak saat marah. Setiap ada hal yang mengecewakan, orang yang berprasangka buruk akan meledak ledak dan sangat marah.

Jika kamu bisa berprasangka baik jangan langsung marah sebaiknya bertanya terlebih dahulu apa penyebab orang tersebut bisa mengecewakanmu. Sikap seperti ini tidak hanya membuatmu lebih bahagia, orang orang disekitar kamu juga jadi senang bergaul denganmu karena kamu bukanlah tipe bersumbu pendek atau gampang ngegas.

     2. Mengurangi Stres

Alasan mengapa harus menjaga prasangka baik selanjutnya kamu bisa mengurangi stress, jika kamu sering memandang negatif dari orang lain atau sering berprasangka buruk maka kamu akan lebih mudah stress karena selalu memikirkan hal yang tidak benar.

Tapi jika kamu terbiasa memandang sesuatu dari segi positifnya, hidup kamu menjadi jauh dari kata stress. Kamu dapat terhindar dari prasangka yang tidak tidak pada orang lain atau pikiran buruk pada situasi tertentu. Jika kamu sering bersikap seperti ini akan mendukung kesehatan mental kamu sehingga terhindar dari depresi dan gangguan kecemasan.

     3. Membuatmu Disukai Banyak Orang

Orang yang sering berburuk sangka lebih banyak tidak disukai karena membawa hal negatif ke dalam lingkup pertemanan. Namun jika kamu salah satu orang yang selalu prasangka baik orang tentunya jauh lebih senang bergaul dengan kamu yang berkepala dingin, dibanding mereka yang mudah sekali marah marah atau gampang sekali menghakimi seseorang.

Berprasangka baik membuatmu selalu menganalisis situasi dari berbagai sudut pandang dan lebih bisa memberi penilaian secara objektif, dibanding orang yang berprasangka buruk akan lebih sering menghakimi tanpa tahu penyebabnya dan tidak ingin mencari tahu bagaimana kronologisnya.

     4. Lebih Sukses

Alasan mengapa menjaga prasangka baik tidak hanya berkaitan dengan hubungan social saja, namun juga bagaimana kamu melihat peluang. Orang yang prasangka baik tidak akan ciut, tapi justru berani mengambil peluang tersebut karena melihat ada potensi keberhasilan di sana.

Hal ini membuatmu lebih sukses dibanding orang orang yang berprasangka buruk karena terbiasa melihat buruknya dibanding baiknya terlebih dahulu, tanamkan sikap ini dan buktikan kamu bisa sukses dari orang yang berprasangka buruk.

     5. Lebih Dekat dengan Tuhan

Jika kamu sering berprasangka baik akan membuat hubunganmu dengan tuhan menjadi lebih dekat, kamu terhindar dari pikiran yang buruk ketika sedang tertimpa masalah atau kesulitan. Dengan berprasangka baik, kamu yakin bahwa kesulitan yang diberikan oleh tuhan ini untuk membentukmu jadi pribadi yang lebih kuat lagi. Dan di dalam dirimu selalu tertanam keyakinan yang lahir dari prasangka baik.

Jika kamu selalu menjaga prasangka baik dalam hidup kamu bisa membuat kehidupanmu lebih bahagia, jauhi prasangka buruk yang bisa menggelapkan pikiran dan memberikan kamu tekanan batin, ingat selalu prasangka buruk akan membawa kamu pada kebaikan, mulai sekarang pelan pelan merubah pola pikir kamu untuk hidup yang lebih bahagia. Itulah beberapa alasan menjaga prasangka baik agar hidupmu lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here