Cegah Penyakit Anemia

haluannews.com – Merupakan nutrisi yang sangat penting untuk bertanggung jawab dalam fungsi semua tubuh, bila kamu kekurangan zat besi tidak heran kalau kalian kekurangan zat besi pasti kamu akan mengalami anemia. Anemia sendiri merupakan arti seseorang yang mengalami kurang darah yang ditandai dengan mudah lelah, nafas pendek dan sering sekali alami sakit kepala. Supaya kamu bisa terjauhi gejalanya, kamu wajib cegah penyakit anemia dengan mengkonsumsi makanan seperti sayur dan buah yang memiliki sumber zat besi tinggi.

Sumber zat besi sendiri sudah sangat terkenal dan sudah sering dikonsumsi banyak orang seperti daging, ikan dan kerang-kerangan. Tetapi, untuk para vegetarian juga tetap bisa mendapatkan zatnya dari buah, sayur  dan sumber nabati. Berikut ini merupakan jenis sayuran dan buah yang bisa kamu konsumsi untuk menjadi sumber zat besi pilihan yang bagus dalam pencegahan terjadinya kekurangan darah seperti gejala anemia. Langsung saja simak dengan baik supaya kamu tidak salah pilih!

Jenis Buah Dan Sayur Sumber Zat Besi Untuk Cegah Penyakit Anemia

 

Cegah Penyakit Anemia
Zaitun

Zaitun merupakan buah yang memiliki sumber zat besi tertinggi dengan tawaran 3,3 mg zat besi setiap onsnya untuk kamu konsumsi sebagai upaya cegah penyakit Anemia. Zaitun sendiri dapat memenuhi kebutuhan harian. Apalagi kalau buah zaitun segar yang dikonsumsi akan mendapatkan sumber serat, lemak baik, dan vitamin A dan E. Hasil dari penelitian bahwa zaitun mengandung berbagai senyawa yang bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan salah satunya menurunkan risiko penyakit jantung. 

Cegah Penyakit Anemia
Mulberry

Buah Mulberry memiliki nilai gizi yang sangat luar biasa, jenis berry ini mengandung 2,6 mg zat besi setara 14 persen kebutuhan harian dan juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin C hingga 85 persen. Bukan hanya itu kandungan antioksidannya dalam buah ini juga menawarkan perlindungan terhadap; penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis penyakit kanker. Rasanya yang asam dan sedikit manis ini bisa kamu jadikan sumber zat pilihan yang tepat. Kamui bisa konsumsinya dengan menjadikan selai atau dimakan langsung saat buahnya masih segar. Cocok juga loh untuk dikonsumsi para penderita kolesterol tinggi, guna menurunkan kadar kolesterol menjadi normal kembali. Kalau kamu suka tidak dengan buah Mulberry?

Cegah Penyakit Anemia
Prune

Prune atau plum yang sudah dikeringkan bisa membantu kamu untuk mengatasi sembelit karena memiliki efek pencahar yang ringan. Tetapi selain itu, Prune juga merupakan sumber zat besi yang baik untuk tubuh. Tiap cangkir plum  sekitar 3 mg zat besi atau 17 persen untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Jika kamu suka mengkonsumsinya dengan di jus, maka serat, kalium, vitamin C, Vitamin B6 serta mangan bisa kamu dapatkan dengan mudah. 

Cegah Penyakit Anemia
Tomat

Zat besi yang diberikan oleh tomat memang kecil, sekitar 0,5 mg zat besi saja. Tetapi kalau kamu keringkan maka zat besi yang berada di tomat akan lebih banyak. Sebagai contohnya 118 ml atau setengah dari cangkir pasta tomat yang menawarkan 3,9 mg zat besi sekitar 22 persen dapat memenuhi kebutuhan harian dan zat besi. 1 cangkir saus tomat dapat memenuhi 11 persen kebutuhan zat besi. Kemudian setengah cangkir yang dikeringkan menyediakan 1,3-2,5 mg zat besi sekitar 14 persen kebutuhan harian. Vitamin C yang terdapat di tomat pun bisa kamu dapatkan untuk meningkatkan penyerapan zat besi. Tingginya kadar antioksidan likopen dalam tomat juga berguna untuk menurunkan risiko sengatan matahari. Ternyata banyak juga ya manfaat dari tomat!

Cegah Penyakit Anemia
Sayuran Berdaun Hijau

Tiap satu cangkir sayuran berdaun hijau, akan memenuhi kisaran 14-36 persen kebutuhan zat besi. Sebagai contohnya tiap ons bayam yang mengandung sumber zat besi ternyata jumlahnya lebih banyak ketimbang daging merah. Upaya cegah penyakit anemia memang lebih efektif untuk mengkonsumsi sayur bayam. Sayuran lainya juga kaya akan zat besi seperti brokoli, kubis brussel. Sangat disayangkan kalau kamu tidak menyukai sayuran yang mengandung zat besi! Semua kebutuhan zat besi dapat kamu konsumsi dari buah dan sayur yang tepat seperti poin dari satu sampai lima ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here